City Branding Menuju Tubaba Raih Penghargaan Good Design Indonesia

Lanjut penjurian tahap dua ke Jepang

Bandar Lampung, IDN Times - City Branding "Menuju Tubaba" asal Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung meraih penghargaan Good Design Indonesia (GDI) 2022.

Penghargaan tersebut diumumkan langsung situs resmi http://iddc.kemendag.go.id, didasarkan pada perolehan nilai tertinggi dari hasil penjurian GDI telah dilaksanakan pada 15-17 Juni 2022.

GDI sendiri merupakan ajang penganugerahan berskala nasional diberikan kepada karya-karya desain terbaik di Indonesia. Program ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN), Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, sejak 2017.

Baca Juga: Fakta Unik Kabupaten Tulang Bawang Barat Lampung, Curi Perhatian!

1. Bersaing dengan 5.000 produk dari seluruh dunia

City Branding Menuju Tubaba Raih Penghargaan Good Design IndonesiaDesign Menuju Tubaba (Instagram/menujutubaba)

Menurut Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Tulangbawang Barat Eri Budi Santoso, penghargaan yang diraih pada kategori 10 besar GDI Best. Selanjutnya City Branding "Menuju Tubaba" akan dikirim untuk bersaing dalam tahap kedua ajang Good Design Award (GDA) di Jepang.

"Penjurian tersebut digelar di Aichi, Nagoya, Jepang diikuti sekitar 5.000 produk dari seluruh dunia, dan melibatkan 60 juri. Sedangkan untuk pengumuman hasil penjurian sedang berlangsung," terangnya melalui rilis pers diterima IDN Times, Kamis (8/9/2022).

2. Desain unik dan bikin penasaran

City Branding Menuju Tubaba Raih Penghargaan Good Design IndonesiaDesign Menuju Tubaba (Instagram/menujutubaba)

Salah satu milenial Tubaba yang juga aktif memasarkan hasil karya-karya khas Tubaba, Ezed Qyoko Wahyuni ​​Pratiwi menganggap, desain Menuju Tubaba karya Nusae, Andi Rahmat dan tim ini memang patut mendapat penghargaan dari Good Design Indonesia.

"Selain keren banget, desain Menuju Tubaba ini memiliki keunikan yang sejak pertama dilihat orang akan penasaran. Rasa penasaran itu turut memengaruhi City Branding," ujarnya.

3. Diaplikasikan dalam produk khas Tubaba

City Branding Menuju Tubaba Raih Penghargaan Good Design IndonesiaKain Aksara Kaganga khas Tubaba (Instagram/atu.qu)

Kini, desain Menuju Tubaba sudah bisa didapatkan dalam bentuk produk, salah satunya Kain Aksara Menuju Tubaba.

Aksara Lampung Kaganga ini didesain khusus dengan ketegasan pada setiap ukiran aksara dan warna khusus perpaduan antara pilihan dan pilihan emas sebagai simbol ajakan kesungguhan untuk "Menuju Tubaba" yang TOP (Terdepan Optimis Pasti maju).

Selain kain, aksara Menuju Tubaba juga sudah diaplikasikan pada produk jilbab, sendal dan tumbler khas Tubaba.

Baca Juga: Fakta Menarik Studio Keramik dan Patung Tanoh Nughik di Tubaba

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya