Sudah Masuk Database BKN tapi Honorer Tak Punya Akun? Ini Solusinya

144 THK2 Bandar Lampung tak punya akun meski sudah terdaftar

Bandar Lampung, IDN Times - Jika ada non ASN terkendala dalam sistem pendataan, sebaiknya langsung datang ke Kantor Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Kota Bandar Lampung di Lantai 6 Gedung Satu Atap Pemkot Bandar lampung.

Hal itu disampaikan Kepala BKD Kota Bandar Lampung, Herliwaty ketika diwawancarai di Kantor Pemkot Bandar Lampung, Selasa (11/10/2022). Ia meminta tenaga honorer atau non-ASN datang agar permasalahan yang dirasakan segera ditangani.

“Langsung datang saja ke kantor kalau ada masalah. Soalnya saya belum ada laporan apa-apa,” katanya.

Baca Juga: Bak Kopi Johny, Pengacara Lampung Sulap Parkiran Tempat Konsul Hukum

1. Dari 225 THK-2 terdaftar, 144 orang belum punya akun

Sudah Masuk Database BKN tapi Honorer Tak Punya Akun? Ini SolusinyaIlustrasi honorer. (Google)

Diketahui BKD Kota Bandar Lampung sebelumnya telah mengumumkan hasil prafinalisasi pendataan tenaga non ASN 2022 di lingkungan Pemkot Bandar Lampung.

Namun dari total 6.497 orang data tenaga non-ASN yang telah diinput ke dalam sistem pendataan, terdapat 144 Tenaga Honorer Kategori II (THK-2) belum memiliki akun pendataan padahal sudah terdaftar di database BKN.

“Total 6.497 (orang), TKH-2 ada 225 orang dan (Tenaga) Non-ASN sisanya (6.272 orang),” katanya.

2. Mis-sinkronisasi data disebabkan beberapa faktor

Sudah Masuk Database BKN tapi Honorer Tak Punya Akun? Ini SolusinyaKepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Bandar Lampung, Herliwaty. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Meski demikian, Herliwaty menyampaikan penyebab dari mis-sinkronisasi antara database nasional dengan akun pendataan ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor.

“Bisa macam-macam, misalnya waktu mendaftar itu NIK KTP-nya gak cocok, itu juga bisa jadi bermasalah,” katanya.

Sedangkan faktor lainnya bisa jadi ada kesalahan input data dan sebagainya sehingga THK-2 yang bermasalah sebaiknya memang datang ke kantor BKD. Agar jika ada kekeliruan segera bisa diurus sebelum berlarut.

3. Belum ada penambahan waktu pendaftaran

Sudah Masuk Database BKN tapi Honorer Tak Punya Akun? Ini SolusinyaIlustrasi pendaftaran. (Google)

Ia juga menyebutkan setelah pendaftaran selesai pada September lalu, sampai saat ini pihaknya belum melakukan penambahan waktu untuk pendaftaran THK-2 tersebut.

Herliwaty menyampaikan, BKD sampai saat ini masih akan menyelesaikan permasalahan pendaftaran yang ada sembari menyusun jadwal berikutnya.

"Kalau tambahan waktu kita belum ada, yang ini dulu kalau ada masalah-masalah kita bereskan dulu. Makanya dicek sekarang, jadi kalau ada kendala datang ke kami," ujarnya.

Baca Juga: Polemik Gaji P3K, Ini Hasil Rapat Pemkot dan Kemendagri di Jakarta

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya