Cerita Mahasiswa Palestina di Lampung, Rumah di Gaza Diserang Israel

Khawatirkan kondisi keluarga, ingin kumpul bersama

Bandar Lampung, IDN Times - Konflik antara Israel dengan Palestina menjadi perhatian dunia, termasuk Indonesia. Ternyata di Provinsi Lampung juga ada beberapa mahasiswa asal Gaza Palestina sedang menjalani studi di Universitas Lampung (Unila)

Salah satu mahasiswa tersebut bernama Mohammad Zyad Alshurafa, Jurusan Ilmu Komputer, Unila angkatan 2019. Ia sempat mendapatkan kabar rumah tempat keluarganya tinggal di Palestina rusak terdampak serangan Israel.

"Sempat waswas harus menunggu kabar keluarga di Gaza karena tidak bisa dihubungi. Alhamdulillah orang tua dan adik-adik saya selamat," kata Mohammed, Kamis (20/5/2021). 

Baca Juga: Palestina Menderita, Buya Syafii Maarif: PBB Seperti Macan Ompong! 

1. Ingin segera kembali ke Palestina

Cerita Mahasiswa Palestina di Lampung, Rumah di Gaza Diserang IsraelInstagram/amarselan

Sudah dua tahun Mohammad menjalani kuliah di Lampung, ia mengungkapkan ingin segera kembali ke Palestina.

"Setelah sarjana saya ingin segera kembali ke Palestina, melanjutkan cita-cita dan kembali berkumpul bersama keluarga," harapnya.

Mohammad juga meminta doa kepada masyarakat Lampung untuk mendoakan kemerdekaan Palestina dan Masjid Al Aqso.

2. Dapat dukungan dari DPRD dan kepala jurusan

Cerita Mahasiswa Palestina di Lampung, Rumah di Gaza Diserang IsraelSalah satu mahasiswa asal Palestina yang sedang kuliah di Lampung menceritakan kondisi keluarganya dengan Anggota DPRD Provinsi Lampung Ade Utami (IDN Times/Istimewa)

Menurut Kepala Jurusan Ilmu Komputer FMIPA Unila, Didik Kurniawan, Mohammad adalah salah satu dari mahasiswa Palestina yang mendapatkan beasiswa kuliah di Unila.

Didik bersama Ade Utami Ibnu, anggota DPRD Provinsi Lampung bersilaturahmi menemui mahasiswa asal Palestina tersebut yang saat ini tinggal di Komplek Penginapan Unila.

"Kami memberikan motivasi dan doa untuk Mohammed agar konsentrasi belajar di kampus dan meraih gelar sarjana dengan baik," kata Ade Utami.

Pada silaturahim tersebut Ade Utami mengajak Mohammad berbuka puasa bersama di kediamannya sekaligus mendengarkan cerita tentang kondisi keluarga Mohammed di Gaza.

3. Aksi dukung Palestina di Lampung

Cerita Mahasiswa Palestina di Lampung, Rumah di Gaza Diserang IsraelOrganisasi Masyarakat Muslim di Bandar Lampung menggelar aksi damai membela umat muslim di Palestina, Rabu (19/5/2021). (IDN Times/Silviana).

Dukungan juga datang dari masyarakat muslim di Lampung yang melakukan aksi bela Palestina di Tugu Adipura Bandar Lampung Rabu (19/5/2021).

Dalam aksi terdiri dari gabungan Organisasi Masyarakat Muslim di Lampung itu mengecam keras penjajahan dilakukan Israel kepada Palestina. Massa aksi membawa poster bertuliskan dukungan kepada Palestina disertai atribut melambangkan bendera Palestina.

Bahkan para orator aksi menyerukan untuk memboikot produk dari Israel dan Amerika. Aksi tersebut juga disertai pembukaan donasi yang akan dikirimkan ke Palestina.

Baca Juga: Gema Takbir Masyarakat Muslim di Lampung Dukung Palestina

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya