Cerita Endang, Personel Brimob Lampung Bikin Es Cendol Durian Lezat

Semua olahan dipadukan dengan durian

Bandar Lampung, IDN Times - Durian menjadi buah disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan legit. Tapi ada juga yang tidak menyukainya karena bau durian yang sangat menyengat dan sulitnya membuka durian.

Saat ini buah durian sudah banyak diolah menjadi beragam jenis minuman atau pun makanan. Tentunya kamu gak perlu repot lagi harus buka durian dengan bau yang sangat menyengat.

Salah satunya, olahan durian dibuat oleh Endang Susanto, yaitu cendol durian dipadukan dengan aneka buah. Kreasi itu diberi nama Istana Pondok Durian (Podu).

Berikut IDN Times rangkum lezatnya menyantap es cendol durian ala Endang yang juga personel Brimob Polda Lampung ini.

1. Ada tujuh olahan durian

Cerita Endang, Personel Brimob Lampung Bikin Es Cendol Durian LezatIDN Times/Silviana

Salah satu lokasi penjualan istana Podu ada di Jalan Purnawirawan, Gunung Terang, Langkapura, Bandar Lampung. Di sini sang pemilik meracik langsung untuk para pembeli.

"Kami gak mau buat pelanggan kecewa jadi kami sajikan dengan durian berkulitas dan duriannya juga kami kasih banyak. Kalau rasa enak kan pelanggan balik lagi," kata Endang.

Baca Juga: Cerita Sjachroedin Dubes RI untuk Kroasia, Sempat Dirawat Imbas Lockdown

2. Semua dibanderol Rp15 ribu

Cerita Endang, Personel Brimob Lampung Bikin Es Cendol Durian LezatIDN Times/Silviana

Ada tujuh olahan durian dijual di Istana Podu ini. Semuanya dipadukan dengan santan, cendol, ketan putih atau hitam dan durian. Yang membuat berbeda adalah ada tambahan buah lain seperti nangka, cempedak, alpukad dan kelapa muda.

Kecuali untuk sup durian tidak ada tambahan buah atau pun cendol. Hanya santan yang dicampur dengan satu biji durian ditambah durian yang sudah dihaluskan.

Kemasan es cendol ini menggunakan cup ukuran paling besar. Harganya hanya Rp15 ribu kamu sudah bisa menyantap es cedol durian dengan durian melimpah. Serta ada tambahan topping keju.

3. Buat resep sendiri

Cerita Endang, Personel Brimob Lampung Bikin Es Cendol Durian LezatBrimob Endang Susanto saat menyajikan es cendol durian untuk pembeli (IDN Times/Silviana)

Endang menceritakan pengalamannya saat bertugas pengamanan Aksi 212 di Jakarta. Itulah awal dia mencicipi es cendol durian menurutnya sangat enak. Alhasil dia menemukan inspirasi lain untuk membuat dari bahan sama yaitu durian namun dengan resep berbeda.

"Saya sebenarnya sudah punya ide mau buka usaha ini tapi begitu makan yang di Jakarta itu jadi nambah referensi buat bikin resep baru," bebernya.

4. Buka usaha untuk membantu keluarga yang lain

Cerita Endang, Personel Brimob Lampung Bikin Es Cendol Durian LezatFreepik.com/pressfoto

Ayah dari lima anak mengataka, sudah merasa cukup dengan kondisi ekonominya saat ini. Namun, usaha es cendol durian ini dibuka lantaran ingin membuka akses untuk kerabatnya supaya memiliki pekerjaan.

"Jadi saya udah buka tiga cabang mayoritas yang bekerja itu ya dari keluarga sendiri tapi ada juga yang dari orang luar," ungkapnya.

Tiga lokasi cendol durian milik Endang ini pertama ada di Lampung Utara. Mengingat ia berasal dari Lampung Utara. Kedua berada di Gunung Terang dan ketiga di Jalan Cendana V No 7, Bilabong Jaya, Langkapura, Bandar Lampung.

Baca Juga: Cerita Ate Komika Lampung Masuk Tiga Besar SUCI IX, Usung Misi Khusus

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya