BPS Lampung dan Unila Kerjasama Gagas Program Desa Cinta Statistik

Meningkatkan kualitas data dan informasi desa

Intinya Sih...

  • Tim BPS Provinsi Lampung sambangi UPT PKLI Unila untuk memperkuat sinergi antara BPS dan Pendidikan Tinggi, membahas program Desa Cinta Statistik.
  • Program Desa Cinta Statistik bertujuan meningkatkan kualitas data dan informasi desa, serta memberdayakan masyarakat desa melalui pemanfaatan data.
  • Pembahasan juga melibatkan program Pojok Statistik di Unila, serta implementasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka Unila di BPS Provinsi Lampung.

Bandar Lampung, IDN Times - Dukung percepatan kemajuan Desa, Tim Kerja Sama Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung sambangi UPT Pengembangan Kerja Sama dan Layanan Internasional Universitas Lampung, kemarin, Jumat (22/3/2024).

"Kunjungan ini merupakan langkah konkret dalam memperkuat sinergi antara BPS dan Pendidikan Tinggi dalam mengembangkan program-program yang berkaitan dengan statistik dan pendidikan," kata Kepala Bagian Umum BPS Provinsi Lampung, Agung Erianto Juliandono.

Baca Juga: Intip Proses Pembangunan RSPTN Unila, Lima Perusahaan Ajukan Penawaran

1. Bahas program desa cinta statistik

BPS Lampung dan Unila Kerjasama Gagas Program Desa Cinta StatistikIlustrasi seseorang belajar statistika (pexels.com/Karolina Grabowska)

Agung Erianto menjelaskan salah satu agenda utama yang dibahas adalah tentang program Desa Cinta Statistik. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam mengelola dan memanfaatkan data.

Selain itu, program ini juga berguna untuk meningkatkan kualitas data dan informasi desa, serta memberdayakan masyarakat desa melalui pemanfaatan data.

"Dalam pertemuan ini, Tim Kerja Sama BPS Provinsi Lampung berdiskusi intensif dengan Tim UPT PKLI Unila untuk merumuskan strategi implementasi program Desa Cinta Statistik yang efektif dan berkelanjutan dipadukan dengan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unila," jelasnya.

2. Implementasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka Unila di BPS Provinsi Lampun

BPS Lampung dan Unila Kerjasama Gagas Program Desa Cinta Statistikilustrasi menganalisis statistik alumni (unsplash.com/@ruthson_zimmerman)

Selain itu, pembahasan juga melibatkan program Pojok Statistik, selama ini telah berjalan di Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unila. Pojok Statistik merupakan salah satu bentuk sosialisasi BPS dalam penyebarluasan ragam dan manfaat produk statistik yang dihasilkan.

Menurutnya, kedua pihak sepakat untuk mengoptimalkan pemanfaatan Pojok Statistik, tidak hanya untuk FEB tetapi juga seluruh sivitas akademika Unila serta masyarakat luas.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, agenda kunjungan juga mencakup pembahasan tentang implementasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka Unila di BPS Provinsi Lampung.

"Konsep Merdeka Belajar - Kampus Merdeka diyakini dapat memberikan ruang lebih besar bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, dan kecakapan yang relevan dengan tuntutan pasar kerja," terangnya.

3. Komitmen bersama dalam melaksanakan program-program yang telah disepakati

BPS Lampung dan Unila Kerjasama Gagas Program Desa Cinta Statistikilustrasi kerjasama proyek (pexels.com/Pixabay)

Kepala UPT PKLI Universitas Lampung, Prof Irza Sukmana menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari Tim Kerjasama BPS Provinsi Lampung. Pihaknya juga mendukung penuh dan berharap kerjasama ini akan menjadi kolaborasi yang saling menguntungkan, tidak hanya bagi Unila dan BPS, tetapi juga masyarakat Lampung.

Kunjungan tersebut diakhiri dengan komitmen bersama dalam melaksanakan program-program yang telah disepakati. Diharapkan, kerja sama ini dapat menjadi contoh bagi kampus lain di Lampung dalam memanfaatkan potensi kolaborasi antara BPS dan Perguruan Tinggi untuk mempercepat dan mendukung kemajuan dan pembangunan desa di Lampung.

Baca Juga: FK Unila Lantik 66 Dokter Baru, Rektor Beri Pesan untuk Dokter Muda

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya