Intip Keseruan Lampung Craft dan Festival Kuliner 2024!

Catat jadwal dan informasi lainnya!

Intinya Sih...

  • Pemerintah Provinsi Lampung menyelenggarakan pameran kriya dan kain khas Lampung dalam Lampung Craft dan Festival Kuliner Lampung 2024.
  • Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengatakan Lampung Craft ke-5 kali ini mengambil tema Bumei Tuwah Bepadan The Aesthetics of East Lampung (Lampung Timur).
  • Pemerintah Provinsi Lampung juga saat ini sedang berupaya untuk memfasilitasi perajin di Lampung mulai dari akses sampai pembiayaan. Begitupun dengan pelatihan-pelatihan dan studi banding.

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Lampung menyelenggarakan pameran kriya dan kain khas Lampung dalam Lampung Craft dan Festival Kuliner Lampung 2024.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengatakan Lampung Craft ke-5 kali ini mengambil tema Bumei Tuwah Bepadan The Aesthetics of East Lampung (Lampung Timur).

Dalam pembukaan acara, ditampilkan tarian khas Lampung Timur yang sempat menjadi salah satu tarian dalam Peringatan HUT RI ke-77 yakni Tari Cetik Kipas Melinting. Kemudian juga ada pengenalan batik khas Lampung Timur dengan motif lada dan kipas.

Baca Juga: Polisi Tetapkan 8 DPO Imbas Tawuran Tewaskan Pelajar di Bandar Lampung

1. Pameran sebagai media promosi dan memajukan perekonomian daerah

Intip Keseruan Lampung Craft dan Festival Kuliner 2024!Lampung Craft 2024. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Riana mengatakan, pameran kerajinan ini juga merupakan sarana promosi. Harapannya, Lampung Craft juga dapat berdampak baik untuk kemajuan UMKM dan perekonomian di Lampung.

“Tapis sudah dikenal masyarakat luas sebagai kerajinan Lampung. Terlebih kain Tapis Lampung tak hanya dikenal di tingkat nasional tapi juga internasional. Tapis selain tapis, masih banyak kerajinan dari Lampung juga yang perlu dikenal,” katanya, Selasa (7/5/2024).

Pemerintah Provinsi Lampung juga saat ini sedang berupaya untuk memfasilitasi perajin di Lampung mulai dari akses sampai pembiayaan. Begitupun dengan pelatihan-pelatihan dan studi banding.

2. Waktu pelaksanaan Lampung Craft dan Festival Kuliner 2024

Intip Keseruan Lampung Craft dan Festival Kuliner 2024!Lampung Craft 2024. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Lampung Craft dan Festival Kuliner 2024 digelar selama lima hari mulai 7-11 Mei 2024 di Graha Wangsa. Kegiatan ini terbuka untuk umum sehingga masyarakat boleh datang ke pameran kerajinan maupun festival kuliner.

Ada lebih dari 42 stand dari pameran kerajinan 15 kabupaten/kota Provinsi Lampung, UMKM di Lampung, dan stand kuliner makanan dan minuman.

Tak hanya pameran, juga ada beberapa kegiatan menarik lain seperti lomba cerita, live musik, permainan, fashion show desainer muda Lampung, dan talk show UMKM Lampung.

3. Tenant kuliner di Festival Kuliner 2024

Intip Keseruan Lampung Craft dan Festival Kuliner 2024!Festival Kuliner 2024. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Beberapa tenant kuliner menarik di dalam festival di antaranya ada kelompok makanan berat, camilan, dan minuman. Beberapa di antaranya seperti nasi gudeg, mie yamin, nasi bakar, mie ayam, sampai mie bangladesh.

Sementara untuk tenant camilan ada bola ubi, chicken pop, pempek, siomay, dimsum, donut, roti bakar, tekwan, takoyaki, okonomiyaki, steak, sando, pancake, sampai es durian.

Di festival kuliner ini juga disediakan tempat makan yang cukup nyaman dengan kanopi. Juga tersedia fasilitas umum seperti toilet, musala, dan tempat parkir.

Baca Juga: Keji! Pasangan Kekasih di Lampung Buang Bayi Hasil Hubungan Luar Nikah

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya