Tempat Hiburan di Bandar Lampung Wajib Tutup Selama Ramadan 2023

Akan ada sanksi tegas sampai dengan penutupan usaha

Bandar Lampung, IDN Times - Tempat hiburan termasuk tempat karaoke dan kafe bar di Bandar Lampung wajib tutup selama Ramadan 2023.

Hal ini disampaikan Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana ketika menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun Satpol PP dan Linmas di Pelataran Kantor Pemkot setempat, Senin (20/3/2023).

“Termpat hiburan malam kita tutup semua satu bulan penuh (Ramadan). Karaoke dan kafe (bar atau menjual minuman keras) juga tutup,” ujarnya.

Baca Juga: Tak Ada Dana, DKP Harus Ajukan Proposal untuk Bantuan Asuransi Nelayan

1. Akan ada tindak tegas bagi pelanggar

Tempat Hiburan di Bandar Lampung Wajib Tutup Selama Ramadan 2023Ilustrasi tempat hiburan.

Sedangkan untuk restoran dan kafe resto, Eva mengatakan keduanya masih tetap boleh beroperasi selama Ramadan namun dengan tetap memperhatikan adab di bulan puasa.

“Restoran gitu gak (tutup). Tapi kalau memang mau buka siang hari ya seperti biasa ditutup saja jendelanya dengan tirai supaya tidak mengganggu sedang beribadah puasa,” ujarnya.

Selain itu, Eva juga mengatakan akan menindak tegas apabila ada tempat hiburan yang masih saja tetap beroperasi selama Bulan Ramadan mulai dari peringatan hingga penutupan usaha. “Tindak tegasnya tutup,” imbuhnya singkat.

2. Penertiban dilakukan secara humanis

Tempat Hiburan di Bandar Lampung Wajib Tutup Selama Ramadan 2023Satpol PP memberi sanksi terhadap pelanggar PSBB di Jakarta (Instagram.com/satpolpp.dki)

Meski demikian, Eva juga meminta untuk para aparat di lapangan seperti Satpol PP dan pamong desa setempat untuk tetap bersikap humanis saat melakukan penertiban di lapangan nantinya.

“Kalau kita melakukannya dengan baik, dengan sopan santun, keramah tamahan kita, terutama Satpol PP dan linmas ini Insya Allah masyarakat juga akan merasa terlindungi dengan kita,” katanya.

Eva menambahkan, hal ini selaras dengan keinginannya untuk menjadikan Kota Bandar Lampung sebagai ibu kota terkenal akan kenyamanannya, keamanannya, serta pelayanannya yang baik dan ramah.

3. Tetap akan ada operasi anak jalanan

Tempat Hiburan di Bandar Lampung Wajib Tutup Selama Ramadan 2023Ilustrasi anak-anak menjadi manusia silver di tengah pandemik di Jalan Raya Caman, Bekasi (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Eva mengatakan, selama Ramadan akan tetap ada operasi penertiban jalanan seperti pada anak jalanan, gelandangan, pengemis, dan manusia gerobak.

“Itukan sudah menjadi tugas Pol PP tapi itu tadi kita minta mereka untuk menertibkan dengan humanis. Kita harus jaga selama Ramadan ini,” ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta untuk para aparat baik ditingkat desa maupun kota untuk terus sigap karena mendekati bulan suci semakin marak kriminalitas mulai dari pencurian sepeda motor sampai perampokan.

“Harapan Bunda juga Satpol PP dan linmas ini bisa bekerjasama dengan baik terutama pengaduan masyarakatnya. Kalau ada yang mencurigakan masyarakat langsung lapor saja,” jelasnya.

Baca Juga: Mall Pelayanan Publik Bandar Lampung akan Aktif Beroperasi Awal 2024 

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya