8 Remaja Diamankan Diduga Hendak Perang Sarung, Diisi Bebatuan

Petugas mengamankan remaja dini hari di Bulan Ramadan

Bandar Lampung, IDN Times - Polresta Bandar Lampung berhasil mengamankan 8 remaja diduga hendak aksi perang sarung dimalam Ramadan.

Hal ini diungkap Kasatlantas Polresta Bandar Lampung, Kompol Ikhwan Syukri usai melaksanakan patroli gabungan skala besar di Bandar Lampung pada Sabtu (16/3/2024) hingga Minggu (17/3/2024) dini hari.

Ikhwan mengatakan, lima remaja diamankan pada Sabtu (16/3/2024) dini hari yakni KF (16), KR (16), DY (15), VS (14) dan MD (14), kelimanya merupakan warga kelurahan Kupang Raya, Teluk Betung Utara Kota Bandar Lampung.

“Sedangkan Minggu (17/3/2024) dini hari tadi, itu ada tiga remaja lagi yang kita amankan ada RS (19), AP (14) dan IS (14). Ketiganya diamankan di Jalan Mayjen Sutiyoso, Kelurahan Kota Baru Kecamatan Tanjungkarang Timur Kota Bandar Lampung,” katanya.

Baca Juga: Ibu Kerja di Luar Negeri, Kakek di Bandar Lampung Perkosa Cucu Tiri

1. Petugas menemukan sarung diisi dengan batu-batu

8 Remaja Diamankan Diduga Hendak Perang Sarung, Diisi BebatuanRemaja diamankan diduga hendak perang sarung. (IDN Times/Istimewa)

Saat ditemukan petugas, ikhwan menjelaskan kelima remaja di Teluk Betung ini membawa sejumlah sarung dan sudah dimodifikasi gulung ikat bonggol dan 1 buah papan kayu.

Sementara pada saat pengamanan tiga remaja di Tanjungkarang Timur, sempat terjadi aksi kejar kejaran, sampai akhirnya petugas gabungan berhasil mengamankan ketiga remaja tersebut di sebuah gardu.

“Saat diamankan, petugas menemukan tiga buah sarung yang sudah diikat berisikan batu didalamnya. Makanya sangat berbahaya jika memang nantinya ini benar akan digunakan sebagai senjata untuk perang sarung,” katanya.

2. Remaja dibina dan didata

8 Remaja Diamankan Diduga Hendak Perang Sarung, Diisi BebatuanPengamanan remaja hendak perang sarung. (IDN Times/Istimewa)

Setelah dibawa ke polresta, remaja-remaja ini diberikan pembinaan dan dilakukan pendataan. Setelah itu wali atau orang tua dari remaja tersebut juga ikut dipanggil.

“Kita bawa mereka ke mapolresta dan kita lakukan pembinaan serta pendataan. Kami imbau kepada para orang tua sekali lagi untuk selalu mengawasi anak-anaknya. Tentu kita tidak ingin anak anak kita, menjadi korban ataupun pelaku pidana,” ujarnya.

Kasatlantas juga meminta partisipasi masyarakat untuk terus peduli pada lingkungan sekitar. Sehingga jika menemukan remaja dan dicurigai hendak melakukan perang sarung, tawuran, atau aksi serupa segera laporkan pada pihak berwajib.

3. Patroli akan dilakukan terus menerus selama Ramadan

8 Remaja Diamankan Diduga Hendak Perang Sarung, Diisi BebatuanPolresta Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Abdul Waras menjelaskan, kegiatan patroli gabungan ini dilakukan sebagai upaya Polresta Bandar Lampung dalam mengantisipasi segala kemungkinan gangguan keamanan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di bulan Ramadan.

“Harapan kami, dengan kegiatan patroli, masyarakat bisa nyaman, merasa tenang, terlebih dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan” kata Waras.

Diketahui, ratusan personel tergabung dalam Tim patroli gabungan ini, dalam pelaksanaannya dibagi menjadi tiga regu dengan melakukan kegiatan patroli sesuai rayonisasi telah ditentukan.

Baca Juga: K3L, Badan Rescue Puluhan Kucing Jalanan Sakit di Lampung

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya