Comscore Tracker

Bandar Lampung Tak Dapat Vaksin Termin Ketiga, Ada Apa?

Padahal vaksinasi sudah mencapai 53 persen

Bandar Lampung, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 di Kota Bandar Lampung sudah mencapai 53 persen dari sasaran warga Bandar Lampung yang masuk kategori untuk divaksin sebanyak 770 ribu warga.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Edwin Rusli, mengatakan, idealnya vaksinasi diberikan untuk sasaran 70 persen warga dari total populasi di Bandar Lampung sebesar 1,2 juta orang. Mengacu presentase itu, sekitar 770 ribu warga kota setempat menjadi sasaran untuk vaksinasi.

"Itu mencakup ASN, TNI/Polri, tenaga kesehatan, pedagang dan masyarakat umum," paparnya kepada awak media, Rabu (14/4/2021).

1. Bandar Lampung belum dapat vaksin termin ketiga

Bandar Lampung Tak Dapat Vaksin Termin Ketiga, Ada Apa?Seorang anggota Polri Polda Lampung divaksin (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Edwin menjelaskan, saat ini Bandar Lampung sedang melaksanakan vaksinasi tahap ke dua bagi para pedagang menggunakan dosis vaksin termin ke dua.

Sedangkan untuk vaksinasi termin ke tiga, belum diperoleh. "Belum dapat vaksin tapi kita sudah ajukan. Mungkin minggu ini nanti kalau dapat saya kabari," katanya.

Baca Juga: Vaksinasi Guru Bandar Lampung Capai 85 Persen, tapi KBM Daring Diperpanjang

2. Jumlah yang diberikan bergantung pemberian provinsi

Bandar Lampung Tak Dapat Vaksin Termin Ketiga, Ada Apa?Kantor Pemerintah Provinsi Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Terkait target vaksinasi di Kota Bandar Lampung menurut Edwin akan selesai akhir tahun 2021. Saat ini Bandar Lampung sudah mengajukan untuk vaksin termin ke tiga. Terkait jumlah yang didapat itu bergantung dari pemberian provinsi.

"Kita gak tau dapetnya berapa karena provinsi yang ngasih jadi sedapatnya," ujarnya.

3. Masyarakat bisa datang langsung ke puskesmas

Bandar Lampung Tak Dapat Vaksin Termin Ketiga, Ada Apa?Nakes lansia di Puskesmas Kramat Jati menerima kartu vaksin setelah divaksinasi/Dok. Kemenkes

Edwin juga mengatakan, jika termin tiga sudah datang, untuk masyarakat yang mau divaksinasi langsung datang ke puskesmas terdekat. Namun harus memiliki Kartu Tanda Penduduk Bandar Lampung.

"Atau kalau misal kelompok organisasi kita yang datangi untuk vaksin," terangnya.

4. Ada penilaian dari pusat

Bandar Lampung Tak Dapat Vaksin Termin Ketiga, Ada Apa?Tugu Adipura Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, mengatakan Bandar Lampung tidak mendapatkan vaksin pada pengajuan termin ketiga.

"Mungkin ada penilaian lain dari pusat. Kemarin itu 15 ribu dosis yang datang dari pusat untuk lima kabupaten. Bandar Lampung tidak termasuk," kata Reihana.

Menurutnya memang saat ini vaksin sedang dalam proses pembuatan sehingga belum bisa dipastikan kapan vaksin akan datang lagi.

Baca Juga: Kapan Vaksin Astrazeneca Masuk Bandar Lampung? Ini Kata Kadinkes

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya