Kasus COVID-19 Tinggi, tapi Wisata Kuliner UMKM Balam Tetap Buka 

Pedagang UMKM diminta untuk suntik booster

Bandar Lampung, IDN Times - Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana akan tetap membuka Taman Wisata Kuliner UMKM Bung Karno di Jalan Gatot Subroto namun dengan pembatasan.

Hal itu disampaikan Eva Dwiana ketika diwawancarai di Gedung Semergou Kantor Pemkot setempat, Senin (7/2/2022).

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan mengingat kasus COVID-19 yang terus bertambah baik di Kota Bandar Lampung maupun di Provinsi Lampung. "Ini salah satu upaya kita mengurangi interaksi tapi kita juga ingin pedagang tetap bisa mendapatkan penghasilan," katanya.

1. Pedagang UMKM diminta suntik booster

Kasus COVID-19 Tinggi, tapi Wisata Kuliner UMKM Balam Tetap Buka Masyarakat Kota Semarang mendapatkan vaksinasi booster di sentra vaksinasi Tentrem Mal Semarang, Senin (17/1/2022). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Eva akan mengajak peserta UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) khususnya di Taman UMKM Bung Karno Jalan Gatot Subroto untuk vaksinasi booster.

“Bunda nanti akan minta Dinas Perindustrian Kota Bandar Lampung untuk ajak peserta UMKM segera datang ke puskesmas terdekat supaya bisa divaksin. Tinggal bilang saja dari UMKM dan jualan apa nanti dilayani,” kata

Ia meminta masyarakat untuk vaksin di puskesmas atau sentra vaksinasi di Bandar Lampung saja untuk menghindari kerumunan. “Sengaja ini kita minta ke puskesmas kecamatan masing-masing saja, kalau dikumpulkan di satu tempat takutnya ramai,“ ujarnya.

Baca Juga: Dinkes Konfirmasi Temukan 5 Kasus Varian Omicron di Lampung

2. Eva tetap minta masyarakat tidak lengah prokes

Kasus COVID-19 Tinggi, tapi Wisata Kuliner UMKM Balam Tetap Buka Simulasi tata cara prokes saat pilkada. (Dok. Banyuwangi)

Meski begitu, ia mengimbau masyarakat untuk tetap terus menggunakan protokol kesehatan khususnya masker walau sudah divaksin booster sekalipun.

“Bunda juga minta masyarakat untuk jangan lengah, tetap pakai protokol kesehatan. Jangan remehkan COVID-19 apapun itu variannya, baik yang biasa maupun omicron,” ungkapnya.

3. Ada kegiatan di Taman UMKM ditiadakan

Kasus COVID-19 Tinggi, tapi Wisata Kuliner UMKM Balam Tetap Buka Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana sedang di Taman Wisata Kuliner UMKM Bung Karno. (IDN Times/Istimewa).

Kepala Dinas Perindustrian Kota Bandar Lampung, Adiansyah mengatakan sampai saat ini kegiatan UMKM Bung Karno di Jalan Gatot Subroto masih terus berjalan seperti biasa.

“Kegiatan UMKM masih berjalan, tapi langkah antisipasi kita yaitu dengan meniadakan kegitan yang berpotensi kerumunan,” katanya.

Potensi kerumunan yang dimaksud oleh Adiansyah antara lain kegiatan senam bersama dan pembagian doorprize yang memang setiap minggu selalu diadakan. “Pastinya kegiatan wisata kuliner ini akan menyesuaikan dengan situasi COVID-19 dan kita juga menunggu arahan dari Kepala Satgas yaitu Bu Wali kota,” ujarnya.

4. Sentra vaksinasi di Taman UMKM buka tiap akhir pekan

Kasus COVID-19 Tinggi, tapi Wisata Kuliner UMKM Balam Tetap Buka ilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Begitupun ketika mengunjungi Taman UMKM Bung Karno, Adiansyah juga mengimbau masyarakat untuk menaati protokol kesehatan.

“Kita kan ada juga sentra vaksinasi di Taman UMKM dan itu terus buka tiap Sabtu dan Minggu, makanya kalau ada masyarakat yang belum vaksin langsung saja ke sentra vaksin di Taman UMKM,” imbuhnya.

Lanjutnya, sentra vaksinasi di Taman UMKM ini juga menyediakan vaksinasi mulai untuk dosis pertama sampai ketiga.

Baca Juga: Semula 7 Kecamatan, Pemkot Bandar Lampung Tambah Lokasi Pasar Murah

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya