Informasi Penting Arus Balik Lebaran 2024 Jalur Kapal Laut Lampung

Tegur regulator dan operator tak cekatan

Intinya Sih...

  • Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan informasi terkait arus balik mudik lebaran 2024 di Lampung Selatan.
  • Pelabuhan Panjang akan berfungsi sebagai pelabuhan penyeberangan arus balik dengan tiga kapal dioperasikan setiap hari.
  • Budi mengimbau regulator dan operator agar lebih cekatan dalam menjalankan operasinya, serta menyoroti penggunaan truk tiga sumbu untuk arus balik Lebaran 2024.

Lampung Selatan, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan beberapa informasi penting terkait arus balik mudik lebaran 2024. Khususnya untuk penyeberangan dari Bakauheni dan Panjang ke Merak dan Ciwandan.

Hal ini ia sampaikan usai melakukan Rapat Koordinasi Penanganan Arus Balik Penyeberangan dari Bakauheni dan Panjang ke Merak dan Ciwandan 2024 dengan stakeholder terkait di Polda Lampung, Jumat (12/4/2024).

“Pertama saya mengapresiasi kapolda dan gubernur yang mengadakan rapat hari ini dan memberikan satu inisiasi penting yaitu menerapkan area red, yellow, and green pada Bakauheni, serta delay system untuk arus balik 2024,” katanya.

Baca Juga: Arus Balik, Delay System Diterapkan di Tol dan Jalan Arteri Lampung

1. Pemudik motor diimbau menyeberang lewat Pelabuhan Panjang

Informasi Penting Arus Balik Lebaran 2024 Jalur Kapal Laut LampungPelabuhan Panjang Bandar Lampung melayani penyeberangan arus balik bagi pemudik sepeda motor menuju Pelabuhan Ciwandan Banten terhitung, Jumat (12/4/2024). (IDN Times/Martin L Tobing).

Budi mengatakan, Pelabuhan Panjang akan berfungsi sebagai pelabuhan penyeberangan arus balik, sama seperti tahun lalu. Akan ada tiga kapal yang dioperasikan dengan waktu berangkat pukul 12.00, 14.00, dan 16.00 WIB dan asumsi panjang perjalanan 6 jam.

“Ini penting untuk diinformasikan pada masyarakat Lampung khususnya bagi warga yang tinggal di Bandar Lampung. Karena tentunya lebih efisien dan tidak perlu ke Bakauheni. Di Panjang itu diperuntukan untuk roda dua dan pickup (truk kecil),” jelasnya.

2. Tegur regulator dan operator tak cekatan

Informasi Penting Arus Balik Lebaran 2024 Jalur Kapal Laut LampungPelabuhan Panjang Bandar Lampung melayani penyeberangan arus balik bagi pemudik sepeda motor menuju Pelabuhan Ciwandan Banten terhitung, Jumat (12/4/2024). (IDN Times/Martin L Tobing).

Terkait regulator dan operator, Budi mengimbau jika ada regulator atau operator yang tidak cekatan harus ditegur agar pola operasinya lebih baik. Ia sudah menugaskan ASDP untuk membuat plan A sampai C agar pergerakan kapal berjalan mulus dan tak ada gangguan.

Selain itu, ia juga sudah meminta percepatan SPB (Surat Perintah Berlayar) oleh tim dari Kemenhub. Sehingga Kapolda Lampung hanya perlu mengawasi dan memerintahkan untuk mempercepat apabila terjadi keterlambatan.

3. Larangan truk tronton menyeberang pada arus balik 2024

Informasi Penting Arus Balik Lebaran 2024 Jalur Kapal Laut LampungSuasana Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (6/4/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Budi juga menyoroti truk tiga sumbu (tronton) untuk arus balik Lebaran 2024. Ia menegaskan, truk tiga sumbu ini tidak boleh jalan. Walaupun membawa sembako, jika ingin perjalanan via jalur penyeberangan laut tidak menggunakan truk jenis itu, tapi dengan sumbu lebih kecil.

"Saya ingin konsistensi kita. Kalau tetap mau jalan ya jangan pakai truk tiga sumbu. Karena itu akan mengganggu perjalanan (mudik),” ujarnya.

Ia berharap tagline “Mudik Ceria Penuh Makna”di Indonesia khususnya arus balik di Lampung dapat berjalan dengan lancar jika informasi ini tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

Baca Juga: Jadwal Kapal Pelabuhan Panjang, Layani Arus Balik Roda Dua ke Ciwandan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya