Anies: Tak Hanya Kaum Marjinal, Kaum Mapan juga Butuh Perubahan

Anies bertemu 2.500 pejuang perubahan dan saksi AMIN Lampung

Intinya Sih...

  • Anies Baswedan optimis menang dan memperjuangkan perubahan kehidupan setara di Indonesia.
  • Bertemu 2.500 pejuang perubahan dan saksi AMIN di Provinsi Lampung, Anies berharap hasil Pemilu 2024 mencerminkan suara rakyat untuk menuju Indonesia yang lebih baik.
  • Anies menyampaikan semangat perubahan yang meluas dikalangan masyarakat yang posisinya termarjinalkan dan lemah, serta menekankan bahwa praktik ketidakadilan harus diubah agar Indonesia menjadi negara hukum.

Lampung Selatan, IDN Times - Capres nomor urut 01 Anies Baswedan optimis menang dan bisa memperjuangkan perubahan kehidupan yang setara di Indonesia.

“Optimis, dan perjuangan utama kita adalah agar keluarga-keluarga di Indonesia bisa hidup lebih mudah, bisa nabung, anak bisa sekolah, kesehatan terjamin, dan kebutuhan sehari-hari terpenuhi,” kata Anies ketika diwawancarai usai kunjungannya di Lampung dalam acara Jumpa Pejuang Perubahan dan Saksi AMIN, Minggu (14/1/2024).

Anies berharap, hasil Pemilu 2024 nanti benar-benar bisa mencerminkan suara rakyat untuk menuju Indonesia yang lebih baik. Ia juga berharap Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik sesuai aturan yang berlaku tanpa ada masalah.

Baca Juga: Datang ke Lampung, Anies Disambut Selawat dan Simbol Anime

1. Anies: tugas saksi adalah mengawal suara rakyat, bukan suara calon

Anies: Tak Hanya Kaum Marjinal, Kaum Mapan juga Butuh PerubahanAnies Baswedan di Lampung Selatan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Anies baru saja bertemu dengan sekitar 2.500 pejuang perubahan dan saksi AMIN di Provinsi Lampung. Ia juga mengatakan pengukuhan saksi disimbolkan dengan cara memasangkan topi pada beberapa perwakilan saksi per partai.

“Saya sampaikan tugas saksi bukan hanya sekadar mengamankan suara AMIN. Tapi bertugas mengawal aspirasi perubahan dari rakyat yang begitu banyak ditemui dimana-mana, yang menginginkan harga beras lebih murah, lapangan pekerjaan lebih mudah, biaya pendidikan murah. Itu semua disalurkan lewat kesempatan pilpres oleh pemilih,” jelasnya.

Ia berharap dengan saksi dan pejuang ini, masyarakat bisa ikut mengamankan pemilu. Selain itu, mengajak seluruh masyarakat untuk mengawasi dan mengawal agar memastikan suara rakyat benar-benar tercermin dalam perhitungan suara pemilu.

2. Kaum mapan juga butuh perubahan

Anies: Tak Hanya Kaum Marjinal, Kaum Mapan juga Butuh PerubahanAnies Baswedan bersama perwakilan saksi dari gen MZ dengan jaket survey corps Attack on Titan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Anies menyampaikan, semangat perubahan itu meluas dikalangan masyarakat yang posisinya termarjinalkan dan lemah. Sehingga kalangan ini ingin melihat perubahan sebagai kesempatan untuk membantu kondisi hidupnya.

“Beberapa dari mereka yang sudah mapan mungkin merasa, 'mengapa harus ada perubahan? Kemudian kita menyaksikan beberapa bulan ini, demokrasi mengalami pergeseran,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, pergeseran tersebut adalah perubahan yang juga muncul dari masyarakat mapan dan berkecukupan. Ketika dulu kaum mapan menganggap perubahan bukan hal utama sekarang mereka merespon bahwa perubahan itu memang harus ada.

3. Anies: Kekuasaan harus dikendalikan oleh hukum

Anies: Tak Hanya Kaum Marjinal, Kaum Mapan juga Butuh PerubahanAnies Baswedan mengenakan jaket pemberian saksi gen Z. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Menurut Anies, praktik-praktik ketidakadilan yang masih sering ditemui di negara ini sudah mulai menyadarkan semua orang bahwa Indonesia membutuhkan perubahan. 

Ia tidak mau Indonesia menjadi negara tidak teratur dan ingin Indonesia berjalan berdasarkan dan mengandalkan basis hukum serta keadilan dalam keberlangsungannya.

“Banyak muncul masyarakat merasa ingin ada perubahan untuk negeri ini. Agar negara ini jadi negara hukum, dimana kekuasaan dikendalikan oleh hukum, dimana meritokrasi menentukan posisi, prestasi menentukan posisi dan bukan koneksi,” katanya.

Baca Juga: Ternyata Ini Makna Gen Z Lampung Beri Jaket Attack on Titan ke Anies

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya