Bandar Lampung Ultah ke 342, Intip Rangkaian Acaranya

Dari Begawi, lomba-lomba, sampai pawai budaya dan barongsai

Intinya Sih...

  • Pemerintah Kota Bandar Lampung menggelar berbagai kegiatan meriah dalam rangka HUT Kota Bandar Lampung ke-342, dimulai sejak 18 Mei 2024.
  • Rangkaian acara meliputi Tembang Kenangan, Begawi, Lampung Expo, dan berbagai perlombaan tradisional seperti memasak makanan dan solo song dangdut.
  • Ada pawai budaya, pawai kendaraan hias, dan penampilan barongsai sebagai bagian dari street festival serta bakti sosial operasi katarak gratis bagi warga Bandar Lampung.

Bandar Lampung, IDN Times - Bandar Lampung diketahui berdiri pada 17 Juni 1682. Pada awal keberadaanya, Bandar Lampung dulu bernama Tanjung Karang - Teluk Betung dan menjadi bagian dari Way Handal Lampung Selatan. Merujuk hal itu, Pemerintah Kota Bandar Lampung kembali menggelar acara HUT Kota Bandar Lampung 2024.

Di usianya ke 342, Pemkot Bandar Lampung menghadirkan berbagai kegiatan menarik untuk diikuti oleh warga Bandar Lampung dan sekitarnya. Kepala Dinas Pariwisata Bandar Lampung Adiansyah menyampaikan gelaran HUT Bandar Lampung tahun ini cukup meriah bahkan rangkaian acaranya sudah dimulai pada 18 Mei 2024 lalu.

Baca Juga: Dosen ITERA Kritisi Polemik Tata Ruang Permukiman di Bandar Lampung

1. Begawi, expo dan berbagai macam perlombaan tingkat kota

Bandar Lampung Ultah ke 342, Intip Rangkaian AcaranyaHUT Bandar Lampung ke 342. (Dok. Kominfo Bandar Lampung)

Adiansyah menjelaskan, rangkaian acara ini dimulai pada 18 Mei 2024 dengan kegiatan Tembang Kenangan. Lalu akan dilanjutkan dengan acara Begawi yakni perayaan khas Adat Lampung dengan berbagai penampilan kesenian khas Lampung dan lainnya.

“Nanti juga ada Lampung Expo yang memang menjadi gelaran paling menarik wisatawan ke Bandar Lampung karena disitu bakal ada festival kuliner, UMKM, ekraf, dan banyak lagi lah,” jelasnya.

Selain itu juga ada perlombaan yang bisa diikuti oleh warga Bandar Lampung di antaranya ada lomba memasak makanan tradisional, lomba solo song dangdut, sampai lomba jajanan pasar.

2. Pawai budaya dan penampilan barongsai

Bandar Lampung Ultah ke 342, Intip Rangkaian AcaranyaPawai budaya dan kendaraan hias Bandar Lampung 2022. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Selain itu, Adiansyah menambahkan juga ada kegiatan rutinan yang memang antusiasme masyarakat cukup tinggi yakni pawai budaya dan mobil hias yang diikuti dari tiap kecamatan, OPD pemkot, dan instansi lainnya.

“Ada juga pawai budaya dan pawai kendaraan hias. Ini masuknya ke rangkaian acara street festival. Terus kita juga rencananya mau tampilkan budaya China sedikit di sana dengan penampilan barongsai,”tuturnya.

Sementara untuk lokasi pawai budaya dan mobil hias ini masih akan dikoordinasikan dengan OPD lainnya seperti dinas perhubungan terkait rekayasa lalu lintas.

3. Operasi katarak gratis

Bandar Lampung Ultah ke 342, Intip Rangkaian Acaranyapenuaan menjadi salah satu penyebab katarak.(IDN Times/Foto : freepik.com)

Kemudian Pemerintah Kota Bandar Lampung juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah A Dadi Tjokrodipo dan mengadakan bakti sosial berupa operasi katarak gratis.

“Terus ada operasi katarak gratis dan kontrasepsi mantap pada wanita (MOW). Jadi warga Bandar Lampung yang memang berencana operasi katarak, bisa ikut ini gratis,” terangnya.

Untuk kegiatan operasi gratis ini, masyarakat bisa mendaftar lewat kontak 0852-6722-8665 (Hermiati), 0813-6907-7477 (Desy Yeni), dan 0857-8854-0467 (Yohana). Masyarakat hanya perlu mengisi formulir pendaftaran dan membawa KK serta KTP (Bandar Lampung).

Sebelum dilakukan operasi, nantinya akan ada proses screening pada 10-29 Juni 2024 di Poli Mata dan Poli Kebidanan RSUD A Dadi Tjokrodipo. Sementara jadwal operasinya setelah proses screening yakni di Tanggal 4-5 Juli 2024.

Baca Juga: Isu Krusial RPJPD Bandar Lampung 2025-2045, jadi Kota Metropolitan?

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya