Hingga Juni 2023, Lebih dari 945 Ribu Orang Berlibur ke Bandar Lampung

2.042 orang di antaranya adalah wisatawan mancanegara

Bandar Lampung, IDN Times - Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Bandar Lampung mencatat ada lebih dari 945 ribu wisatawan domestik dan mancanegara melancong ke Kota Tapis Berseri hingga Juni 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Bandar Lampung, Ariyawan mengatakan angka tersebut cukup tinggi mengingat target kunjungan wisatawan Bandar Lampung tahun ini mencapai 22 juta pengunjung.

“Sejak Januari hingga Juni (2023) itu total 945.950 (orang), nyaris satu juta. Saya kira kita bisa penuhi target itu apalagi libur sekolah di Juli juga belum kita rekap jadi kemungkinan akan lebih dari itu,” kata Ariyawan, Rabu (30/8/2023).

Baca Juga: Sakit Jantung, Polda Lampung Tetap Lanjut Selidiki Kematian Siswa SPN

1. Wisatawan asing mencapai 2.042 orang

Hingga Juni 2023, Lebih dari 945 Ribu Orang Berlibur ke Bandar LampungGlamping Wira Garden. (Google Review/Sigit Agus Saputra)

Ariyawan menjelaskan, jumlah wisatawan domestik atau wisatawan Indonesia dari luar Lampung berjumlah 943.908 orang. Sedangkan wisatawan asing sebanyak 2.042 orang.

“Domestik ini maksudnya wisatawan orang Indonesia dari seluruh daerah di luar Lampung. Wisatawan domestik atau nusantara terbanyak ini ada di bulan Januari yaitu sebanyak 228.745 pelancong. Sedangkan yang paling sedikit itu ada di Bulan April, 112.119 pelancong,” jelasnya.

Untuk wisatawan asing, Ariyawan mengatakan jumlah kunjungan terbanyak juga berada di bulan Januari yakni sebanyak 599 pelancong. Sedangkan kunjungan terendah ada di Bulan April sebanyak 173 pelancong.

2. Hari libur nasional tidak selalu jadi patokan banyaknya jumlah wisatawan

Hingga Juni 2023, Lebih dari 945 Ribu Orang Berlibur ke Bandar LampungPuncak Mas, salah satu tempat wisata di Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Tingginya jumlah wisatawan pada Januari 2023 ini kemungkinan disebabkan karena banyaknya hari libur di bulan tersebut seperti hari libur tahun baru nasional, tahun baru Islam, tahun baru China, dan terdapat lima hari minggu dalam satu bulan.

Meski demikian, ia mengatakan hari libur setiap orang tidak bisa digeneralisasi menggunakan tanggal merah nasional sebagai acuan karena setiap orang memiliki kondisi dan hari libur berbeda-beda.

“Memang kita juga tidak bisa prediksi jumlah wisatawan tiap bulannya itu ada berapa karena masih banyak faktor lain diluar tanggal merah. Misalnya tiap orang kan tidak melulu punya hari libur yang sama, ada yang freelancer, ada yang WFH (Work From Home), WFA (Work From Anywhere), jadi waktu plesirannya juga berbeda,” katanya.

3. Pemkot akan terus promosikan destinasi wisata untuk capai target

Hingga Juni 2023, Lebih dari 945 Ribu Orang Berlibur ke Bandar LampungKepala Dinas Pariwisata Bandar Lampung, Ariyawan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Ariyawan juga optimistis jumlah wisatawan di 2023 akan meningkat khususnya di akhir tahun nanti. Ia juga mengatakan meski Bandar Lampung bukan menjadi lokasi utama wisata alam, ibu kota ini selalu menjadi tempat singgah wisatawan untuk dinikmati produk dan jasanya.

“Tapi jangan lupa kita juga punya banyak wisata yang tidak kalah bagus dari daerah lain, kita punya Lembah Hijau, Puncak Mas, objek wisata buat foto-foto, Lampung Walk, terus yang terbaru ada Farmday, dan banyak lagi,” paparnya.

Ia mengatakan, Pemkot juga tak berhenti untuk terus mempromisikan destinasi wisata di Bandar Lampung. Sehingga target 2,19 juta wisatawan domestik dan 10 wisatawan mancanegara segera tercapai.

Baca Juga: Selebgram Palembang APS Diduga Terima Aliran Dana Transaksi Narkoba

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya