Bawaslu Minta Warga Tak Pakai Kaus atau Atribut Kampanye saat Nyoblos

Baliho APK akan diturunkan hari ini

Intinya Sih...

  • Ketua Bawaslu Bandar Lampung mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan atribut caleg dan capres saat hari pencoblosan.
  • Pada 14 Februari, warga yang menggunakan APK akan diminta pulang oleh perwakilan Bawaslu di TPS.
  • Penertiban APK berupa baliho besar dimulai hari ini, dengan beberapa peserta pemilu melakukan pembersihan APK secara mandiri.

Bandar Lampung, IDN Times - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandar Lampung Apriliwanda mengimbau masyarakat Kota Bandar Lampung tak menggunakan baju maupun atribut caleg dan capres pada hari pencoblosan.

“Bagi masyarakat yang hendak melakukan pencoblosan di TPS nanti, tidak diperkenankan untuk memakai baju, topi, atau apapun yang fungsinya sebagai alat peraga kampanye seperti kaus bergambar caleg atau partai,” katanya usai menghadiri apel pengamanan pemilu di Pemkot Bandar Lampung, Senin (12/2/2024).

Jika pada 14 Februari 2024 terdapat warga menggunakan APK, Apriliwanda mengatakan perwakilan Bawaslu di tiap TPS akan meminta warga tersebut pulang kembali mengganti pakaiannya.

Baca Juga: Hari Pertama Masa Tenang, Bawaslu Balam Mulai Bersih-bersih APK

1. APK juga sudah tidak boleh bertebaran sejak masa tenang

Bawaslu Minta Warga Tak Pakai Kaus atau Atribut Kampanye saat NyoblosBaliho APK masih terlihat di masa tenang 2024. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Selain itu, selama masa tenang yakni 11-13 Februari 2024 peserta pemilu maupun masyarakat juga tidak diperbolehkan menggunakan atribut kampanye.

“Kalau fokus kita pada masa tenang ini pertama adalah pengawasan terkait dengan penertiban APK, kemudian terkait money politik dan hoaks,” ujarnya.

Ia menyampaikan, khusus pengawasan terhadap money politik, pihaknya telah bekerja sama dengan kepolisian dan kejaksaan dan membentuk tim agar pengawasan berjalan dengan baik sampai hari H.

2. Pencopotan baliho APK dilakukan hari ini

Bawaslu Minta Warga Tak Pakai Kaus atau Atribut Kampanye saat NyoblosBaliho APK masih terlihat di masa tenang pemilu 2024. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Apriliwanda menyebutkan, untuk penertiban APK berbentuk baliho besar akan dimulai hari ini. Sementara APK kecil sudah dilakukan pembersihan sejak kemarin (11/2/2024).

“Terkait penertiban APK ini kita lakukan dari jauh-jauh hari, kita kemarin sudah mengerahkan semua, dan hari ini kita disupport oleh mobil khusus untuk menurunkan baliho,” imbuhnya.

Ia menambahkan, sejauh ini ada beberapa peserta pemilu melakukan pembersihan APK secara mandiri tapi tidak banyak. Ia pun meminta masyarakat untuk turut membantu menertibkan APK dilingkungan sekitarnya.

3. Wali Kota Eva Dwiana akan koordinasi menertibkan APK sampai tingkat kecamatan

Bawaslu Minta Warga Tak Pakai Kaus atau Atribut Kampanye saat NyoblosKantor Satu Atap Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengatakan, pihaknya akan mengimbau kepada pihak kelurahan dan kecamatan untuk melakukan pengawasan terkait APK maupun saat hari pencoblosan.

“Kalau pengawasan di kelurahan dan kecamatan kan bawaslu. Kalau di sini ada Pol PP dan linmas yang membantu dan berkoordinasi dengan bawaslu untuk ikut menertibkan,” katanya.

Ia juga berharap sampai hari pemungutan suara pengamanan di Bandar Lampung akan berjalan lancar hingga Bandar Lampung menjadi barometer pemilu paling aman.

Baca Juga: 10 Potret Distribusi Logistik Pemilu Daerah Terpencil Pakai Gerobak Sapi

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya