Pemkot Bakal Promosikan Bandar Lampung ke Palembang Lewat Travel Mart

Tak hanya kenalkan objek wisata tapi juga resort dan kuliner

Intinya Sih...

  • Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung meminta pelaku usaha bersiap menerima ledakan kunjungan wisata dari Sumatera Selatan.
  • Bandar Lampung telah dikunjungi oleh 2.020.386 wisatawan, sebagian besar berasal dari Sumatera Selatan.
  • Pemkot akan aktif mempromosikan destinasi wisata, hotel, dan resort kepada masyarakat di Sumatera Selatan untuk mendukung event Travel Mart.

Bandar Lampung, IDN Times - Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung meminta pelaku usaha di Bandar Lampung untuk bersiap menerima ledakan kunjungan wisata dari Sumatera Selatan.

Pasalnya, dalam waktu dekat Pemkot Bandar Lampung akan mengadakan event Travel Mart di Sumatera Selatan sebagai ajang promosi Kota Bandar Lampung. Tak hanya wisata, pemkot juga akan kenalkan destinasi menarik seperti resort, hotel, tempat berburu oleh-oleh, sampai kulinernya.

“Karena Bandar Lampung ini tak hanya punya objek wisata. Hotel, resort, kuliner, tempat berburu oleh-oleh juga menjadi destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Lampung,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bandar Lampung, Adiansyah, Minggu (28/4/2024).

Baca Juga: Gadis di Bandar Lampung Korban "Halo Dek" Anggota Marinir Gadungan

1. Wisatawan lokal didominasi dari Sumatera Selatan jadi alasan Travel Mart diadakan di Palembang

Pemkot Bakal Promosikan Bandar Lampung ke Palembang Lewat Travel MartTaman Jepang ChanChan di Bandar Lampung. (Instagram/Taman Jepang ChanChan)

Menurut data Dinas Pariwisata Bandar Lampung selama 2023, Bandar Lampung telah dikunjungi oleh 2.020.386 wisatawan dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dari jumlah tersebut diketahui 2.010.547 orang merupakan wisatawan lokal (Indonesia) sedangkan 9.839 orang merupakan wisatawan asing. Tak hanya objek wisata, wisatawan ini juga mengunjungi beberapa destinasi seperti hotel dan resort.

“Dari wisatawan lokal atau domestik ini, selain orang Lampung sendiri (luar Kota Bandar Lampung), kebanyakan wisatawan adalah dari Sumatera Selatan. Makanya kami gelar di sana,”katanya.

2. Akses Palembang-Lampung sudah semakin mudah

Pemkot Bakal Promosikan Bandar Lampung ke Palembang Lewat Travel MartPuncak Mas, Bandar Lampung. (instagram.com/puncakmasthomas)

Adiansyah mengatakan, potensi wisatawan dari Sumatera Selatan ini mendorong pemkot untuk aktif mempromosikan destinasi wisata, termasuk hotel dan resort kepada masyarakat di provinsi tetangga tersebut.

“Apalagi akses Palembang-Lampung juga sudah enak kan sekarang. Yang punya mobil pribadi bisa lewat tol, lebih cepat. Yang tidak punya mobil bisa pakai kereta, sudah langsung tiba di Stasiun Tanjungkarang yang ada di tengah kota,” ujarnya.

Ditambah kini sudah banyak UMKM tempat penyewaan mobil dan motor terpercaya di Bandar Lampung sehingga wisatawan dari luar Lampung bisa dengan mudah berkeliling kota menggunakan kendaraan rental.

3. Rencananya Travel Mart akan digelar tahun ini

Pemkot Bakal Promosikan Bandar Lampung ke Palembang Lewat Travel MartKantor Satu Atap Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Meski belum tahu pasti kapan tepatnya event ini dilaksanakan, Adiansyah akan berupaya agar Travel Mart bisa digelar tahun ini. Lokasi event di ibu kota Sumatera Selatan yakni Palembang.

Oleh karena ia mengimbau kepada seluruh pelaku usaha baik dibidang wisata, travel, penyewaan kendaraan, hotel, oleh-oleh. Bahkan UMKM kuliner bisa lebih meningkatkan kualitasnya baik pada produk maupun fasilitas dan layanan.

“Kami berharapnya gak cuma menaikan wisatawan dari Sumsel saja ya, tapi juga bisa menumbuhkan potensi wisata baru khususnya di kabupaten lainnya di Pulau Sumatera,” tuturnya.

Baca Juga: KUR Fiktif, Eks Pegawai Bank BUMN Bandar Lampung Korupsi Rp1,2 Miliar

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya