Cara Disnakeswan Lampung Selatan Maksimalkan Hasil Ternak Unggul 

Mobil layanan teknologi akan keliling di setiap kecamatan

Bandar Lampung, IDN Times - Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lampung Selatan menyosialisasikan program Trio Instan, yakni Transfer Embrio, Inseminasi Buatan, dan Penanganan Kelahiran, di Desa Budi Lestari, Kecamatan Tanjung Bintang, Jumat (4/02/2022).

Sosialisasi perdana diluncurkan saat kegiatan Musrembangcam di Kecamatan Tanjung Bintang. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, berkesempatan menyuntik kepada sapi yang telah disediakan.

1. Teknologi perkawinan sapi hasilkan anak lebih unggul

Cara Disnakeswan Lampung Selatan Maksimalkan Hasil Ternak Unggul Ilustrasi ternak sapi. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Rini Ariasih, Kepala Disnakkeswan Lampung Selatan mengatakan, Trio Instan merupakan inovasi pelayanan mobil keliling yang melayani aplikasi teknologi reproduksi, dengan pelayanan transfer embrio dan inseminasi buatan. Teknologi itu perkawinan untuk menghasilkan anakan sapi lebih unggul dari induknya.

“Transfer Embrio merupakan teknologi bayi tabung sapi dengan memasukan embrio sapi dengan grade murni, nanti menghasilkan sapi kualitas bibit dengan genetik murni,” terangnya.

Baca Juga: Kabar Gembira! Pemkab Lampung Selatan akan Gelar Job Fair 2022

2. Tingkatkan kesejahteraan peternak

Cara Disnakeswan Lampung Selatan Maksimalkan Hasil Ternak Unggul Ilustrasi ternak sapi.pixabay

Rini juga menjelaskan, inseminasi buatan merupakan teknologi kawin suntik untuk menghasilkan anakan sapi dengan perbaikan genetik dari pejantan unggul. “Teknologi ini sudah dikenal oleh peternak secara luas dan mampu meningkatkan kesejahteraan peternak,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) itu juga memaparkan, penanganan kelahiran merupakan upaya khusus untuk membantu proses kelahiran, terutama kendala tertentu atau distokia, yaitu sulit melahirkan pada sapi.

“Upaya ini kadang bahkan membutuhkan tindakan operasi caesar untuk penyelamatan induk dan pedetnya,” paparnya.

3. Keliling layani 17 kecamatan di Lampung Selatan

Cara Disnakeswan Lampung Selatan Maksimalkan Hasil Ternak Unggul Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lampung Selatan melakukan sosialisasi program Trio Instan (IDN Time/Istimewa)

Rini menambahkan, Lampung Selatan merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Lampung yang mempunyai tim penanganan operasi hewan besar, baik itu caesar maupun operasi lainnya.

“Harapan saya dengan mobil layanan Trio Instan dapat mempermudah peternak untuk mendapatkan pelayanan, karena mobil ini nantinya akan keliling melayani 17 kecamatan yang ada di Lampung Selatan,” tandasnya.

Baca Juga: Sejarah Baru Unila Salurkan 30 Hewan Kurban! 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya