PPKMB Unila 2023, Mahasiswa dapat Beasiswa hingga Umrah dari Wali Kota

12 mahasiswa baru beruntung mendapat hadiah dari pemkot

Bandar Lampung, IDN Times - Beruntungnya nasib Shelfa Nur Adzelia, Reval Hidayat dan 12 mahasiswa baru Universitas Lampung 2023 lainnya. Mereka mendapatkan beasiswa, sepeda, tabungan pendidikan hingga umrah dari Pemerintah Kota Bandar Lampung saat Program Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) di GSG Unila, Senin (14/8/2023).

Pada PPKMB Unila 2023 ini, Eva Dwiana berkesempatan memberikan motivasi kepada para mahasiswa baru Unila. Ia mengatakan, posisi para mahasiswa baru saat ini merupakan posisi paling didambakan ratusan ribu orang gagal mendaftar di perguruan tinggi negeri.

Namun disela-sela motivasinya, Eva menyelingi dengan menanyakan profil singkat keluarga beberapa mahasiswa atau bahkan menanyakan pertanyaan seputar Kota Bandar Lampung. 

Seperti Shelfa Nur Adzelia misalnya, ia begitu terkejut ketika Eva Dwiana menghadiahi dirinya umrah usai dirinya berhasil menjawab 10 nama kecamatan di Kota Bandar Lampung.

“Gak nyangka, soalnya sebelum-sebelumnya kalau gak beasiswa sepeda. Senang banget dapat hadiah umrah,” kata Shelfa, Senin (14/8/2023).

1. Hadiah umrah akan dipersembahkan pada orang tua

PPKMB Unila 2023, Mahasiswa dapat Beasiswa hingga Umrah dari Wali KotaShelfa mendapatkan hadiah umroh. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Shelfa merupakan mahasiswi Program Studi Kimia Fakultas FMIPA. Ia merupakan warga asli Kelurahan Kebon Jeruk, Tanjungkarang Timur, Bandar Lampung. Ayahnya bekerja sebagai wirausaha sedangkan ibunya seorang ibu rumah tangga.

Meski hadiah umrah ini diperuntukan baginya, Shelfa mengatakan ia sepertinya tak akan menggunakan hadiah umrah itu sendiri, melainkan untuk diberikan pada salah satu orang tuanya.

“Enggak (berangkat), sepertinya mau saya kasih ke orang tua saya aja. Insya Allah tadi bunda Eva ngomongnya berangkat Februari (2024) dan ini tadi sudah diberikan uang untuk membuat paspor,” katanya.

Baca Juga: Pengukuhan Mahasiswa Baru ITERA 2023, Termuda Usia 15 Tahun

2. Pemkot juga memberikan beasiswa full pada salah seorang mahasiswa

PPKMB Unila 2023, Mahasiswa dapat Beasiswa hingga Umrah dari Wali KotaMahasiswa Farmasi Unila, Reval Hidayat. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Keberuntungan juga berada pada mahasiswa baru Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran, Reval Hidayat. Ia berhasil mendapatkan beasiswa penuh selama empat tahun dari Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Menurut pantauan IDN Times, Eva Dwiana secara acak menghampiri salah seorang mahasiswa di barisan paling depan. Lalu ia mewawancarainya secara singkat termasuk kepada Reval.

Reval mengatakan, hal paling memotivasi dirinya untuk terus melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi adalah karena kedua orang tuanya.

“Ayah saya buruh harian di toko besi. Beliau senang sekali waktu saya lolos Jurusan Farmasi di Unila,” katanya.

3. Reval tak lolos beasiswa KIP

PPKMB Unila 2023, Mahasiswa dapat Beasiswa hingga Umrah dari Wali KotaEva Dwiana mewawancarai mahasiswa baru Unila. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Meski berhasil masuk jurusan farmasi lewat jalur SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), warga asli Kupang Teba Kecamatan Telukbetung Utara ini mengaku sedih ketika dirinya dinyatakan tak lolos beasiswa KIP.

“Saya sempat daftar KIP sebenernya kak tapi ternyata gak lolos. Ternyata hari ini malah dapat beasiswa full rasanya senang banget,” imbuhnya.

4. Mahasiswa lain mendapat tabungan pendidikan dan sepeda

PPKMB Unila 2023, Mahasiswa dapat Beasiswa hingga Umrah dari Wali KotaTiga mahasiswa (kiri) mendapat tabungan pendidikan, Reval dan Shelfa (kanan). (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Selain Shelfa dan Reval, juga ada 12 mahasiswa baru lain dari berbagai jurusan dan fakultas berhasil dan gagal menjawab pertanyaan dari Eva Dwiana seputar Bandar Lampung dan Unila.

Tiga mahasiswa dengan jawaban benar diberikan hadiah tabungan pendidikan oleh Eva Dwiana sebesar masing-masing Rp10 juta dan sembilan mahasiswa menjawab salah tetap diberikan hadiah yakni sepeda.

“Yang sepeda langsung kita kasih, yang beasiswa langsung kita bayar. Kalau yang umroh kan (umroh) Oktober ini udah proses ya jadi Insya Allah akan ngikut yang kloter Februari (2024),” kata Eva.

Baca Juga: Peduli Lingkungan, Mahasiswa Unila jadi Duta Inisiatif Indonesia

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya