Viral Pemilik Warung Buang Semua Produk Israel, Ini Kata MUI Lampung

Fatwa MUI jadikan pedoman untuk bersikap

Bandar Lampung, IDN Times - Pemboikotan produk pro Israel di Indonesia kini semakin masif dilakukan oleh masyarakat. Bahkan viral sebuah video berdurasi 46 detik disebarkan oleh akun Twitter bernama @sosmedkeras memperlihatkan seorang pemilik warung kelontong membuang semua produk berafiliasi dengan Israel miliknya.

Dalam video tersebut, pedagang itu mengguntingi dan membuang semua produk pro Israel ke dalam tong sampah. Ada lebih dari lima merek dagang dan ia mengatakan hendak memusnahkan berdus-dus produk tersebut.

“Semalam baru ada fatwa dari MUI untuk memboikot, mengharamkan produk pro Israel. Itu yang saya tunggu dari kemarin. Hari ini langsung saya buktikan kalau saya emang cinta sama Allah saya tidak pernah merasa rugi. Ini saya beli dari uang yang diberikan Allah dan saya hancurkan karena Allah. Uang ini datangnya dari Allah, kenapa kita takut?” ungkap pemilik warung di vireo.

Meski belum diketahui lokasi warung tersebut, namun postingan tersebut telah dilihat sebanyak 1,6 juta kali, dan mendapat 9.738 likes dan 1.420 kali retweet.

Baca Juga: PT Rekso Nasional Food Donasi Rp1,5 Miliar ke Palestina Melalui Baznas

1. Boikot wajib, namun tidak masalah jika menggunakan produk yang sudah terlanjur dibeli saat belum tahu

Viral Pemilik Warung Buang Semua Produk Israel, Ini Kata MUI LampungTangkapan layar video viral pembuangan produk pro Israel. (Twitter/sosmedkeras)

Menanggapi hal tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung, Prof M Mukri mengatakan, warung-warung khususnya di Lampung tidak perlu sampai membuang dagangan pro Israel miliknya jika saat membelinya dalam keadaan tidak tahu.

“Kalau sudah terlanjur beli karena tidak tahu ya habiskan dulu saja. Tidak apa-apa. Setelah itu baru kita bisa boikot produknya dengan cara mengganti dengan produk lokal kita,” katanya ketika dihubungi IDN Times, Senin (13/11/2023).

Pasalnya, ia mengatakan fatwa MUI tentang haramnya membeli produk-produk pendukung Israel telah resmi di keluarkan dan fatwa tersebut harus menjadi pedoman bagi umat muslim di Indonesia supaya tidak membeli produk Israel karena sebagian keuntungannya diduga digunakan untuk aksi kekerasan terhadap warga Palestina.

2. MUI Lampung ingin semua warga memviralkan perihal pemboikotan ini

Viral Pemilik Warung Buang Semua Produk Israel, Ini Kata MUI LampungKetua MUI Lampung, Prof Mohammad Mukri. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna

Selain itu, Mukri juga meminta masyarakat untuk ikut andil dalam menyebarkan pemboikotan ini karena apa yang dilakukan Zionis Israel adalah kejahatan kemanusiaan. Korbannya adalah warga sipil dan sebagian besar diantaranya adalah perempuan dan anak-anak.

“Ini harus diviralkan. Tidak apa-apa viralkan saja soal fatwa MUI ini. Karena jika membeli produk tesebut sama saja dengan mendukung apa yang dilakukan oleh Zionis Israel. Dan fatwa MUI harus didukung oleh masyarakat khususnya muslim di Indonesia,” katanya.

Mukri juga sangat mengecam tindakan Israel di mana tidak hanya membantai warga sipil. Mereka juga menghancurkan bangunan publik krusial di Palestina seperti rumah sakit, masjid, dan sekolah.

3. Jika brand boikot merasa tak berafiliasi sebaiknya buktikan dan klarifikasi

Viral Pemilik Warung Buang Semua Produk Israel, Ini Kata MUI Lampunghttps://www.exchange4media.com

Mukri menyampaikan, kontribusi sekecil apapun dalam pemboikotan akan berdampak besar bagi warga Palestina karena amunisi militer Israel disokong dana dari hasil sumbangan berbagai produk yang dijualnya dan negara pro Israel seperti Amerika.

Ia juga menyebutkan, jika merek dagang yang diboikot masyarakat memang tidak merasa berafiliasi dengan Israel dan serangannya pada Palestina, maka sebaiknya brand tersebut menyampaikan klarifikasinya.

“Kalau memang tidak terafiliasi ya silakan buktikan. Berikan statement atau klarifikasi. Karena kalau mereka diam saja, berarti mereka memang benar berafiliasi dan ada sumbangan kepada Israel," ujarnya.

4. Beberapa warga Lampung sudah mulai boikot produk pro Israel

Viral Pemilik Warung Buang Semua Produk Israel, Ini Kata MUI Lampungallsingaporestuff.com

Pemboikotan ini pun sudah dilakukan oleh beberapa masyarakat Lampung. Seperti Mutiasari misalnya, salah seorang warga di Lampung Selatan ini sudah melakukan pemboikotan sejak gerakan boikot tersebut digemborkan di media sosial.

“Saya masuk ke orang-orang yang boikot nbak. Soalnya seperti yang sudah diberitakan ya kalau tentara Israel itu bukan berperang lagi tapi sudah membunuh warga sipil. Saya gak mau mendukung sama sekali orang-orang yang menjahati warga sipil seperti perempuan dan anak-anak,” katanya.

Begitupun dengan Andre Prasetyo, warga Bandar Lampung yang juga menolak produk-produk pro Israel. Meskipun saat ini ia masih menggunakan beberapa produk pro Israel karena sudah terlanjur beli, ia berencana untuk menggantinya ketika sudah habis.

”Menolak (produk Israel). Walaupun ada beberapa produknya yang saya masih pakai karena sudah terlanjur beli, saya berencana untuk mengganti produk sejenis dengan merek lainnya,” katanya.

Baca Juga: La Frutta Madre Donasikan Hasil Penjualan Jus Semangka untuk Palestina

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya