Pol PP Awasi Pasar Pasir Gintung 24 Jam, Antisipasi PKL Muncul Lagi

Pengawasan aparat dilakukan hingga pembangunan pasar selesai

Bandar Lampung, IDN Times - Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandar Lampung melakukan pengawasan 24 jam di sekitar Pasar Pasir Gintung untuk mengamankan daerah tersebut dari pedagang kaki lima.

Hal ini disampaikan Kepala Satpol PP Kota Bandar Lampung, Ahmad Nurizki ketika diwawancarai di Kantor Pemkot Setempat, Kamis (21/9/2023).

“Pedagang di Pasar Pasir Gintung sudah direlokasi di Pasar SMEP dengan membersihkan dan menata di Jalan Pisang, Jalan Durian dan Imam Bonjol. Kita juga lakukan pengawasan selama 24 jam untuk menghindari munculnya PKL di jalan tersebut,” katanya.

Baca Juga: 130 Pedagang Harus Rela Tetap Berada di Pasar SMEP, Ada Apa?

1. Penjagaan 24 jam dilakukan untuk mengantisipasi pasar subuh

Pol PP Awasi Pasar Pasir Gintung 24 Jam, Antisipasi PKL Muncul LagiPembongkaran PKL di Jalan Imam Bonjol, Pisang, dan Durian. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Ahmad menjelaskan, penjagaan ini tidak hanya dilakukan oleh Satpol PP saja melainkan juga dibantu oleh aparat lain seperti dinas perhubungan, Babinsa, Babinkantibmas dan Linmas.

“Pol PP kemarin kami dibagi menjadi tiga shift pagi jam 8 sampai 4 sore, kemudian jam 4 sore sampai 12 malam, dan 12 malam sampai 8 pagi. Dengan anggota 6, 6, 10,” jelasnya.

Ia mengatakan, penjagaan 24 jam ini dilakukan demi mengantisipasi adanya pedagang-pedagang untuk pasar subuh. Diketahui Pasar Pasir Gintung merupakan pasar induk Kota Bandar Lampung aktivitasnya tak berhenti sehari semalam.

2. Pedagang diharapkan tidak bongkar muat barang di jam sibuk

Pol PP Awasi Pasar Pasir Gintung 24 Jam, Antisipasi PKL Muncul LagiRelokasi PKL Jalan Imam Bonjol dan Jalan Pisang. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Kemudian dibeberapa tempat seperti grosiran buah, Ahmad juga telah memberikan peringatan kepada para pedagang agar tidak bongkar muat di jam-jam sibuk.

“Jadi kita minta bongkar muatnya di malam atau subuh. Sehingga akses jalan juga tidak terhambat saat jam-jam sibuk,” katanya.

Ia juga menambahkan, kegiatan pengamanan ini akan terus dilakukan setiap hari sampai proses pembangunan Pasar Pasir Gintung selesai. Pihaknya pun telah memberikan SPT resmi pada para petugas.

3. Pasar Pasir Gintung akan dibangun jadi pasar modern oleh pemerintah pusat

Pol PP Awasi Pasar Pasir Gintung 24 Jam, Antisipasi PKL Muncul LagiPKL di Jalan Imam Bonjol dan Pisang kini telah memenuhi Pasar SMEP. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Sebelumnya, pemerintah pusat berencana untuk melakukan renovasi terhadap Pasar Pasir Gintung untuk dijadikan pasar modern. Salah satu syarat menjadi pasar modern adalah akses menuju pasar harus bersih dari pedagang kaki lima.

Untuk itu Pemkot Bandar Lampung merelokasi tak hanya pedagang di dalam Pasar Pasir Gintung tapi juga semua pedagang kaki lima di sekitarnya ke Pasar SMEP.

Setelah usai pembangunan rencananya beberapa pedagang akan kembali ke Pasar Pasir Gintung dan sisanya akan tetap menempati Pasar SMEP. Namun pemkot memastikan tak akan ada PKL lagi di sekitar kedua pasar.

Baca Juga: Pasar Pasir Gintung Mulai Dibangun Oktober dan Selesai Desember 2023

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya