Rencana Dibangun Tahun Ini, Bakal Ada Ikon Pagoda di Siger Town!

PSMTI akan bantu perbaiki rumah dan lampu untuk estetika

Intinya Sih...

  • Pemerintah Kota Bandar Lampung mengembangkan destinasi wisata menarik di kawasan Telukbetung Selatan, Siger Town
  • PSMTI menyambut baik rencana pembangunan Siger Town untuk membangkitkan perekonomian wilayah setempat
  • PSMTI berencana membantu memperbaiki rumah anggota PSMTI dan lampu-lampu di wilayah Siger Town

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandar Lampung saat ini sedang mengembangkan destinasi wisata menarik di kawasan Telukbetung Selatan yakni Siger Town. Seperti sudah banyak orang tahu, kawasan tersebut memang dikenal sebagai “kota lama” Bandar Lampung.

Tak hanya masih banyak bangunan kuno sejak 1800an, hal menarik lainnya di daerah ini adalah banyaknya vihara dan masyarakat Tionghoa di daerah tersebut sehingga Wali Kota Eva Dwiana ingin mengunggulkan sisi unik kota tua Bandar Lampung dengan image China Town.

Eva juga pernah mengatakan pihaknya juga sudah melakukan survei dan pertemuan dengan komunitas Tionghoa di Telukbetung Selatan atas idenya tersebut. Meski begitu, Eva juga ingin identitas Lampung di China Town tak hilang sehingga dirinya akan melakukan kolaborasi unsur China dan Lampung di sana.

Baca Juga: Tahun Baru Imlek 2024 Hotel Berbintang  Lampung Tawarkan Paket Dinner

1. Berharap Siger Town bisa membuat TBS kembali menjadi pusat perekonomian

Rencana Dibangun Tahun Ini, Bakal Ada Ikon Pagoda di Siger Town!ilustrasi tumis tahu daging (pixabay.com/Johnny_px)

Menanggapi hal ini, Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Lampung, Christian Chandra menyambut baik adanya destinasi baru di kawasan Teluk Betung Selatan tersebut.

Pasalnya ia melihat Telukbetung Selatan kini tidak lagi menjadi pusat perekonomian Bandar Lampung seperti zaman dahulu. Sehingga ia berharap wilayah setempat bisa kembali naik daun setelah adanya Siger Town.

“Pertama kita senang sekali ya dengan rencana pembangunan Siger Town ini. Apalagi sekarang Telukbetung Selatan perekonomian sudah menurun. Padahal zaman dulu pusat perekonomian ada di sana, sekarang lebih ke (Teluk Betung) Utara. Maka dengan adanya Siger Town ini kita berharap perekonomian warga di sana bisa terbangkitkan kembali,” katanya, Senin (5/2/2023).

2. Siger Town akan menggambarkan Kota Bandar Lampung secara general

Rencana Dibangun Tahun Ini, Bakal Ada Ikon Pagoda di Siger Town!Vihara Thay Hin Bio. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Chandra bersyukur Wali Kota Eva Dwiana menggunakan nama Siger Town sebagai destinasi wisata kota tua tersebut. Menurutnya, nama tersebut lebih cocok karena lebih general dan menggambarkan wisata di Kota Bandar Lampung.

“Saya juga sebenarnya agak khawatir kalau tempat wisata itu dinamakan China Town jadi terlalu eksklusif. Jadi ketika saya dengar namanya menjadi Siger Town saya bersyukur dan menyambut baik. Karena kami inginnya di sana menjadi tempat wisata semua orang walaupun kebetulan di sana banyak ttnis Tionghoa tinggal,” paparnya.

Pada kolaborasi budaya Lampung dan China di Siger Town, Chandra menyampaikan pihaknya berencana untuk membantu memperbaiki rumah anggota PSMTI di sana. Hal ini menurutnya bisa menambah estetika Siger Town sebagai kampung wisata.

3. Bakal ada ikon Pagoda di Siger Town

Rencana Dibangun Tahun Ini, Bakal Ada Ikon Pagoda di Siger Town!Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Lampung, Christian Chandra. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Selain itu, PSMTI juga berencana akan memperbaiki lampu-lampu di wilayah tersebut, dan menambah sedikit ornamen khas China seperti lentera dan sebagainya.

“Lampu yang mati kita pasang, supaya nanti di sana daerah wisatanya benar-benar bisa diterima masyarakat. Supaya yang datang itu gak kecewa. Karena rumah dan gang itu kan juga bagian dari tempat wisatanya dan mereka juga bisa jual suvenir atau makanan dari sana,” jelasnya.

Sebagai pusat kuliner, Chandra juga mengatakan Siger Town diproyeksikan menjadi lokasi wisata berfoto menarik bagi masyarakat. Ia mengatakan, selain ada ornamen China, juga ada gapura dan ikon seperti Pagoda.

“Pemkot katanya akan buat gapuranya dan katanya sih akan ada semacam Pagoda gitu untuk orang selfie. Kita juga ini sedang coba jalin kerja sama dengan salah satu kota di Tiongkok supaya mungkin nanti mereka bisa kirim gambar relik Tiongkok mereka untuk Siger Town,” jelas Chandra.

4. Siger Town jadi salah satu tempat wisata dikembangkan pemkot di 2024

Rencana Dibangun Tahun Ini, Bakal Ada Ikon Pagoda di Siger Town!Kantor Satu Atap Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Diketahui Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemkot Bandar Lampung, Dedeh mengatakan pemkot sedang mengembangkan empat destinasi wisata baru di 2024.

Dari empat objek wisata ini, dua di antaranya adalah destinasi wisata milik pemkot yakni JPO Siger Milenial yang saat ini memasuki tahap kedua pembangunan dan Siger Town.

"Siger Town ini nantinya akan dikelola langsung oleh pemkot. Untuk pembangunannya sendiri ada di dinas pekerjaan umum dan semoga pembangunannya bisa dimulai tahun ini," katanya.

Ia menjelaskan, Siger Town merupakan objek wisata ala kota tua di kawasan Telukbetung Selatan Bandar Lampung. Daerah tersebut dikenal sebagai kota tua karena dipenuhi oleh bangunan-bangunan lama sejak 1800an dan pemkot tahun ini berencana merevitalisasinya menjadi destinasi wisata budaya dan kuliner.

Baca Juga: Sejarah Kedatangan Warga Tionghoa ke Lampung, Sejak Hindia Belanda?

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya