Bazar Takjil Taman Bung Karno Bandar Lampung, Ada 37 Stan Kuliner UMKM

Stan kuliner akan terus bertambah

Intinya Sih...

  • 37 stan kuliner UMKM Bandar Lampung isi Bazar Takjil di Taman UMKM Bung Karno
  • Hanya 37 dari 250 pendaftar yang memasang payung stan, kemungkinan bertambah besok
  • Bazar takjil buka setiap hari mulai pukul 15.00 sampai 18.00 WIB, tidak menutup jalan, pedagang tidak dipungut biaya

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 37 stan kuliner dari UMKM Bandar Lampung telah mengisi Bazar Takjil di Taman UMKM Bung Karno Jalan Gatot Subroto Bandar Lampung.

Plt Dinas Perindustrian Kota Bandar Lampung Dedeh E Fauzie mengatakan, sejatinya ada 250 pendaftar dari UMKM kuliner untuk mengisi stan bazar. Namun baru 37 memasang payung stan.

“Kalau yang daftar ada 250 UMKM, yang ngambil nomor baru 115, dan yang baru terpasang (stannya) ada 37. Mungkin karena baru hari pertama ya,” kata Dedeh, Rabu (13/3/2024).

Baca Juga: Miracle of Quran: Surat An Nahl Menceritakan Proses Terbentuknya Madu

1. Stan kuliner akan terus bertambah sesuai jumlah pendaftar

Bazar Takjil Taman Bung Karno Bandar Lampung, Ada 37 Stan Kuliner UMKMBazar Takjil UMKM Bung Karno. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Dedeh mengatakan, kemungkinan mulai besok UMKM yang akan memasang stan akan bertambah mengingat sudah ada 115 UMKM mendapatkan nomor peserta bazar.

“Kalau stannya ini mereka bawa sendiri. Jadi kami hanya menyediakan tempat saja di satu sisi (deretan BPBD Provinsi Lampung). Stannya juga bongkar pasang gak boleh jika ditinggal di sini,” ujarnya.

Menanggapi adanya beberapa stan di sisi seberang, Dedeh mengatakan hal itu dikarenakan stan tersebut dipasang permanen sehingga dikecualikan dan diperbolehkan berdagang di sana.

“Kalau yang udah permanen di seberang sana kan sudah lama berjualan di situ, jadi gak bisa dipindahkan ke sini. Jadi kami biarkan saja gak papa karena memang ini kan sebenarnya pengganti UMKM yang Sabtu Minggu,” ujarnya.

2. Jadwal bazar takjil Taman UMKM Bung Karno

Bazar Takjil Taman Bung Karno Bandar Lampung, Ada 37 Stan Kuliner UMKMBazar Takjil UMKM Bung Karno. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Dedeh menjelaskan, berbeda dengan Taman UMKM Bung Karno yang hanya ada di akhir pekan, bazar takjil ini buka setiap hari mulai pukul 15.00 sampai 18.00 WIB.

“Wali kota kan memang punya program bazar takjil ini. Jadi beda dengan yang biasanya di sini Sabtu Minggu aja, kalau bazar takjil selama Ramadan ini setiap hari mulai jam 3 (sore) sampai 6 (sore),” jelasnya.

Selain itu, bazar takjil ini juga tidak menutup jalan. Stan berada di trotoar dan setengah meter jalan utama dijadikan untuk pejalan kaki dengan dibatasi oleh pembatas jalan dari dinas perhubungan.

3. Stan dagang tidak dipungut biaya

Bazar Takjil Taman Bung Karno Bandar Lampung, Ada 37 Stan Kuliner UMKMBazar Takjil UMKM Bung Karno. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Dedeh mengatakan, pedagang tidak dipungut biaya apapun untuk berdagang di bazar. Sehingga jika ada pungli yang memang menarik uang kepada penjual, maka penjual bisa melaporkannya ke dinas perindustrian.

“Gratis. Kami hanya berharap dagangan mereka laris sampai lebaran nanti. Dan semoga dengan bazar ini masyarakat yang memang membutuhkan takjil untuk berbuka bisa membeli di sini,” katanya.

Selain stan kuliner, terdapat posko kesehatan juga di bazar takjil. Posko ini bertugas untuk menyediakan pertolongan pertama kepada konsumen, penjual, atau pengguna jalan yang lewat.

Baca Juga: Baju Lebaran 2024 Koleksi Terbaru Cordy, Auto Chic dan Stunning

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya