Catat! 7 Sasaran Operasi Krakatau 2023 Polres Pringsewu

Operasi Krakatau akan berlangsung selama 2 pekan

Pringsewu, IDN Times - Polres Pringsewu akan menggelar operasi kepolisian dibidang lalu lintas dengan sandi "Ops Patuh Krakatau 2023". Selain di Polres Pringsewu, operasi ini juga akan digelar secara serentak diseluruh Indonesia.

Kabag Ops Polres Pringsewu, Kompol Kisron menjelaskan, Operasi Patuh akan digelar selama dua pekan dimulai 10 hingga 23 Juli mendatang.

"Tujuan operasi patuh ini untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan dan fatalitas korban kecelakaan serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas," terangnya.

Baca Juga: Polisi Ungkap Motif dan Kronologi Pembunuhan ODGJ di Pringsewu

1. Penegakan hukum secara teguran dan tilang

Catat! 7 Sasaran Operasi Krakatau 2023 Polres PringsewuIlustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Kompol Kisron mengatakan, operasi dibidang lalu lintas ini akan mengedepankan giat edukatif, persuasif dan humanis. Selain itu, penegakan hukum secara teguran dan tilang guna meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Kami tentunya mengutamakan pendekatan edukatif dan preventif dkombinasikan dengan penegakan hukum baik secara teguran maupun tilang," ujarnya.

2. Sasaran operasi Krakatau 2023

Catat! 7 Sasaran Operasi Krakatau 2023 Polres Pringsewuilustrasi lalu-lintas yang padat (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Kisron menyebut, sasaran prioritas operasi ini antara lain, pengemudi menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, berboncengan lebih dari satu, tidak menggunakan helm SNI, mengemudi saat mabuk, melawan arus lalu lintas, dan berkendara melebihi batas kecepatan.

"Kami juga akan menindak pengendara dengan ugal-ugalan dan balap liar," bebernya.

3. Jangan lupa lengkapi surat-surat berkendara ya!

Catat! 7 Sasaran Operasi Krakatau 2023 Polres Pringsewupixabay.com/ SplitShire

Lebih lanjut Kisron juga meminta masyarakat untuk menyiapkan atau melengkapi identitas diri dan surat-surat kendaraan bermotor, seperti KTP, SIM dan, STNK.

"Kami mengimbau masyarakat agar mematuhi aturan lalu lintas. Karena dengan disiplin berlalu lintas pelanggaran dan kecelakaan dapat ditekan," tandasnya.

Baca Juga: Razia Jalanan, Kos hingga Lapo Tuak, Polres Pringsewu Temukan Ini

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya