Awan, Peserta LIDA 2021 Asal Tanggamus Lampung Berprofesi Security

Belajar nyanyi secara otodidak

Bandar Lampung, IDN Times - Kompetisi dangdut terbesar di Indonesia LIDA (Liga Dangdut Indonesia) 2021 kembali tayang di Indosiar. Sebelumnya proses audisi online telah diselenggarakan stasiun televisi ini di 34 provinsi yang diikuti ribuan peserta audisi dari bebagai pelosok daerah.

Saat ini sudah terpilih 70 Duta Provinsi yang akan berkompetisi di LIDA 2021 dan memperebutkan gelar Juara LIDA 2021 dengan total hadiah senilai Rp1 miliar. Dari 70 duta tersebut, dua di antaranya berasal dari Lampung.

Berikut IDN Times rangkum perjuangan salah satu peserta asal Lampung yakni Irwansyah yang lolos Top 70 besar LIDA 2021.

1. Belajar bernyanyi secara otodidak

Awan, Peserta LIDA 2021 Asal Tanggamus Lampung Berprofesi SecurityIDN Times/Istimewa

Irwansyah adalah salah satu peserta dari Lampung yang berhasil lolos Top 70 LIDA 2021. Pemuda asal Tanggamus ini mengatakan, sudah beberapa kali mengikuti ajang tersebut namun tak pernah sampai tampil ke layar kaca.

Terkait bakat menyanyi Irwansyah menerangkan bukan karena darah seni dari keluarga. Menurutnya itu hasil belajarnya secara otodidak di sela waktu senggangnya sebagai petugas keamanan (security). Selain itu dia juga membuat konten bernyanyi dan dibagikan di kanal YouTube miliknya.

"Kalau lagi istirahat itu saya isi buat belajar lagu baru, terus nyanyi sambil main gitar. Lagi mandi nyanyi, lagi masak nyanyi gitu aja belajarnya. Udah jadi kebiasaan aja nyanyi itu," jelas Awan sapaan akrabnya saat diwawancara awak media melalui virtual zoom Senin (8/3/2021).

2. Sudah beberapa kali ikut audisi baru kali bisa sampai tampil

Awan, Peserta LIDA 2021 Asal Tanggamus Lampung Berprofesi SecurityIrwansyah peserta Lida 2021 asal Lampung (IDN Times/Silviana)

Setelah bersaing dengan ribuan peserta Awan sangat bersyukur bisa lolos hingga tahap 70 besar. Sebab ini bukan kali pertama dia mengikuti kompetisi LIDA ida. Saat ditelfon oleh panitia Awan mengaku sedang bertugas menjadi satpam. 

"Sebelumnya saya udah pernah ikut juga tapi gak lolos sampai bisa tampil kaya gini. Orang tua seneng banget karena memang kepengin saya bisa masuk LIDA," katanya.

Baca Juga: Keren! 12 Peserta Lampung Lolos Audisi LIDA 2021, Gelar Audisi Virtual

3. Ingin membawa nama Lampung lebih dikenal luas

Awan, Peserta LIDA 2021 Asal Tanggamus Lampung Berprofesi SecurityInstagram.com/infolampungterkini

Menjadi juara ajang LIDA 2021 tentu sudah menjadi keinginan Awan. Namun di lain sisi dia juga ingin membawa nama Lampung lebih dikenal luas. Awan berharap besar masyarakat Lampung bisa memberi dukungan lebih besar di ajang tersebut.

"Saya yakin kalau saya giat berlatih insyaallah saya juara. Karena dari Lampung kan belum pernah ada yang juara. Piala Lida akan saya persembahkan untuk Lampung dan orang tua saya," bebernya.

4. Mampu mempresentasikan daerahnya mejadi salah satu penilaian juri

Awan, Peserta LIDA 2021 Asal Tanggamus Lampung Berprofesi SecurityIlustrasi Riset (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain kemampuan bernyanyi yang menjadi hal utama dalam mengikuti ajang Lida, juri juga akan menilai kesiapan peserta dalam segi mental dan cara mereka membawa nma daerah masing-masing.

Andika, salah satu panitia LIDA 2021 mengatakan, suara yang bagus juga harus didukung dengan kemampuan peserta dalam memperkenalkan daerahnya.

"Ya mudah-mudahan kali ini dari Lampung ada yang bisa juara biar ke depan yang daftar bisa lebih dari dua peserta," terangnya.

5. Peserta akan mengikuti karantina dengan protokol kesehatan

Awan, Peserta LIDA 2021 Asal Tanggamus Lampung Berprofesi Securityradioidola.com

Setelah ini, 70 peserta yang sudah terpilih akan dikumpulkan menjadi satu dan melakukan karantina untuk bisa tampil perdana di layar televisi.

" Yang pasti setelah dikumpulkan peserta sudah tidak bisa keluar ke mana-mana lagi dan fokus untuk penampilan mereka. Nanti juga bakal di swab dan penerapan prokes lainya," jelas Andika.

Baca Juga: Imutnya Kebangetan! 10 Potret Pedangdut Wanita bak Masih Remaja

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya