PMB Unila 2023 Dibuka, Kuota 9.751 Mahasiswa

Kuota disesuaikan dengan sarana prasarana kampus

Bandar Lampung, IDN Times - Resmi membuka PMB (penerimaan mahasiswa baru) 2023, Universitas Lampung akan menerima sebanyak 9.751 mahasiswa jenjang sarjana dan diploma.

Hal ini disampaikan Rektor Universitas Lampung, Lusmeilia Afriani dalam acara Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2023 di Unila, Senin (20/2/2023). Ia menyebutkan, tahun ini kurang lebih ada 13.000 siswa lulus dari jenjang SMA, SMK dan MA di Lampung.

“Berarti kan hanya ada berapa persen saja yang bisa ke Unila. Bahkan tidak hanya dari Provinsi Lampung yang mendaftar artinya sebagian besar siswa kita mau tak mau harus bisa melanjutkan perguruan tinggi lain,” kata. 

1. Unila komitmen tingkatkan kualitas PMB 2023

PMB Unila 2023 Dibuka, Kuota 9.751 MahasiswaRektor Unila, Lusmeilia Afriani. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Berkenaan dengan kasus PMB Unila tahun lalu yakni kasus suap dan gratifikasi jalur mandiri, Lusmeilia menjamin kasus seperti ini tidak akan terjadi lagi pada PMB 2023.

“Kami berkomitmen sesuai aturan dan prosedur. Masa lalu biarlah menjadi pembelajaran kita. Komitmen ini kita sampaikan dalam Proaktif yakni melaksanakan PMB dengan Profesional, Akuntabel, Trasparan dan Informatif,” katanya.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat untuk ikut melakukan kontrol pada proses PMB Unila 2023 agar Unila bisa kembali mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas.

2. Kuota tiap jalur

PMB Unila 2023 Dibuka, Kuota 9.751 MahasiswaIlustrasi mahasiswa Unila. (Dok. Unila).

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung, Suripto Dwi Yuwono menjelaskan,.dari 9.751 mahasiswa akan dibagi ke dalam tiga jalur yakni SNBP, SNBT, dan jalur mandiri.

“Untuk jalur SNBP itu 2.407 mahasiswa atau 24,68 persen, SNBT 5.256 mahasiswa atau 53,91 persen dan jalur mandiri 2.088 atau 21,41 persen. Pembagian kuota untuk setiap jalur ini sudah melalui regulasi yang telah ditetapkan,” katanya.

Kuota tersebut nantinya akan memenuhi kebutuhan dari 63 program studi jenjang sarjana dan 11 program studi jenjang diploma. Ia mengatakan dengan adanya peningkatan proses seleksi PMB melakui Proaktif, Unila bisa menciptakan SDM unggulan dan berkualitas.

3. Jumlah kuota sudah disesuaikan dengan fasilitas kampus

PMB Unila 2023 Dibuka, Kuota 9.751 MahasiswaEmbung Unila (Kompas Properti)

Suripto juga menyampaikan, jumlah kuota saat ini sudah disesuaikan dengan sarana dan prasarana kampus. Sehingga kuota tersebut merupakan perhitungan dengan fasilitas kampus saat ini.

“Jumlah kuota yang diputuskan saat ini itu merupakan usulan dari program studi ke fakultas. Fakultas ke universitas, dan barulah di rapat universitas menjumlahkan total berapa mahasiswa tahun ini dengan mempertimbangan sarana dan prasarana,” jelasnya.

Begitupun dengan jumlah dosen, ia juga mengatakan jumlah dosen juga telah mencukupi kebutuhan untuk penambahan mahasiswa di tahun ini. Sedangkan rasio jumlah dosen berbeda tiap fakultas tergantung dengan prodi masing-masing.

4. Kuota KIP Unila saat ini

PMB Unila 2023 Dibuka, Kuota 9.751 MahasiswaKalderanews

Suripto menambahkan, untuk kuota KIP (Kartu Indonesia Pintar) pihaknya masih belum bisa menentukan karena baru akan dikoordinasikan dengan pemerintah pusat. 

“Kuota KIP kuliah sekarang kita belum berkoordinasi dengan pemerintah pusat berapa sekarang. Jadi besok, Selasa atau Rabu bu Rektor dan warek akan ada pertemuan di Jakarta,” katanya.

Ia melanjutkan, di sana Unila akan menyerahkan Prosedur Operasional Baku (POB) dalam PMB tahun ini sekaligus akan diketahui berapa pembagian KIP.

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya