Pemudik Asik Pilih Es Krim Gratis di Dapur Lapangan Pelabuhan Panjang

Tak hanya es krim, ada juga makan berat dan kopi gratis

Intinya Sih...

  • Brimob Polda Lampung menyediakan dapur lapangan gratis bagi pemudik di Pelabuhan Panjang dan Bakauheni
  • Program Dapur Lapangan Gratis Polda Lampung berlangsung sejak Sabtu hingga Selasa, menyediakan es krim, makanan berat, kopi, dan lainnya
  • Dapur ini juga menyediakan tempat makan dengan kapasitas sekitar 50 orang lengkap dengan bangku, meja, dan kipas angin

Bandar Lampung, IDN Times - Brimob Polda Lampung menyediakan dapur lapangan gratis bagi pemudik di Pelabuhan Panjang dan Bakauheni. Stand paling mencolok dan sering diserbu pemudik adalah tiga freezer es krim.

Menurut pantauan IDN Times, terlihat pengemudi roda dua di Pelabuhan Panjang berbondong memarkirkan motornya setelah melewati pintu masuk pemeriksaan tiket. Itu setelah karyawan ASDP menawarkan pengemudi roda dua untuk mampir di dapur gratis dulu untuk sekedar mengambil es krim atau kopi lalu masuk ke kapal.

Penumpang kapal khususnya anak-anak terlihat asik memilih es krim gratis yang disediakan oleh Brimob Polda Lampung tersebut. Tak hanya es krim, ternyata dapur gratis ini juga menyediakan berbagai menu lainnya seperti makanan berat, kopi, dan sebagainya.

Baca Juga: Pemudik di Pelabuhan Panjang Dikasih Es Krim dari Menteri

1. Dapur gratis tersedia selama puncak arus balik

Pemudik Asik Pilih Es Krim Gratis di Dapur Lapangan Pelabuhan PanjangDapur gratis. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Kabag Ops Satbrimob Polda Lampung Kompol Abdul Karim mengatakan, program Dapur Lapangan Gratis Polda Lampung ini sudah berlangsung sejak Sabtu (13/4/2024) hingga Selasa (16/4/2024). Meski begitu, ada kemungkinan diperpanjang jika memang diperlukan.

Ia menyebutkan, tak hanya es krim gratis, mereka juga menyiapkan nasi goreng, nasi goreng mawut, mie goreng, nasi rames, kopi hitam, susu panas, teh manis tubruk panas, dan white kopi.

“Boleh ambil sepuasnya tapi secukupnya saja. Kami pilih es krim karena kita lihat cuaca saat ini memang panas sekali kan. Apalagi jam keberangkatan kapal juga di siang hari ya mulai pukul 12.00 siang,” katanya, Senin (15/4/2024).

2. Sehari bisa habis 1.000 porsi

Pemudik Asik Pilih Es Krim Gratis di Dapur Lapangan Pelabuhan PanjangCalon penumpang makan es krim. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Abdul mengatakan, pihaknya mengerahkan 20 personel untuk penjagaan termasuk kru masak berjumlah 12 orang. Dalam sehari, kru masak memasak sebanyak dua kali yakni pagi dan siang hari.

“Soalnya kita menyesuaikan juga dengan keberangkatan kapal yang hanya sampai pukul 5 sore saja. Untuk jumlah porsinya, kalau dihitung dari kemarin itu, sehari bisa habis sekitar 1.000 porsi,” imbuhnya.

Abdul menambahkan, tak hanya memberikan konsumsi gratis, mereka juga menyediakan tempat makan dengan kapasitas sekitar 50 orang lengkap dengan bangku, meja, dan kipas angin.

3. Perjalanan Panjang-Ciwandan lebih lama sehingga bisa beristirahat di dalam kapal

Pemudik Asik Pilih Es Krim Gratis di Dapur Lapangan Pelabuhan PanjangEs krim dapur gratis. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Salah satu penumpang kapal asal Telukbetung Bandar Lampung, Devi (45) mengatakan baru kali ini ia menyeberang menggunakan kapal lewat Pelabuhan Panjang. Ia bersama anak-anaknya hendak pulang ke Depok.

“Baru ini saya lewat Panjang. Soalnya dekat sama rumah. Kemarin lewat Ciwandan, tapi kapalnya ke Bakauheni. Baru ini tahu ada dapur gratis ini. Tadi makan es krim dan kopi. Makanannya tadi belum jadi ya katanya,” ujarnya.

Devi juga kali ini ingin mencoba lewat Pelabuhan Panjang karena jarak tempuh Panjang-Ciwandan lebih lama sehingga ia dan anak-anaknya bisa beristirahat di dalam kapal.

“Kalau harga tiket saya kira sama aja sih. Beli lewat Ferizy kemarin itu Rp69.000 per motor. Ini saya sama anak saya dua,” jelasnya.

Baca Juga: Cerita Pemudik Motor, Ingin ke Pelabuhan Panjang Malah ke Bakauheni

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya