Potret Warga Bandar Lampung Buang Sampah Sembarangan Terciduk Kamera!

Bandar Lampung kembali banjir, Kamis (7/3/2024) malam

Intinya Sih...

  • Bandar Lampung kembali banjir pada Kamis (7/3/2024) malam.
  • Ada lima titik banjir di Kota Bandar Lampung usai hujan deras.
  • Kebiasaan buang sampah sembarangan masih marak, terutama ke sungai dan tempat umum.

Bandar Lampung, IDN Times - Bandar Lampung merupakan salah satu daerah rawan terjadinya bencana banjir. Hujan deras satu malam saja bisa menyebabkan air sungai meluap dan munculnya beberapa titik banjir di Kota Tapis Berseri.

Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bandar Lampung terdapat lima titik banjir di Kota Bandar Lampung usai hujan deras, Kamis (7/3/2024) malam, yakni di Gang Toyib Rajabasa, Gang Hasan Rajabasa, Jalan Soekardi Hamdani Kedaton, Gang Kulit Kelurahan Langkapura dan Gang Lambang Kedaton.

Bencana banjir sebetulnya bisa dicegah dengan berbagai cara misalnya, menambah ruang resapan air, memperbaiki drainase. Selain itu, cara paling mudah adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai, bahkan ke laut.

Sayangnya, kesadaran ini belum menjadi budaya untuk semua orang khususnya di Bandar Lampung. Seperti halnya video viral beberapa waktu lalu, menunjukkan seorang pria tertangkap kamera sedang membuang sampah di aliran sungai belakang Lampung City Mall.

Tak berselang lama, Perpustakaan Daerah Lampung pun ikut memposting video seorang pria mengendarai sepeda motor sedang membuang sampahnya di depan Perpusda Lampung. Berikut kebiasan buang sampah sembarangan dan tertangkap kamera di Bandar Lampung!

Baca Juga: Terciduk Buang Sampah Sembarangan, Pria di Pesawaran Disanksi Sosial

1. Membuang 6 karung sampah ke aliran sungai

Potret Warga Bandar Lampung Buang Sampah Sembarangan Terciduk Kamera!Laki-laki membuang berkarung-karung sampah di belakang Lampung City Mall. (Instagram/hashtaglampung)

Video berdurasi sekitar 30 detik viral di dunia maya. Dalam video tersebut memperlihatkan seorang laki-laki sedang berjalan membawa karung-karung sampah ke arah aliran sungai di belakang parkiran Lampung City Mall.

Setelah sampai di talud pembatas air sungai dan pemukiman warga, pria tersebut lantas membuang karung sampahnya ke aliran sungai tersebut. Tak hanya satu, ia membuang sekitar enam karung sampah.

Video yang diunggah akun @hashtaglampung tersebut langsung menuai komentar dari warganet. “Sering banget lihat orang beberapa kali lewat Gang Senen atau Gang Citra Rajabasa sambil lempar bungkusan sampah ke sungai… Enteng banget buang sampah ke sungai, miris” tulis akun @desimarwondo dalam kolom komentar.

2. Tetap buang sampah meski sudah ada spanduk larangan

Potret Warga Bandar Lampung Buang Sampah Sembarangan Terciduk Kamera!Pengendara membuang sampah di depan Perpusda Lampung. (Dok. Perpusda Lampung)

Pada 5 Maret 2024, akun resmi Perpustakaan Daerah Provinsi Lampung pun memposting sebuah video seorang pengendara motor bersama anak dan istrinya sedang membuang sampah di depan pagar bangunan milik pemerintah tersebut.

“Maaf terpaksa kami posting karena sudah dipasang spanduk dilarang buang sampah di depan Perpustakaan Daerah Provinsi Lampung, masih juga berulang orang buang sampah di sini. Truk pengangkut sampah tidak bisa mengambil sampah di sini karena menyebabkan kemacetan. Dan ini area layanan masyarakat umum sehingga bisa merusak kenyamanan,” tulis deskripsi singkat video tersebut.

Postingan tersebut pun mengundang beberapa reaksi dari warganet, salah satunya adalah akun @hening_ummulala. “Salah satu penyebab banjir yang begini, kebiasaan buang sampah bukan pada tempatnya. Udah ada spanduk segede itu masih aja membutakan mata,” tulisnya dalam kolom komentar.

3. Tak membawa sampah usai selesai acara

Potret Warga Bandar Lampung Buang Sampah Sembarangan Terciduk Kamera!Sampah menumpunb ditempat tak seharusnya di Masjid Al Firqon usai acara pengajian. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Kebiasaan tidak membawa sampah pribadi atau membuang sampah sembarangan juga pernah terjadi usai acara pengajian di Masjid Al Furqon Bandar Lampung Desember 2023 lalu.

Usai acara, sampah terlihat menumpuk di tempat-tempat tak semestinya, bahkan berserakan sampah plastik dan minuman kemasan gelas di karpet masjid dan teras lantai satu dan dua.

“Memang pernah sih waktu itu mau solat zuhur di Masjid Al Furqon. Pas itu gak tau lagi ramai ada acara apa gitu ya itu sampahnya di mana-mana. Saya kashian sama petugas yang bersihin sih. Padahal kalau yang datang acara mau bawa sampahnya satu-satu kan gak bakal begitu ya,” kata Dwi Rahmayanti, salah satu pengunjung Masjid Al Furqon.

Baca Juga: Harga Beras Premium Tinggi, Mendag Zulhas Minta Warga Beli Beras Bulog

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya