Camat di Bandar Lampung Tunjuk Seorang Plt RT Picu Keributan Warga

Semua pihak telah dimediasi oleh DPRD

Bandar Lampung, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandar Lampung menerima laporan adanya kericuhan akibat penolakan warga terhadap penunjukan plt Ketua RT oleh camat setempat.

Ketua Komisi I DPRD Kota Bandar Lampung, Sidik Effendi mengatakan kericuhan ini terjadi antara pihak warga RT 06 Lingkungan 1 Kelurahan Campang Raya, Kecamatan Sukabumi, Bandar Lampung.

“Kita menerima laporan ini dan tadi pagi kita sudah mediasi semua pihak dari mulai warga, RT, lurah. Termasuk dari pemkot tadi ada inspektorat juga,” katanya, Senin (12/6/2023).

Baca Juga: Cerita Kadisdukcapil Febriana, Masuk 4 Kampus Berbeda Termasuk IPDN

1. Kronologi kejadian

Camat di Bandar Lampung Tunjuk Seorang Plt RT Picu Keributan WargaKetua Komisi I DPRD Kota Bandar Lampung, Sidik Effendi. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Sidik menceritakan, kericuhan ini bermula dari adanya penundaan proses pemilihan RT di RT 06, Campang Raya. Dikarenakan masa jabatan RT lama sudah berakhir, camat setempat malah menunjuk seorang plt RT dan bukannya melaksanakan pemilihan RT baru.

“Setelah dibuat plt itu, masa-masa menjelang pemilihan RT ini malah timbul keributan, sampai lapor melapor antar warga. Intinya warga itu meminta kepada pemerintah untuk cepat diadakan pemilihan RT saja,” jelasnya. 

Diketahui, pemilihan RT ini juga telah diatur dalam Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 80 Tahun 2012 tentang Pembentukan Rukun Tetangga Bandar Lampung. Di mana warga berhak memilih RT nya sendiri melalui proses demokrasi.

2. Pemilihan RT diadakan satu bulan setelah hearing

Camat di Bandar Lampung Tunjuk Seorang Plt RT Picu Keributan WargaIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Sidik melanjutkan, setelah diadakan rapat dengar pendapat (hearing) dari semua pihak, akhirnya semua sepakat agar pemilihan RT dilakukan paling cepat satu bulan setelah hearing ini dilakukan.

“Hasilnya jadi kita semua sepakat bahwa satu bulan paling cepat mereka akan mengadakan pemilihan. Apapun hasilnya nanti semuanya harus bersepakat dan menghargai proses dari hasil pemilihan itu termasuk warga,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam pemilihan tersebut kemungkinan akan ada dua calon RT. Namun ia bersyukur permasalahan ini dapat diselesaikan dengan kepala dingin dan berharap pemilihan dapat berjalan lancar.

3. DPRD mengingatkan agar lurah dan camat tidak bertindak sembarangan memilih plt RT

Camat di Bandar Lampung Tunjuk Seorang Plt RT Picu Keributan WargaGedung DPRD Kota Bandar Lampung. (dprd-bandarlampung.go.id)

Sidik mengatakan, ia juga tidak mengerti kenapa camat tersebut bisa menunjuk seseorang untuk menjadi Plt RT. Sehingga ia mengingatkan kepada lurah dan camat lain di Bandar Lampung agar tidak sembarangan bertindak.

“Kita juga gak tahu sih itu dalilnya apa sampai ada plt itu. Apalagi kondisinya tidak kondusif seperti itu. Maka pemilihan ini satu-satunya solusi dan telah disepakati,” tambahnya.

Sidik juga menyampaikan selama satu bulan ini akan mulai dilakukan pembentukan panitia pemilihan dan masyarakat harus menghormati apapun hasil dari pemilihan tersebut.

Baca Juga: Fenomena Pindah KK Jelang PPDB, DPRD: Lurah Harus Cermat Beri Surat

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya