Beli Tiket Kapal Online Ferizy Maksimal 2,41 KM dari Pelabuhan

Ingat! Belum beli tiket tidak bisa masuk pelabuhan

Intinya Sih...

  • Masa berlaku tiket cukup panjang 24 jam
  • Persiapkan diri untuk delay system karena kapasitas pelabuhan sangat terbatas
  • Pengemudi diimbau beristirahat minimal 4 jam untuk menghindari kelelahan

Lampung Selatan, IDN Times - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengingatkan pemudik akan menyeberang menggunakan kapal dari Lampung ke Pulau Jawa untuk membeli tiket kapal secara online maksimal 2,41 km dari gerbang pelabuhan.

Hal ini ia sampaikan usai melakukan Rapat Koordinasi Penanganan Arus Balik Penyeberangan dari Bakauheni dan Panjang ke Merak dan Ciwandan 2024 dengan stakeholder terkait di Mako Polda Lampung, Jumat (12/4/2024).

“Karena tidak ada penjualan tiket di pelabuhan. Hanya di 2,41 km baru bisa beli tiket. Artinya kalau belum beli tiket tidak bisa masuk pelabuhan. Kalau ada yang lolos, akan diputar balikan dan diminta membeli di titik 2,41 km,” katanya.

Baca Juga: Diprediksi Ada 15.600 Pemudik Tambahan Arus Balik Pelabuhan Lampung

1. Masa berlaku tiket cukup panjang 24 jam

Beli Tiket Kapal Online Ferizy Maksimal 2,41 KM dari PelabuhanJam alaram meja analog. Pexels/(Aphiwat chuangchoem) = Pexels/Burst

Aan mengatakan, pihak ASDP menginformasikan masa berlaku reservasi tiket kapal cukup panjang yakni 24 jam. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir tiket akan hangus.

“Kami dapat informasi dari ASDP bahwa masa berlaku tiket ini cukup panjang. Jadi segera reservasi tiketnya karena tidak hangus selama 24 jam, jadi toleransinya sangat panjang,” ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada pemudik menggunakan kendaraan umum atau sewa, pastikan kendaraannya resmi. Karena kalau tidak resmi pemerintah dan kepolisian tidak akan bisa menjamin kendaraan itu laik jalan atau tidak.

2. Masyarakat harus bersiap untuk delay system

Beli Tiket Kapal Online Ferizy Maksimal 2,41 KM dari PelabuhanPenampakan antrean kendaraan di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni pada H-3 Lebaran 2024 sekitar pukul 11.45 WIB. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Selain itu, Aan mengatakan agar pemudik harus mempersiapkan diri untuk delay system. Hal ini diperlukan karena kapasitas pelabuhan sangat terbatas artinya petugas akan mengatur jalannya kendaraan dari mulai rest area terdepan dan seterusnya sampai 5 rest area terdekat gerbang pelabuhan.

“Sehingga apabila ada delay system atau pengalihan kendaraan oleh petugas ke rest area, tidak perlu bingung atau bertanya-tanya ada apa. karena sistemnya memang seperti itu saat terjadi penumpukan kendaraan,” jelasnya.

Ia menambahkan petugas akan mengatur sedemikian rupa agar kendaraan di rest area terdekat bisa masuk saat pelabuhan kosong. Sementara kendaraan di rest area satu bisa berpindah ke rest area terdekat selanjutnya.

3. Pengemudi diimbau beristirahat minimal 4 jam

Beli Tiket Kapal Online Ferizy Maksimal 2,41 KM dari PelabuhanIlustrasi sopir mengantuk (pexels.com/Adrien Olichon)

Aan menyampaikan, dalam evaluasi kecelakaan lalu lintas secara nasional ada penurunan sebesar 12 persen, termasuk pada tingkat fatalitas juga terjadi penurunan.

“Namun ada dua kejadian menonjol selama angleb 2024 ini dan penyebabnya adalah kelelahan dari pengemudi. Maka kami mengingatkan kepada yang akan melakukan perjalanan kembali ke Jakarta atau Sumatera stamina harus dalam keadaan fit,” katanya.

Ia mengatakan, pastikan pengemudi harus beristirahat minimal 4 jam. Jika lelah diimbau untuk langsung berhenti di rest area terdekat. Karena ada 8 rest area yang tersedia di sepanjang jalan menuju pelabuhan.

Baca Juga: Mengenal Kode Green, Yellow dan Red Delaying System Arus Balik Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya