Mulai Agustus 2024, Bansos Beras di Balam Diberikan Dua Bulan Sekali

Untuk jumlah kuota pasti masih menunggu arahan pusat

Intinya Sih...

  • Bantuan sosial (bansos) berupa beras dari Badan Pangan Nasional akan disalurkan dua bulan sekali mulai Agustus 2024, bukan satu bulan sekali seperti sebelumnya.
  • Pemberian bansos beras diperpanjang hingga Desember 2024, dengan penyaluran tiga kali pada Agustus, Oktober, dan Desember, namun masih menunggu arahan pusat.
  • Kuota penerima manfaat bansos beras di Kota Bandar Lampung ada sebanyak 61.816 keluarga, dengan harapan agar kuota penerima bisa lebih banyak pada tahap kedua.

Bandar Lampung, IDN Times – Berbeda dengan sebelumnya, bantuan sosial (bansos) berupa beras dari Badan Pangan Nasional untuk masyarakat rencananya akan disalurkan dua bulan sekali mulai Agustus 2024.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Pangan Kota Bandar Lampung, M Yusuf, Jumat (28/6/2024). Ia mengatakan, bansos beras dari Badan Pangan Nasional memang sebelumnya selalu diberikan satu bulan sekali.

“Iya, Insya Allah ada bansos beras. Tapi penyalurannya sekarang dua bulan sekali. Tidak seperti sebelumnya yang diberikan satu bulan sekali,” kata Yusuf sapaan akrabnya.

Baca Juga: 3 Pria Bandar Lampung Diciduk Asyik Main Judi Online Slot di Warnet

1. Diberikan tiga kali hingga akhir 2024

Mulai Agustus 2024, Bansos Beras di Balam Diberikan Dua Bulan SekaliKantor Satu Atap Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Yusuf menjelaskan, pemberian bansos beras diperpanjang hingga Desember 2024 sehingga teknis penyalurannya akan diberikan sebanyak tiga kali yakni pada Agustus, Oktober dan Desember.

Meski begitu, Yusuf mengatakan masyarakat perlu bersabar karena terkait perpanjangan bansos hingga akhir 2024 ini pun pihaknya masih menunggu arahan dari pemerintah pusat.

“Tapi kita juga masih menunggu juga arahan dari pusat seperti apa nantinya. Karena kami (Pemkot Bandar Lampung) memang hanya menyalurkan saja,” imbuhnya.

2. Berharap kuota penerima manfaat bisa lebih banyak dari sebelumnya

Mulai Agustus 2024, Bansos Beras di Balam Diberikan Dua Bulan SekaliGudang Beras Bulog (Dok. Perum Bulog)

Yusuf berharap, bansos ini nantinya bisa tersalurkan dengan baik dan kuota yang diberikan oleh pemerintah pusat bisa banyak agar lebih banyak juga masyarakat yang mendapat manfaat bansos beras.

“Harapannya sih nanti kuotanya banyak ya, jadi semakin banyak juga penerima manfaatnya. Insya Allah dan kami berupaya agar bantuan ini bisa tepat sasaran,” tambahnya.

3. Bansos tahap pertama sudah selesai Juni 2024

Mulai Agustus 2024, Bansos Beras di Balam Diberikan Dua Bulan Sekaliumsu.co.id

Diketahui, kuota penerima manfaat bansos beras di Kota Bandar Lampung ada sebanyak 61.816 keluarga. Pembagian ini dilakukan hingga Juni 2024.

“Iya kalau yang tahap pertama itu sekitar 61 ribu KPM (keluarga penerima manfaat) kan. Itu yang tahap pertama sampai Juni 2024 dan pembagiannya satu bulan sekali,” ujarnya.

Ia mengatakan, penyaluran tahap pertama ini telah selesai sampai Juni 2024 kemarin. Yusuf berharap, bansos tahap kedua kuota penerima bisa lebih banyak dari tahap pertama.

Baca Juga: Mulai Juli 2024, Bandar Lampung Expo akan Dimeriahkan Beragam Stand

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya