Flyover Untung Suropati Ambles, Pemkot: Sering Dilalui Mobil Besar

Flyover langsung diperbaiki malam harinya

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandar Lampung langsung memperbaiki Flyover Untung Suropati setelah mengalami ambles dibeberapa bagiannya, Rabu (8/11/2023) malam.

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan mengatakan setelah pihaknya mengetahui amblesnya flyover tersebut langsung dilakukan pengecekan dan tambal sulam di daerah amblesan.

“Tadi malam langsung dikerjakan yang di atas flyover, termasuk jalan di samping flyover,” katanya ketika diwawancarai IDN Times, Kamis (9/11/2023).

Baca Juga: Badan Karantina Hadirkan 6 Aplikasi Inovasi Layanan Digitalisasi

1. Jalan terindikasi dilalui angkutan besar sehingga ambles

Flyover Untung Suropati Ambles, Pemkot: Sering Dilalui Mobil BesarDi bawah Flyover Untung Suropati. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Ditanya terkait penyebab amblesan terjadi, Iwan mengatakan flyover tersebut terindikasi dilewati oleh mobil-mobil besar menuju ke luar jalan kota sehingga membuat aspal melengkung.

“Flyover itu kan terindikasi dilewati oleh mobil-mobil besar yang menuju ke luar kota, sehingga aspalnya melengkung. Tapi itu langsung kita perbaiki kok dan hari ini sudah selesai,” ujarnya.

Diketahui Flyover Untung Suropati dibangun pada 2019 lalu tersebut memiliki masa umur sekitar 40 tahun. Sehingga flyover itu diperkirakan masih layak berdiri hingga 2059 mendatang.

2. Pemkot anggarkan Rp1 miliar untuk pemeliharaan

Flyover Untung Suropati Ambles, Pemkot: Sering Dilalui Mobil BesarSekda Bandar Lampung, Iwan Gunawan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Iwan menjelaskan, pihaknya pun selalu menganggarkan untuk perawatan jalan-jalan kota termasuk flyover setiap tahunnya sebesar Rp1 miliar.

“Anggaran untuk pemeliharaan ini ada macam-macam seperti pengadaan HRS untuk tambal sulam, ada bahan dan material. Kira-kira di atas Rp1 miliar,” imbuhnya.

Pemeliharaan tersebut berupa pemeliharaan jalan aspal di flyover dan sekitarnya serta beton penyangga jembatan layang. Iwan menyebutkan, jika terdapat lubang atau amblas seperti flyover Untung Suropati tersebut maka akan langsung ditambal sulam.

3. Aspal Jalan Untung Suropati mudah sekali rusak

Flyover Untung Suropati Ambles, Pemkot: Sering Dilalui Mobil BesarJalan Untung Suropati sebelum diperbaiki. (IDN Times/Istimewa)

Diketahui jalan di atas dan di bawah Flyover Untung Suropati mengalami ambles di beberapa bagian. Seperti disampaikan oleh Ade, salah satu warga di sekitar Jalan Untung Suropati. Ia mengatakan jalan tersebut memang sudah cukup lama rusak.

Namun jalanan tersebut juga sering diperbaiki sehingga aspal di flyover itu dinilai cepat mudah rusak. Selain itu jalan tersebut juga cukup berbahaya khususnya bagi pengendara sepeda motor.

“Bahaya banget sih karena takutnya kalau ada sepeda motor lewat gak tahu jalannya begitu ngebut terus jatoh. Atau pas mobil besar lewat takutnya nyangkut aja sih bannya. Kalau kecelakaan besar sih sepertinya belum pernah ada ya,” katanya. 

Baca Juga: Sidang Putusan Sela AKP Andri Gustami, Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya