Pemkot: Nihil Pendaftar Disabilitas CPNS 2024 Bandar Lampung

Tidak ada pendaftar CPNS disabilitas Pemkot Bandar Lampung

Intinya Sih...

  • Pendaftar CPNS disabilitas sepi, tak ada yang mendaftar hingga penutupan pendaftaran.
  • Sebanyak 1.615 orang mendaftar menjadi CPNS di Pemkot Bandar Lampung, dengan formasi paling diminati adalah Pengadaan Barang dan Jasa.
  • Pendaftar TMS masih bisa menjadi MS dengan mengajukan masa sanggah, namun kesalahan teknis atau sistem dapat membuat mereka tetap TMS.

Bandar Lampung, IDN Times - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bandar Lampung mencatat pendaftar CPNS penyandang disabilitas sepi peminat.

Plt Kepala BKPSDM Bandar Lampung, Lelawati mengatakan sampai batas akhir pendaftaran belum ada peserta mendaftar untuk CPNS disabilitas.

“Iya kami menyayangkan sekali, untuk formasi khusus disabilitas tidak ada yang mendaftar hingga penutupan,” katanya, Sabtu (14/9/2024).

Baca Juga: Tok! 2 Paslon Pilwakot Bandar Lampung Memenuhi Syarat Administrasi

1. Ada satu pendaftar disabilitas tapi gagal

Pemkot: Nihil Pendaftar Disabilitas CPNS 2024 Bandar Lampungilustrasi cara cek hasil administrasi CPNS 2024 melalui link instansi(Unsplash.com/christinhumephoto)

Lelawati menyampaikan, sejatinya ada satu pendaftar untuk CPNS disabilitas. Namun, dirinya menyayangkan pendaftar tersebut kurang teliti saat mendaftar.

“Sebenarnya ada satu pendaftar, namun pendaftar disabilitas itu kurang teliti sehingga memilih jenis pendaftaran CPNS untuk umum,” ujarnya.

2. Ada 1.615 orang mendaftar CPNS di Bandar Lampung

Pemkot: Nihil Pendaftar Disabilitas CPNS 2024 Bandar Lampungcpns 2024

Lela mencatat, ada sebanyak 1.615 orang telah mendaftar menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) di Pemkot Bandar Lampung. Jumlah tersebut diketahui pasca pendaftaran secara resmi berakhir, Selasa (10/9/2024) kemarin.

“Sebenarnya untuk yang terdaftar di sistem itu ada sebanyak 1.814, tetapi yang submit pendaftaran ada 1.615," ujarnya.

Lela menyebut, hingga masa berakhirnya pendaftaran, formasi paling diminati pendaftar yakni Pengadaan Barang dan Jasa. Peserta mensubmit pada formasi tersebut diketahui sebanyak 208 orang.

3. TMS bisa menjadi MS

Pemkot: Nihil Pendaftar Disabilitas CPNS 2024 Bandar Lampungilustrasi masa sanggah untuk pelamar TMS CPNS 2024 (YouTube.com/Ajeng Septin)

Lela menyebut, nantinya para pendaftar tidak memenuhi syarat (TMS) masih bisa menjadi (MS) dengan mengikut masa sanggah yang akan diselenggarakan sampai 19 September 2024.

"Kemudian tanggal 20-24 jawaban sanggah. Untuk menjadi MS, tentunya harus dilihat dari berbagai faktor terkait administrasi pendaftar, jika kesalahan datang dari pendaftar, bisa dipastikan pendaftar tersebut tidak bisa melakukan sanggah untuk menjadi MS," jelasnya.

Lela menambahkan, jika TMS terjadi dikarenakan kesalahan teknis atau kesalahan dari sistem, pendaftar masih bisa menyanggah dan masih bisa menjadi MS.

“Mereka diberikan hak untuk menyanggah perihal mereka yang TMS. Jika disetujui tentunya mereka akan MS,” sambungnya.

4. Pendaftar TMS kurang teliti

Pemkot: Nihil Pendaftar Disabilitas CPNS 2024 Bandar Lampungilustrasi cek pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2024 (Freepik.com/Azerbaijan_stockers)

Lela menjelaskan, rata-rata pendaftar CPNS untuk formasi Pemkot Bandar Lampung TMS disebabkan ketidaktelitian dari para pendaftar itu sendiri.

“Sebenarnya sangat disayangkan, kesempatan ini bisa dimanfaatkan. Di awal juga kita sampaikan mohon ketelitiannya saat mendaftar. Mulai dari hal-hal teknis terkait persyaratannya, itu biasanya mereka itu terkendala faktor ketidaktelitian,” jelasnya.

Ia membeberkan, ketidaktelitian pendaftar yang paling banyak terjadi biasanya di tujuan lamaran tempat pendaftar melamar. “Mereka ini ada yang tujuan ke BKN, kementerian bahkan ke kabupaten lain. Kemudian di kualifikasi pendidikan juga tidak sesuai,” bebernya.

Baca Juga: Viral Ibu-ibu Bandar Lampung Tabrak Pemotor hingga Masuk Kolong Mobil

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya