Viral Ada Modus Begal Baru di TNBBS, Ini Kata Polres Pesibar

Ternyata hanya lakalantas

Intinya Sih...

  • Video viral tentang modus begal baru di Jalan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Pesisir Barat.
  • Polisi membenarkan lokasi video tersebut dan menemukan bukti kecelakaan lalu lintas sepeda motor di TKP.
  • Kecelakaan tunggal terjadi pada DF (19) warga Desa Tebing Rambutan Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.

Pesisir Barat, IDN Times - Sebuah video memperlihatkan kecurigaan adanya modus begal baru di Jalan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Pesisir Barat sempat viral di media sosial tiktok.

Video tersebut diunggah oleh akun @hayhaha68 pada 24 April 2024. Dalam video tersebut, pemilik akun melihat seseorang tergeletak di tengah jalanan sepi TNBBS perbatasan Lampung Bengkulu dekat jembatan Manula.

Awalnya pemilik akun yang sedang dalam perjalanan dari Aceh ke Bogor tersebut hendak menolong namun diurungkan karena takut itu merupakan modus begal baru di Lampung. Apalagi pada postingan selanjutnya pemilik akun melihat ada beberapa pemuda yang sedang berdiri di pinggir jalan sehingga menambah kecurigaan.

Postingan ini sudah dilihat lebih dari 800 ribu kali dan mendapat lebih dari 10 ribu likes. Menanggapi viralnya video tersebut, Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra melalui Kasihumas Polres Pesisir Barat Ipda Kasiyono, membenarkan lokasi pada video viral tersebut memang di jalan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan perbatasan Lampung Bengkulu dekat jembatan Manulah Kecamatan Lemong, Pesisir Barat.

“Saat itu Tekab 308 Polres Pesisir barat langsung mengecek ke lokasi yang ada di video viral tersebut pada Kamis (25/04/24) sekitar pukul 03.00 WIB,” katanya, Jumat (26/4/2024).

Baca Juga: Memalam Pitu Likokh, Tradisi Unik Warga Pesibar Malam 27 Ramadan

1. Ternyata hanya lakalintas tunggal

Viral Ada Modus Begal Baru di TNBBS, Ini Kata Polres PesibarBukti kecelakaan di TKP. (Dok. Polres Pesisir Barat)

Setelah dilakukan pemeriksaan, Kasiyono menjelaskan petugas menemukan adanya bekas kecelakaan lalu lintas sepeda motor di jalan. Hal itu dibuktikan dengan adanya beberapa bukti.

Beberapa bukti tersebut di antaranya adalah ditemukan adanya pecahan atau serpihan badan sepeda motor, dan sepasang sandal berwarna hitam.

“Kami menemukan beberapa barang bukti yang memperlihatkan adanya bekas kejadian kalantas sepeda motor. Dan diduga penyebabnya adalah jalan yang bergelombang dan berlubang,” jelasnya.

2. Kecelakaan dialami warga Bengkulu

Viral Ada Modus Begal Baru di TNBBS, Ini Kata Polres PesibarKorban kecelakaan tunggal di TNBBS. (Dok. Polres Pesisir Barat)

Tak hanya bukti di TKP, petugas juga mengumpulkan beberapa informasi dari masyarakat sekitar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Kasiyono menyebutkan, menurut informasi masyarakat disekitar perbatasan tersebut memang telah terjadi kecelakaan.

“Berdasarkan informasi masyarakat sekitar, ternyata memang terjadi kecelakaan juga di sekitar Jembatan Manula. Kecelakaan ini merupakan kecelakaan tunggal jadi tidak melibatkan kendaraan lain,” ungkapnya.

Kasiyono mengatakan, kecelakaan itu dialami oleh DF (19) warga Desa Tebing Rambutan Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. DF juga masih berstatus pelajar.

3. Kecurigaan adanya modus begal baru tidak benar

Viral Ada Modus Begal Baru di TNBBS, Ini Kata Polres PesibarMotor yang dipakai saat kecelakaan di TNBBS. (Dok. Polres Pesisir Barat)

Kasiyono melanjutkan, akibat kecelakaan tersebut, DF mengalami kerugian berupa rusaknya sepeda motor, luka berupa jahitan di kepala, lecet di wajah, bahu kanan, dan kaki.

“Kecelakaan ini terjadi pada Senin, 22 April 2024 sekira pukul 14.00 WIB di jalan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Perbatasan Lampung Bengkulu dekat Jembatan Manula,” katanya.

Sehingga Kasiyono menegaskan, tidak ada modus begal baru atau kejahatan lain di wilayah TNBBS seperti kecurigaan dalam video tersebut. Meski begitu, masyarakat tetap diminta untuk berhati-hati agar sampai tujuan dengan selamat.

Baca Juga: Detik-detik Pemuda Nekat Lompat dari Kapal Tujuan Pelabuhan Bakauheni

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya