21 Kebakaran Terjadi di Bandar Lampung hingga Februari 2024

Ada korban dan kerugian capai miliaran rupiah

Intinya Sih...

  • Jumlah kebakaran di Bandar Lampung mencapai 21 peristiwa selama Januari hingga Februari 2024.
  • Kebakaran masih didominasi oleh lahan dan rumah penduduk, menyebabkan 3 korban luka bakar dengan kerugian material mencapai Rp1,083 miliar.
  • Dinas pemadam kebakaran mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan alat elektronik dan kompor serta menghindari konsleting listrik.

Bandar Lampung, IDN Times - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung mencatat, terjadi 21 peristiwa kebakaran di musim penghujan selama Januari hingga Februari 2024 ini.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung Anthoni Irawan merincikan, kejadian kebakaran selama Januari terjadi sebanyak 10 kali dan pada Februari terjadi sebanyak 11 kali.

“Sudah ada kasus kebakaran di 2024. Kami mencatat sampai Februari 2024 itu total ada 21 peristiwa. Januari 10 kejadian dan Februari 11 kejadian,” kata Anthoni, Senin (11/3/2024).

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Makan Buat Cucurak di Lampung!

1. Menurun dibanding tahun sebelumnya

21 Kebakaran Terjadi di Bandar Lampung hingga Februari 2024Penampakan pascakebakaran di gudang penimbunan BBM jenis solar di Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Anthoni mengatakan, jumlah ini menurun jika dibanding periode sama tahun sebelumnya. Diketahui periode Januari hingga Februari 2023 total sebanyak 24 peristiwa kebakaran.

“Kalau dibanding tahun lalu sebenarnya turun. Tapi yang namanya musibah kebakaran itu ya sebaiknya jangan sampai terjadi ya. Januari 2023 itu ada 15 kejadian kebakaran dan di Februarinya ada 9 kejadian,” ujarnya.

Sementara untuk Maret rekapitulasinya masih berjalan. Namun ia berharap peristiwa kebakaran di Maret hingga bulan berikutnya sedikit terjadi atau bahkan tidak terjadi sama sekali.

2. Ada tiga korban dalam kejadian kebakaran 2024

21 Kebakaran Terjadi di Bandar Lampung hingga Februari 2024Puslabfor Polda Lampung olah TKP gudang menjadi tempat penimbunan BBM di Bandar Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Mirip dengan kebakaran pada akhir 2023, pada awal 2024 ini juga kebakaran masih didominasi dengan kebakaran lahan dan rumah penduduk. Selain itu juga ada kebakaran kendaraan, bangunan industri, dan lainnya.

“Dari kejadian kebakaran di 2024 ini ada tiga korban. Tapi bukan korban meninggal, jadi ketiga korban ini mengalami luka bakar karena peristiwa kebakaran yang dialaminya. Sementara korban meninggal tak ada,” imbuh Anthoni. 

Ia mengingatkan, apabila ada kejadian kebakaran di rumahnya, dan api sudah mulai membesar namun tidak ada alat untuk melakukan pertolongan pertama (misal APAR), sebaiknya segera lari keluar untuk menyelamatkan diri dan anggota keluarga terlebih dahulu.

3. Kerugian kebakaran capai Rp1,08 miliar

21 Kebakaran Terjadi di Bandar Lampung hingga Februari 2024Kebakaran di Perumahan Citraland. (IDN Times/Istimewa)

Terkait kerugian yang ditaksir, dinas damkar mencatat kerugian material akibat kebakaran dari Januari hingga Februari 2024 mencapai Rp1,08 miliar. Pada Januari sebanyak Rp260 juta dan Februari Rp823 juta.

Anthoni mengimbau kepada masyarakat, meskipun saat ini masih musim penghujan, tetap harus berhati-hati saat keluar rumah atau tidur. Pastikan semua alat elektronik dan kompor dalam keadaan mati.

“Hindari juga hal-hal yang sekiranya dapat menyebabkan konsleting listrik misanya pakai colokan listrik bertumpuk-tumpuk, kabel-kabel elektronik yang mengelupas itu diganti, dan semacamnya,” tutupnya.

Baca Juga: Tari Bedana Lampung Mahasiswa UIN RIL Unjuk Gigi Kancah Internasional

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya