Ini Beberapa Prioritas Jalan Bandar Lampung akan Dibenahi Awal 2023

Total ada 10 jalan kota dan 200 jalan lingkungan

Bandar Lampung, IDN Times - Perbaikan jalan kota dan lingkungan memang merupakan program rutinan dari Pemerintah Kota Bandar Lampung. Itu dikarenakan pengerjaannya dilakukan kontinyu sepanjang tahun.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan mengatakan, program ini pun menjadi salah satu fokus Dinas PU untuk meningkatkan kualitas pelayanan pemda pada masyarakat.

“Ada beberapa jalan nanti kita cek di lapangan dulu untuk perbaikan di 2023. Itu ada Jalan Raden Saleh (Tanjung Senang), Ratu Dibalau dan Jalan Pulau Singkep (Sukarame),” katanya, Rabu (11/1/2023).

Baca Juga: JPO Aestetik Ala Thamrin akan Dibangun di Pusat Kota Bandar Lampung

1. Pembenahan jalan sepanjang 1 kilometer

Ini Beberapa Prioritas Jalan Bandar Lampung akan Dibenahi Awal 2023Ilustrasi jalan lingkungan di Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Ia mengatakan, prioritas Dinas PU di awal tahun terhadap Jalan Singkep juga merupakan upaya pemda untuk merapikan jalanan kota. Sehingga pemda ingin meneruskan jalan di sana.

“Jalannya nanti kita cek dulu. Mungkin kita akan bangun panjangnya sekitar 1 kilometer dulu. Bertahap ya karena yang perlu diperbaiki tidak di sana saja. Untuk titiknya akan saya cek dulu,” katanya.

Begitupun untuk Jalan Ratu Dibalau dan Raden Saleh. Pihaknya masih akan melakukan pengecekan terlebih dahulu titik mana yang akan diperbaiki untuk ditambal sulam.

2. Selain itu ada 200 target jalan lingkungan dibenahi

Ini Beberapa Prioritas Jalan Bandar Lampung akan Dibenahi Awal 2023Jalan di Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Iwan mengatakan, rencananya dinas PU juga akan melakukan pekerjaan jalan kota dan lingkungan secara penuh pada 2024. Ia berharap, hal itu dapat terealisasi dengan baik dan lancar.

Ia juga menyampaikan, 2023 Dinas PU menargetkan pembenahan di sebanyak 200 ruas jalan di Kota Bandar Lampung. Hal ini dilakukan secara bertahap sampai akhir tahun nanti sehingga masyarakat diminta untuk bersabar.

“Kita dapat informasi jalanan rusak itu dari laporan kelurahan atau kecamatan, pengecekan jalan secara berkala, dan salah satunya lewat media. Kalau di 2022 itu kita total sudah mengerjakan sekitar 150 jalan dengan anggaran sekitar 40 miliar,” jelasnya.

3. Anggaran pembangunan Kota Bandar Lampung

Ini Beberapa Prioritas Jalan Bandar Lampung akan Dibenahi Awal 2023Ilustrasi Anggaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Ia mengatakan, meski perbaikan ruas jalan lingkungan ada banyak, untuk jalanan kota tidak terlalu banyak yakni hanya sekitar 10 ruas jalan saja. Jalan kota adalah jalan protokol menghubungkan antar pusat pelayanan di dalam kota.

Ia mengatakan untuk anggaran perbaikan jalan kota adalah Rp20 miliar. Sedangkan jalan lingkungan Rp80 miliar, dua kali lipat dari anggaran jalan lingkungan tahun sebelumnya.

“Kalau drainase itu sekitar 20 M (miliar), dan titik drainasenya itu di semua wilayah Bandar Lampung di 20 kecamatan. Titik itu kita dapatkan dari data lokasi banjir di Bandar Lampung dan dari musrenbang,“ imbuhnya.

Baca Juga: 200 Ruas Jalan Bandar Lampung Bakal Diperbaiki 2023, Biaya Rp80 Miliar

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya