6 Fakta Unik Pengumuman SNMPTN Unila dan ITERA

Buat yang diterima SNMPTN selamat ya

Bandar Lampung, IDN Times - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN Tahun Akademik 2021/2022, Senin (22/3/2021).

PTN di seluruh Indonesia menyambut kedatangan puluhan ribu calon mahasiswa baru termasuk dua perguruan tinggi di Lampung yakni Universitas Lampung (Unila) dan Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

Tahun ini Unila akan menerima kuota penerimaan mahasiswa sekitar 7.385 mahasiswa baru. Sementara ITERA akan menerima sekitar 5.000 mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri.

Khusus untuk jalur SNMPTN, jumlah calon mahasiswa yang diterima 45 persen dari total mahasiswa baru ITERA tahun 2020.

1. Jumlah pendaftar di ITERA meningkat

6 Fakta Unik Pengumuman SNMPTN Unila dan ITERAKampus Itera Lampung (IDN Times/Istimewa)

Sebanyak 2.313 pendaftar lolos SNMPTN di ITERA. Dari total peserta yang dinyatakan lolos tersebut, terdapat sebanyak 643 pendaftar yang memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-kuliah) atau terbanyak ke-11 secara nasional.

Wakil Rektor ITERA Bidang Akademik, Mitra Djamal, menjelaskan sebelum dinyatakan lolos, peserta telah melalui seleksi yang cukup ketat dan harus bersaing dengan 6.879 pendaftar.

Jumlah pendaftar SNMPTN ITERA tahun ini meningkat 47% dari tahun sebelumnya yang mungkin 4.678 pendaftar.

2. Pendaftar didominasi asal Lampung

6 Fakta Unik Pengumuman SNMPTN Unila dan ITERAInstagram.com/infolampungterkini

Mitra Djamal menyampaikan, sebanyak 2.313 peserta yang dinyatakan lolos tersebut terkenal di 35 studi program (prodi) yang ada di ITERA. Termasuk dua program studi baru yakni Sains Data dan Teknik Perkeretaapian.

Adapun lima prodi dengan pendaftar terbanyak jalur SNMPTN tahun ini, masih sama dengan tahun sebelumya yakni diduduki oleh prodi Farmasi 938 pendaftar, Teknik Informatika (716), Perencanaan Wilayah dan Kota (381), Teknik Sipil (378), dan Teknik Pertambangan (376) .

Sedangkan lima provinsi teratas asal pendaftar SNMPTN ITERA tahun ini yaitu Provinsi Lampung (57,41 persen), Sumatera Utara (12,06 persen), Sumatera Selatan (7,09 persen), DKI Jakarta (4,89 persen), dan Jawa Barat (6,05 persen).

Baca Juga: Unik! ITERA Gagas Pembangunan Rumah Ibadah Multiagama

3. Mahasiswa baru harus isi informasi akurat

6 Fakta Unik Pengumuman SNMPTN Unila dan ITERAIlustrasi Kuliah Online (IDN Times/Candra Irawan)

Bagi peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN di ITERA, untuk mengisi data adalah mahasiswa (DIM), yang berisi data pribadi, keluarga, dan lainnya pada laman http://dim.itera.ac.id.

Jadwal pengisian DIM dan pengungkit online khusus bagi pemilik KIP Kuliah 23-30 Maret 2021. Sementara bagi calon mahasiswa reguler (tidak memiliki KIP Kuliah) pada 23 Maret- 2 April 2021.

“Data yang diisi harus sebenar-benarnya karena akan menjadi data dan informasi penting selama mahasiswa menjalani perkuliahan di ITERA," kata Djamal.

4. Tercatat 93,76 persen pendaftar SNMPTN Unila adalah putra/putri daerah Lampung

6 Fakta Unik Pengumuman SNMPTN Unila dan ITERAUniversitas Lampung (IDN Times/Silviana)

Sedangkan sebanyak 1.713 orang dinyatakan lolos SNMPTN di Unila. Dari jumlah tersebut, 1.623 atau 93,76 persen merupakan putra daerah Lampung yang terkenal di 15 kabupaten / kota.

Selebihnya berasal dari Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Jambi, Riau, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta.

5. Rektor Unila bantu cukupi biaya kuliah mahasiswa

6 Fakta Unik Pengumuman SNMPTN Unila dan ITERA-  Universitas Lampung (Unila) mewisuda 447 lulusan doktor, magister, profesi, sarjana, dan diploma periode VI tahun akademik 2019–2020 secara daring via Zoom, Rabu (29/7/2020). (Dok IDN Times/Istimewa)

Dari total 1.713 yang lolos SNMPTN Unila, sebanyak 572 calon mahasiswa bidik misi atau penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah.

Menurut Rektor Unila, Karomani, biaya yang ditanggung KIP tidak mencukupi untuk menuntaskan kuliah di Unila, terutama untuk Fakultas Kedokteran.

Sebab itu, pihaknya berkoordinasi dengan para walikota dan bupati untuk membantu mencukupi biaya kuliah mahasiswa penerima KIP sehingga bisa tuntas meraih predikat Sarjana.

Menurutnya semua kepala daerah yang sudah di telpon mau membantu dan mendukung putra daerah mereka kuliah di Unila.

6. Setiap daerah di Lampung ada perwakilan kuliah di Unila

6 Fakta Unik Pengumuman SNMPTN Unila dan ITERAdeskgram.org

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila, Heryandi mendukung pernyataan rektor bahwa Unila membuat kebijakan yang Perluas akses pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat Lampung hingga di daerah-daerah kabupaten.

“Bagaimana setiap daerah ada keterwakilan untuk kuliah di Unila, di semua fakultas, termasuk di Fakultas Kedokteran, sehingga tidak ada lagi istilah perguruan tinggi itu seperti menara gading,” ujarnya.

Dia mengingatkan bagi peserta yang tidak lulus di jalur SNMPTN untuk tidak kecewa karena masih ada jalur SBMPTN, dan jalur mandiri untuk masuk ke Unila.

Baca Juga: Cara Cek Kuota Kursi dan Daftar SBMPTN Unila 2021

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya