265 Calon Mahasiswa Diterima KIP-K ITERA, Kuota Dipastikan Bertambah

Akan ada dua skema pemberian beasiswa KIP-K di setiap kampus

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 265 calon mahasiswa baru Institut Teknologi Sumatera (ITERA) diterima melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dinyatakan lulus menerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Jumlah penerima beasiswa KIP-K tersebut adalah para calon mahasiswa baru, berhasil lulus seleksi dari 702 pendaftar.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITERA, Prof Khairurrijal, menyampaikan, penerima KIP-K jalur penerimaan SNBP ITERA tahun ini sekitar 13 persen dari peserta dinyatakan lolos SNBP.

"Ini menjadi upaya ITERA memberikan akses pendidikan tinggi seluas-luasnya kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu," ujarnya.

Baca Juga: ITERA Wisuda 104 Lulusan Sarjana, Rektor: Jaga Nama Baik Kampus

1. Kriteria penerima KIP-K

265 Calon Mahasiswa Diterima KIP-K ITERA, Kuota Dipastikan BertambahPuslapdik

Prof. Khairurrijal menjelaskan, tahap seleksi penerima beasiswa KIP- K, kriteria utama atau prioritas ITERA adalah para calon mahasiswa memiliki KIP selama menempuh pendidikan SMA.

Selain itu, terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) terdiri dari Desil 1 – 3, serta menjadi penilaian lebih apabila berasal dari yayasan panti asuhan.

2. Akan ada dua skema pemberian beasiswa KIP-K di setiap kampus

265 Calon Mahasiswa Diterima KIP-K ITERA, Kuota Dipastikan Bertambahilustrasi kartu KIP Kuliah (kip-kuliah.kemdikbud.go.id)

ITERA mengimbau, para penerima beasiswa KIP-K selanjutnya  dipersilakan  mengikuti verifikasi berkas sesuai jadwal, untuk mendukung pengecekan data. Hal itu supaya data yang tetapkan semakin valid.

Khairurrijal juga menyampaikan, berdasarkan hasil diskusi antar kampus seluruh Indonesia bersama Badan Pengelola Pemberi Beasiswa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), akan ada dua skema pemberian beasiswa KIP-K di setiap kampus.

"Skema pertama, pemberian beasiswa penuh, yaitu biaya UKT dan biaya hidup, dan skema kedua, menerima beasiswa UKT saja tanpa biaya hidup," terangnya.

3. Kuota KIP-K ITERA tahun ini masih akan bertambah

265 Calon Mahasiswa Diterima KIP-K ITERA, Kuota Dipastikan BertambahIlustrasi mahasiswa (freepik.com/drobotdean)

Khusus ITERA, lanjut Khairurrijal, kuota diterima saat ini baru KIP-K skema pertama sebanyak 350 penerima akan diakomodir melalui jalur SNBP, dan SNBT. Sementara kuota penerima KIP-K skema kedua masih menunggu dari pusat.

Untuk itu, ia memastikan kuota KIP-K ITERA secara keseluruhan, tahun ini masih akan bertambah, sehingga dapat dimanfaatkan oleh para calon mahasiswa berasal dari keluarga kurang mampu, tetap dapat mengakses pendidikan tinggi di ITERA.

Baca Juga: Kisah Regina Liviandari, Wisudawan Terbaik 1 ITERA Peraih IPK 3,93

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya