Libur Nataru, Penumpang Terminal Rajabasa akan Naik 6-10 Persen

Penambahan armada sudah dikoordinasikan dengan PO Bus

Bandar Lampung, IDN Times - Lonjakan penumpang di Terminal Bus Tipe A Rajabasa, Kota Bandar Lampung libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 diperkirakan hanya naik sekitar 6 sampai 10 persen saja.

Hal ini disampaikan Kepala Terminal Rajabasa, Marsusi ketika diwawancarai di kantornya, Kamis (22/12/2022). Ia menyampaikan kenaikan pengunjung di terminal belum terlihat saat ini.  

“Kita di Nataru tahun ini masih beroperasi seperti biasa, sampai saat ini belum ada lonjakan yang terlalu signifikan. Kalau perkiraan kami itu nanti bakal ada sekitar 6 sampai 10 persen peningkatan penumpangnya melalui terminal,” katanya.

1. Berkoordinasi dengan PO bus jika ada lonjakan penumpang

Libur Nataru, Penumpang Terminal Rajabasa akan Naik 6-10 PersenTerminal Rajabasa. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Meski demikian, Marsusi mengatakan pihak terminal sudah melakukan koordinasi dengan beberapa PO bus seperti Trans Laju Utama, Damri, dan Puspa jika nantinya memang ada lonjakan penumpang.

“Kita sudah minta mereka bersiap-siap untuk menyiapkan kendaraan kalau kurang, dan mereka siap untuk mengirimkan tambahan kendaraan. Kalau saat ini total ada sekitar 33 armada,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, sejauh ini hanya dua hari terakhir artinya pada 20-21 Desember 2022 jumlah penumpang mengalami peningkatan. Meski begitu peningkatannya terbilang biasa saja karena tidak signifikan.

Baca Juga: Promo Kuliner Lampung Libur Nataru, Ada Resto Jepang Baru Buka

2. Meski tak ada persyaratan khusus, penumpang harus tetap prokes

Libur Nataru, Penumpang Terminal Rajabasa akan Naik 6-10 PersenTerminal Rajabasa. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Marsusi menyampaikan, sampai saat ini tidak ada persyaratan khusus penumpang untuk moda transportasi bus dari pusat. Sehingga pihaknya masih menggunakan syarat sebelumnya diberlakukan.

“Kalau syarat khusus tidak ada, jadi kami hanya minta penumpang untuk menggunakan protokol kesehatan saja. Seperti pakai masker, bawa handsanitizer, cuci tangan, dan sebagainya,” katanya.

Selain itu ia juga meminta calon penumpang agar tetap menyiapkan PeduliLindungi dengan bukti telah vaksin minimal dua dosis selama perjalanan.

3. Tak hanya pengecekan armada, juga ada cek kesehatan sopir

Libur Nataru, Penumpang Terminal Rajabasa akan Naik 6-10 PersenTerminal Rajabasa. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Kepala Operasional Terminal Rajabasa, Wayan Mirna menyampaikan pihak terminal juga tak hanya mempersiapkan dalam segi teknis atau armada saja tapi juga karyawannya.

“Seperti sopir, kita ada cek kesehatan karena mereka kan yang menjalankan bus-bus penumpang. Kemarin kita dari dinas kesehatan untuk memeriksa staminasi atau keadaan supir,” katanya.

Sedangkan untuk armada, meski bukan Nataru, pihaknya juga melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin untuk semua armada yang akan beroperasi ke bengkel sehingga tidak perlu ada yang dikhawatirkan.

4. Syarat perjalanan hanya untuk menyeberang kapal saja

Libur Nataru, Penumpang Terminal Rajabasa akan Naik 6-10 PersenTerminal Rajabasa. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Terkait harga tiket, Wayan mengatakan sampai saat ini harga tiket cenderung stabil atau tetap. Sehingga belum terlihat ada kenaikan harga. Bahkan ia mengatakan kemungkinan saat libur Nataru nanti pun tidak ada kenaikan.

“Untuk harga tiket tidak ada kenaikan. Untuk Nataru juga kita harga normal saja tidak ada kenaikan. Kalau persyaratan itu mungkin yang mau menyeberang saja sih, mulai tanggal 22 Desember 2022 itu dari Pulau Jawa ke sini harus mencantumkan NIK itu saja,” katanya.

Baca Juga: Ini Titik Pengalihan Arus Lalu Lintas Saat Nataru di Pringsewu

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya