Anggota Brimob Lampung Gugur Ditembak di Papua Dimakamkan di Lamsel

Terjadi kontak senjata dengan kelompok diduga KKB Papua

Bandar Lampung, IDN Times - Anggota Brimob Lampung, Bripda Gilang Aji Prasetyo meninggal dunia diusianya ke 23 tahun saat bertugas di Satgas Ops Damai Cartenz di Papua pada Rabu, 30 November 2022.

Hal ini disampaikan oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus melalui Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad di Bandar Lampung. Ia mengatakan Bripda Gilang gugur usai terjadi kontak senjata dengan kelompok yang diduga KKB Papua, Rabu (30/11/2022) sore sekitar pukul 16.15 WIT.

"Adanya kontak senjata antara personel Satgas Ops Damai Cartenz dengan sekelompok orang yang diduga KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) Papua sehingga mengakibatkan satu personel dinyatakan meninggal dunia," katanya, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: Bidpropam Polda Lampung Selidiki Video Polisi Todong Senpi ke Warga

1. Kronologi kejadian

Anggota Brimob Lampung Gugur Ditembak di Papua Dimakamkan di LamselBripda Gilang (kanan) bersama anggota brimob lainnya. (IDN Times/Istimewa)

Ia menceritakan, pada saat itu rombongan 1 regu personel sedang melaksanakan patroli cipta kondisi Harkamtibmas sampai di KM 7 tepatnya di sebuah jembatan.

Pandra melanjutkan, di sana rombongan diadang oleh sekelompok orang diduga KKB Papua. Kelompok tersebut melakukan penembakan dari arah kiri bawah jembatan secara brutal ke arah kendaraan yang ditumpangi oleh personil satgas OPS Damai Cartenz.

"Penembakan mendadak terhadap mobil satgas OPS Damai Cartenz itulah yang menyebabkan Bripda Gilang gugur," katanya.

2. Dua anggota Brimob Polda Lampung lainnya terluka parah

Anggota Brimob Lampung Gugur Ditembak di Papua Dimakamkan di LamselBripda Gilang (tengah). (IDN Times/Istimewa)

Tak hanya merenggut nyawa Bripda Gilang, serangan dilakukan oleh kelompok yang diduga KKB Papua tersebut juga membuat dua anggota satuan Brimob Polda Lampung lainnya terluka parah.

“Kedua anggota satuan Brimob Polda Lampung lainnya mendapat luka serius akibat tembakan karena hal itu. Mereka adalah Briptu Fazuarsah dan Bripda Dona Bagaskara,” sebutnya.

Ia mengatakan, ketiganya langsung dibawa ke RSUD Dekai. Bahkan Bripda Gilang sempat mendapat perawatan medis di RUSD tersebut, namun nyawanya tak tertolong.

3. Jenazah Almarhum Bribda Gilang dibawa pulang ke Lampung

Anggota Brimob Lampung Gugur Ditembak di Papua Dimakamkan di LamselBripda Gilang. (IDN Times/Istimewa)

Pandra menyatakan, saat ini jenazah Brimob Polda Lampung meninggal dunia sedang dalam perjalanan pulang ke Lampung untuk dimakamkan.

“Almarhum Bripda Gilang Aji Prasetyo adalah anggota Kompi 1 Yon C Satbrimobda Lampung Utara. Jenazah kemungkinan hari ini, Kamis, 1 Desember 2022 akan tiba di Lampung dan akan dimakamkan di Kampung halamannya Merbau Mataram, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan," katanya. 

Sedangkan untuk dua anggota satuan Brimob Polda Lampung yang terluka, Pandra mengatakan keduanya masih mendapat perawatan di RSUD Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua.

Baca Juga: Tahanan Polda Lampung Kabur saat Isolasi COVID-19 Diserahkan Keluarga

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya