Suami Istri Wajib Bebas Tanggungan jika Ajukan Pinjaman Tanpa Bunga

Jika pasangan punya tanggungan, tak akan lolos BI checking

Intinya Sih...

  • Pasangan suami istri harus bebas dari tanggungan utang bank, pinjol, dan paylater untuk lolos BI checking pinjaman tanpa bunga dari Pemkot Bandar Lampung.
  • Kepala Dinas Perindustrian Pemkot Bandar Lampung mengimbau para IKM agar segera menyelesaikan tanggungan sebelum melakukan pengajuan pinjaman.
  • BNI cabang Natar sudah berpindah ke cabang Tanjung Karang untuk memudahkan peninjauan lapangan terhadap IKM yang akan melakukan peminjaman. Tiga IKM telah lolos di 2024.

Bandar Lampung, IDN Times – Pasangan Suami istri harus bebas dari tanggungan utang bank, pinjol dan paylater jika ingin lolos BI checking pinjaman tanpa bunga dari Pemkot Bandar Lampung.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Pemkot Bandar Lampung Adiansyah. Ia mengatakan, pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) wajib bebas dari pinjaman lain jika ingin ajukan program dari pemkot tersebut.

“Soalnya memang ada kasusnya. Jadi salah satu dari mereka istri atau suami gitu yang ajukan. Pas BI checking ternyata pasangannya yang masih punya tanggungan (utang). Jadi gak bisa, karena pasangan itu kan satu dapur jadi ya harus clear semua,” katanya, Jumat (8/3/2024).

Baca Juga: 6 Tempat Berburu Jajan di Bandar Lampung, Enak dan Murah Banget!

1. IKM diimbau menyelesaikan tanggungan sekecil apapun

Suami Istri Wajib Bebas Tanggungan jika Ajukan Pinjaman Tanpa Bungailustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Adiansyah mengimbau kepada para IKM agar segera menyelesaikan tanggungan apapun sebelum melakukan pengajuan pinjaman tanpa bunga ke Pemkot Bandar Lampung.

“Karena rata-rata mereka ini ada tanggungan. Sedangkan pinjaman tanpa bunga syaratnya mutlak yakni tidak ada pinjaman lain,“ ujarnya.

Ia mengatakan, para IKM juga harus tahu BI checking dilakukan menggunakan database sehingga tunggakan sekecil apapun akat terdeteksi.

2. Alasan penerima manfaat pinjaman tanpa bunga 2023 sedikit

Suami Istri Wajib Bebas Tanggungan jika Ajukan Pinjaman Tanpa BungaKantor Satu Atap Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Adiansyah menyampaikan  alasan mengapa penerima manfaat program pinjaman tanpa bunga di Bandar Lampung sangat sedikit karena pengaju tak lolos BI checking. Padahal, pada saat pengajuan ada banyak IKM ikut serta.

“Makanya cuma sedikit yang terima. Di dinas kita di 2023 aja cuma 13 IKM. Padahal itu yang mengajukan ada ratusan. Tapi gak disetujui pihak bank ya mau gimana,” imbuhnya.

Ia berharap, daftar lolos BI checking untuk IKM  di Bandar Lampung pada pengajuan di 2024 semakin banyak. Sehingga semakin banyak pula yang mendapat manfaat.

3. Sudah ada 3 IKM lolos pinjaman tanpa bunga di 2024

Suami Istri Wajib Bebas Tanggungan jika Ajukan Pinjaman Tanpa BungaUMKM Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Adiansyah mengatakan, BNI cabang Natar sebagai pihak bank yang melakukan kerja sama sudah berpindah ke cabang Tanjung Karang. Sehingga peninjauan lapangan bisa dilakukan lebih mudah.

“Yang tadinya BNI cabang Natar sekarang di Tanjung Karang. Jadi lebih dekat dan cepat juga saat melakukan peninjauan ke IKM yang mau melakukan peminjaman,”terangnya.

Di 2024, ia mengatakan Dinas Perindustrian Kota Bandar Lampung mencatat sudah ada tiga IKM lolos dan disetujui pengajuannya untuk program pinjaman tanpa bunga Pemkot Bandar Lampung.

Baca Juga: 111 Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies di Bandar Lampung Selama 2024

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya