Menjadi Syarat Perjalanan, Pemkot Berkeliling Vaksinasi Warga

Vaksinasi ini juga tersedia untuk dosis satu dan dua

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung kembali melakukan vaksinasi door to door Ramadan 1443 Hijriah. Kali ini targetnya adalah pedagang dan pembeli di Pasar Tengah, Kecamatan Tanjungkarang Pusat.

Menurut pantauan IDN Times, Kamis (7/4/2022) tidak hanya satu titik vaksinasi saja, tenaga kesehatan yang dikoordir Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung ini bergerak secara aktif mengerahkan pedagang dan pembeli belum vaksin ke tiga titik vaksinasi.

Masyarakat divaksin tak hanya untuk penerima booster saja, tapi siapapun yang belum vaksin baik dosis satu, dua, atau ketiga juga bisa melakukan vaksin di sana.

Baca Juga: Polda Lampung Tetap Dirikan Pos Pengamanan dan Pelayanan Periode Mudik

1. Booster saat ini sudah menjadi syarat perjalanan

Menjadi Syarat Perjalanan, Pemkot Berkeliling Vaksinasi WargaWali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, vaksinasi door to door ini dalam rangka mendukung adanya peraturan pemerintah pusat menjadikan booster salah satu syarat perjalanan masyarakat.

“Sekarang kan persyaratan kita kemana-mana harus sudah vaksin booster ya. Jadi tadi Alhamdulillah antusian dari masyarakat, yang punya toko tadi bagus,” kata Eva.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, Socrat Pringgodanu juga mengatakan saat ini memang hanya Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang sudah booster saja boleh berpergian tanpa surat tes antigen. Sedangkan belum menerima booster wajib melampirkan surat tes antigen atau PCR.

2. Terbuka untuk umum termasuk masyarakat luar Bandar Lampung

Menjadi Syarat Perjalanan, Pemkot Berkeliling Vaksinasi WargaVaksinasi door to door di Pasar Tengah. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Eva mengatakan, meski pelaksanaan vaksin door to door ini kemungkinan tidak dilaksanakan secara rutin, ia mengimbau masyarakat Bandar Lampung belum vaksin bisa melakukan vaksin sesegera mungkin di puskesmas terdekat.

“Dan juga bagi siapapun baik dari luar Bandar Lampung yang datang ke sini, dan kebetulan bertemu dengan tempat vaksinasi, boleh mampir dan langsung vaksin,” kata.

Ia juga menambahkan, dosis vaksin yang dimiliki oleh Bandar Lampung banyak sehingga masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan stok.

3. Saat ini jenis vaksin tersedia hanya ada Pfizer dan Sinovac

Menjadi Syarat Perjalanan, Pemkot Berkeliling Vaksinasi WargaProses skrining vaksinasi door to door di Pasar Tengah. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri mengatakan dinas kesehatan menyiapkan sekitar 100 dosis saja untuk vaksinasi door to door hari ini.

“Siang ini sudah 100 dosis. Kalau stok dosis untuk Ramadan kita ada banyak. Jangan khawatir karena sekarang kita sudah tidak dijatah lagi. Berapapun kebutuhan kita, tiap minggu akan diberikan oleh pusat,” katanya.

Ia juga menambahkan vaksin yang saat ini ada di Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung hanya jenis Pfizer dan Sinovac saja.

“Dan vaksin yang kami kelola, dinas kesehatan kota kelola ini tidak ada yang kedaluwarsa,” tambahnya.

Baca Juga: Waduh! Jual Takjil di Halaman Pemkot Pedagang Mengeluh Omzet Turun 

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya