Puncak Arus Balik Terminal Rajabasa Diperkirakan Berakhir Hari ini

Penambahan rata-rata penumpang 255 orang

Bandar Lampung, IDN Times - Puncak arus balik di Terminal Rajabasa diperkirakan akan berakhir hari ini (8/5/2022). Meski begitu, Komandan Regu Piket Terminal Rajabasa, Junaidi mengatakan arus balik tahun ini belum dapat dikatakan ramai penumpang.

“Puncaknya dari Jumat (6/5/2022) sampai diperkirakan hari ini terakhir. Tapi liat kondisi penumpang saat ini, sebenarnya, tergolong biasa saja ya, dalam artian tidak ada penumpukan,” katanya ketika dikonfirmasi di Kantornya, Minggu (8/5/2022).

Junaidi mengatakan jika dibandingkan tahun-tahun sebelum COVID-19, jumlah penumpang untuk arus balik lebaran Idul Fitri tahun ini cenderung normal.

Baca Juga: Pemda DKI Jakarta dan Pelni Sedia Bus Gratis dari Terminal Rajabasa

1. Terminal Rajabasa terpantau lengang

Puncak Arus Balik Terminal Rajabasa Diperkirakan Berakhir Hari iniTerminal Rajabasa. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Menurut pantauan IDN Times hingga sekitar pukul 10.30 WIB, kendaraan maupun penumpang di terminal tak begitu ramai. Beberapa kendaraan khususnya dengan tujuan Pelabuhan Bakauheni juga masih menunggu semua kursi kosong terisi oleh penumpang.

Spot area tunggu penumpang juga terlihat lengang seperti di bangku tunggu dalam gedung terminal, di pos polisi, maupun di luar gedung seperti tempat pedagang kaki lima mangkal atau di sekitaran bus.

“Dari pagi tadi juga baru satu mobil saja hari ini yang berangkat ke Bakauheni, tadi jam 8 (pagi) berangkatnya,” kata Junaidi.

2. Penambahan penumpang arus balik di Terminal Rajabasa rata-rata 255 orang per hari

Puncak Arus Balik Terminal Rajabasa Diperkirakan Berakhir Hari iniTerminal Rajabasa. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Menurut data dihimpun Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung di Terminal Rajabasa, sejak hari pertama lebaran (2/5/2022) hingga Sabtu (7/5/2022), jumlah penumpang berangkat dari Terminal Rajabasa terus meningkat.

Pada hari pertama lebaran, tercatat hanya ada 451 penumpang saja yang berangkat dan mengalami penambahan penumpang rata-rata sebanyak 255 penumpang tiap harinya. Jumlah penumpang tertinggi selama arus balik yaitu pada Jumat (6/5/2022) sebanyak 1.560 penumpang dan meningkat pada Sabtu (7/5/2022) menjadi 1.725 penumpang.

Meski angka pemudik arus balik tahun ini tergolong biasa saja, namun jika dibanding tahun lalu, sudah menunjukan peningkatan yang cukup baik. Sejak hari pertama lebaran tahun lalu hingga seminggu lamanya, jumlah rata-rata penumpang hanya 125 penumpang saja per harinya.

3. Posko vaksinasi masih buka layanan

Puncak Arus Balik Terminal Rajabasa Diperkirakan Berakhir Hari iniPosko Vaksinasi Terminal Rajabasa. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Junaidi juga mengatakan karena arus balik yang lancar, saat ini pihak terminal tidak berencana menambah armada. Rata-rata armada berangkat dari Terminal Rajabasa adalah 103 bus per hari. Itu berupa bus AKAP maupun AKDP. Sedangkan bus datang lebih sedikit yaitu 79 bus per hari.

Ia juga menyampaikan sampai hari ini, posko arus balik dari berbagai instansi masih terus beroperasi untuk membantu pemudik nyaman dalam perjalanan. Posko tersebut di antaranya posko dari dinas perhubungan, posko kesehatan menyediakan vaksin, posko PMI menyediakan pertolongan pertama untuk pemudik. 

“Untuk posko kesehatan hanya ada layanan vaksinasi saja, belum ada kalau sampai pemeriksaan gula darah dan lainnya. Kita juga buka mulai jam 7 pagi sampai jam 8 malam yang di bagi ke dua shift,” kata salah satu penjaga pos vaksinasi di Kantor Polisi Terminal Rajabasa.

Baca Juga: Arus Balik, Tiket KA Rajabasa 7-11 Mei Lampung-Palembang Ludes Terjual

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya