Comscore Tracker

Beasiswa Siswa dan Mahasiswa dari Pemkot Baru Bergulir 2023

Beasiswa penuh dan dibayarkan tunai di awal sekolah

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandar Lampung baru akan mulai memberikan beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa di Kota Bandar Lampung 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Seksi Kelembagaan Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, Mulyadi Syukri, Rabu (28/9/2022). Menurutnya, hal itu dikarenakan pihaknya masih belum bisa memastikan anggaran beasiswa tersebut masuk APBD Perubahan 2022 atau APBD 2023.

“Kemungkinan 2023 nanti. Soalnya saya belum tahu di (APBD) perubahan itu dianggarkan atau tidak. Kalau di (APBD) Perubahan ada ya kita pakai disitu, kalau di (APBD) 2023 ya berarti tahun depan,”katanya.

Baca Juga: P3K Bandar Lampung Tak Digaji, Wali Kota Rapat dengan Mendagri Besok

1. Saat ini dinas pendidikan kota sedang mendata siswa berprestasi di sekolah

Beasiswa Siswa dan Mahasiswa dari Pemkot Baru Bergulir 2023Kepala Seksi Kelembagaan Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung, Mulyadi Syukri. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Meski begitu, Mulyadi mengatakan saat ini dinas pendidikan kota sedang mendata siswa berprestasi di sekolah-sekolah sebagai langkah awal untuk memudahkan penyaluran beasiswa nantinya.

“Kalau kuota itu kami belum lihat, karena kami baru tahap pendataan. Jadi saat ini mendata dari sekolah siapa-siapa yang berprestasi. Setelah itu kami baru bisa menyatakan berapa yang bisa menerima beasiswanya nanti,” jelasnya.

Sehingga untuk siswa yang memang hendak mendaftar beasiswa wali kota ini, pihaknya masih menentukan penerima dari prestasi saja. “Belum data yang detail jadi baru secara umum yaitu yang berprestasinya dulu saja,” imbuhnya.

2. Beasiswa bertujuan memacu prestasi siswa sekolah

Beasiswa Siswa dan Mahasiswa dari Pemkot Baru Bergulir 2023Siswa SMPN Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Mulyadi berhara, program ini dapat terealisasi secepatnya dan tepat sasaran dengan penilaian objektif dari pihak sekolah.

“Untuk jumlah anggarannya sendiri juga belum tahu ya, yang jelas mudah-mudahan di 2023 sudah ada karena kita sudah mulai pendataan,” ujarnya.

Ia menambahkan, adanya beasiswa ini diharapkan dapat memacu prestasi siswa karena dengan melihat siswa berprestasi mendapat prestasi akan membuat lainnya lebih giat belajar lagi.

3. Dibiayai secara penuh di awal masuk sekolah

Beasiswa Siswa dan Mahasiswa dari Pemkot Baru Bergulir 2023Mahasiswa baru 2022 di Universitas Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Diketahui Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana pada awal September 2022 lalu mengatakan Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam waktu dekat akan memberikan beasiswa kepada siswa sekolah mulai dari SMP hingga siswa SMA yang hendak masuk universitas.

Eva juga menjelaskan beasiswa ini hanya diperuntukan untuk siswa berprestasi dari bidang akademik yakni mendapat rangking 1 sampai 10 di sekolahnya.

“Pastinya (beasiswa) ini bagi masyarakat Kota Bandar Lampung. Tujuan sekolahnya juga harus negeri. Mau itu SMA, SMK, yang penting negeri. Kalau mau masuk pondok pesantren kita kasih beasiswa juga," jelasnya.

Tak hanya itu, Eva juga menyampaikan lulusan SMA berprestasi yang masuk universitas akan dibiayai kuliah di awal masuk secara langsung selama 5 tahun sehingga mahasiswa tersebut tidak perlu khawatir lagi dengan pencairan uang beasiswa.

Baca Juga: Gaji Nunggak 9 Bulan, Guru PPPK Bandar Lampung Curhat ke Hotman Paris

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya