Pemkot Balam Klaim Telah Perbaiki 75 Persen Jalan Sampai Oktober 2023

Ditargetkan selesai Desember 2023

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandar Lampung mengklaim hingga awal Oktober 2023 ini pihaknya telah memperbaiki sekitar 75 persen jalanan kota dan lingkungan dari target.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan ketika diwawancarai di kantor pemkot setempat, Kamis (5/9/2023). Ia mengatakan, target perbaikan jalan di 2023 adalah sebanyak 200 ruas jalan.

“Kita sudah 75 persen karena yang sudah kita perbaiki itu sekitar 150 dari target kita seluruhnya 2023 adalah 200 ruas jalan. Jalan kota maupun jalan lingkungan,” katanya. 

Baca Juga: Wajib Punya Berkas Ini saat Ajukan Bantuan Kesehatan ke Dinsos Balam

1. Perbaikan 200 ruas jalan dianggarkan Rp80 miliar

Pemkot Balam Klaim Telah Perbaiki 75 Persen Jalan Sampai Oktober 2023Ilustrasi jalan Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Iwan menyebutkan, anggaran untuk memperbaiki 200 ruas jalan ini adalah Rp80 miliar. Perbaikan dengan cara menambal sulam atau mengganti lapisan jalan dengan aspal baru.

Ia optimistis akhir tahun ini pihaknya akan menyelesaikan perbaikan jalan sesuai target. “Kita kan mulai perbaikannya di pertengahan tahun ini. Jadi bisa selesai kalau tinggal 50 jalan lagi sampai akhir tahun ini,” katanya.

Sedangkan lokasinya, Iwan tak menyebutkan secara detail kecamatan apa saj memiliki kerusakan terparah. Namun ia memastikan perbaikan ini akan dilakukan secara merata ke 20 kecamatan di Bandar Lampung.

2. Masyarakat diminta bersabar jika jalan rusak belum diperbaiki tahun ini

Pemkot Balam Klaim Telah Perbaiki 75 Persen Jalan Sampai Oktober 2023Jalan rusak di Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Selain itu Iwan mengatakan, perbaikan jalan di Bandar Lampung merupakan salah satu program rutinan pemkot. Sehingga jika ada jalan belum diperbaiki tahun ini maka akan dilakukan pada anggaran APBD berikutnya.

“Karena perbaikan jalan ini berjalan terus menerus. Tidak berbentuk projek seperti membangun jembatan atau gedung. Jadi terus berjalan dan kalau ada yang belum diperbaiki akan dilakukan diwaktu selanjutnya,” jelasnya.

Ia juga meminta dinas pekerjaan umum untuk terus melakukan pantauan terhadap wilayah-wilayah dengan jalan rusak. Iwan juga mengimbau pada pamong setempat untuk segera melaporkan jika ada jalan rusak.

3. Kendala perbaikan jalan hanya pada faktor cuaca saja

Pemkot Balam Klaim Telah Perbaiki 75 Persen Jalan Sampai Oktober 2023Jalan rusak di Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Iwan menyampaikan, selama perbaikan jalan pihaknya tidak mendapat kendala cukup berarti. Hanya saja, faktor cuaca juga bisa menentukan keberlangsungan proses perbaikan.

"Kalau kendala itu biasanya hanya ada di faktor alam, seperti misalnya hujan. Tapi sekarang kan musim kemarau, jadi kita tidak ada kendala apapun baik diproses perbaikan atau hasil perbaikan jalannya,” ujarnya.

Untuk program perbaikan jalan di tahun berikutnya, Iwan mengaku masih belum mengetahui terkait hal itu karena akan dipertimbangkan mulai dari anggaran sampai jalan prioritas untuk diperbaiki.

Baca Juga: Pembagian Beras Pemerintah Pakai QR Code, Warga: Antrenya Pasti Lama

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya