Diserbu Pemudik, Tiket Kereta Api Lampung-Palembang hingga 1 Mei Habis

Tidak ada penambahan gerbong

Bandar Lampung, IDN Times - Diserbu pemudik, tiket kereta api tujuan Kertapati dari Stasiun Tanjungkarang sejak 26 April hingga 1 Mei 2022 terjual habis. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Stasiun Tanjung Karang, Johong Andono saat dihubungi, Kamis (28/7/2022).

“Kalau dibilang ada lonjakan penumpang atau tidak sebenarnya biasa saja tidak terlalu banyak. Tapi memang penjualan tiket untuk 26 April sampai 1 Mei itu sudah habis sejak kemarin-kemarin,” kata Johong.

Jumlah penumpang dari Tanjungkarang menuju Kertapati pada 27 April 2022 mencapai 693 penumpang. Itu melebihi jumlah TD (tempat duduk) yang total okupansinya hanya 530 TD.

Baca Juga: H-4 Lebaran, Belum Ada Lonjakan Penumpang di Terminal Rajabasa

1. Tiket jurusan Baturaja juga sudah habis hari ini

Diserbu Pemudik, Tiket Kereta Api Lampung-Palembang hingga 1 Mei HabisStasiun Kereta Api Tanjung Karang. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Berbeda dengan Jurusan Kertapati, Kereta Jurusan Baturaja masih banyak slot sampai Rabu (26/4/2022). Namun hari ini, sama seperti jurusan Kertapati hingga tanggal 1 Mei tiket sudah habis.

“Jurusan Baturaja ini kalau untuk hari kerja masih ada kemarin, tapi untuk tiket-tiket weekend itu sejak siang juga sudah banyak yang habis,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, untuk keberangkatan dari Stasiun Tanjungkarang ini tidak ada penambahan gerbong lagi. Sehingga masyarakat yang tidak kebagian tiket bisa memilih hari yang masih kosong atau berpergian menggunakan moda transportasi lain.

2. Jumlah penumpang

Diserbu Pemudik, Tiket Kereta Api Lampung-Palembang hingga 1 Mei HabisStasiun Kereta Api Tanjung Karang. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Sejak 22-27 April 2022, jumlah penumpang tertinggi untuk semua tujuan dan keberangkatan ada pada 27 April 2022 yaitu sebanyak 1.918 penumpang, atau 74 persen dari total tempat duduk.

Terlihat dari grafik data volume penumpang angkutan lebaran 1443 Hijriah, jumlah penumpang fluktuatif. Jumlah penumpang berturut-turut sejak 22 April hingga 27 April 2022 adalah 1.358, 1.603, 1.891, 1.380, 1.666, dan 1.918 penumpang.

Sehingga perhitungan kumulatif jumlah penumpang kereta api berangkat dari Stasiun Kereta Api Tanjungkarang sejak 22-27 April 2022 ada sebanyak 9.816 penumpang. 

3. Pemudik sudah mempersiapkan pembelian tiket dari jauh hari

Diserbu Pemudik, Tiket Kereta Api Lampung-Palembang hingga 1 Mei HabisStasiun Kereta Api Tanjung Karang. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Sementara itu, salah seorang pemudik asal Natar yang hendak menuju Baturaja mengatakan dirinya sudah jauh hari membeli tiket sehingga masih kebagian tempat duduk.

“Saya memang sudah ada rencana pulang hari ini, jadi beli online dan enggak susah sih dapatnya, masih kebagian,” kata Meri yang hendak mudik ke rumah orang tuanya bersama empat saudaranya.

Meri mengaku, sudah 2 tahun tidak pulang ke rumah karena selama dua tahun PPKM masyarakat tidak diperbolehkan mudik lebaran. “Baru tahun ini saja kan boleh (mudik). Saya lebih suka naik kereta soalnya akses lebih mudah dibanding naik jalur darat (bus atau mobil),” imbuhnya.

Baca Juga: 29 April Puncak Arus Mudik Bandara Radin Inten II, Ada Posko Terpadu

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya