XL Axiata Bagi 350 Ribu Paket Internet Gratis Khusus Pelajar Lampung

Kuota data 30GB plus tambahan 55GB

Bandar Lampung, IDN Times - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyalurkan 350 ribu paket internet kepada pelajar di Lampung. Tujuannya, agar pelajar dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

Program ini merupakan bagian dari kerjasama XL Axiata dengan Pemerintah Provinsi Lampung beserta Dinas Pendidikan serta Dinas Komunikasi dan Informatika tingkat provinsi, dan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI). 

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, secara simbolis menyerahkan bantuan paket internet kepada perwakilan siswa, di Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Kamis (24/9/2020). Turut hadir dalam kegiatan itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Sulpakar; Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi; dan Head of Sales XL Axiata Sumsel Outer, Lampung dan Bengkulu, Sarroso Dwi Panggah.

1. Paket dari XL di luar kuota subsidi dari Kemendikbud

XL Axiata Bagi 350 Ribu Paket Internet Gratis Khusus Pelajar LampungTangkap Layar - Persyaratan Penerima Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, menjelaskan, kartu paket kuota gratis yang diberikan sebanyak 350.000 kartu. Sebelumnya juga telah dibagi sebanyak 5.050 kartu paket internet gratis pada awal September 2020.

“Dengan demikian, total paket yang dibagikan untuk pelajar dan guru di Provinsi Lampung sebanyak 355.050 paket. Paket kuota data gratis yang dibagikan ini sudah langsung bisa dimanfaatkan oleh para siswa atau guru penerima,” ujarnya.

Desy menyampaikan, paket yang diberikan berupa kartu perdana AXIS yang di dalamnya sudah diberikan kuota data sebesar 30GB. Kuota tersebut bisa didapatkan siswa saat kartu diaktifkan dan tambahan kuota data sebesar 55GB setelah kartu terdaftar di sistem Dapodik melalui admin sekolahnya masing-masing.

“Masa berlaku paket ini 31 Desember 2020. Kuota ini di luar subsidi kuota bagi pelajar dari Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujarnya.

2. Prioritas bantuan pelajar kurang mampu yang membutuhkan akses internet

XL Axiata Bagi 350 Ribu Paket Internet Gratis Khusus Pelajar LampungPixabay/fancycrave1

Mekanisme penyaluran paket kuota data gratis ini hingga ke tangan siswa dan para guru serta tenaga pendidik akan dilakukan oleh sekolah-sekolah yang berkoodinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung. Penyaluran donasi ini akan dilakukan dengan memprioritaskan pelajar kurang mampu yang membutuhkan akses internet untuk kegiatan belajar online.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan, kuota data yang diterima para siswa ini bisa dipakai untuk mengakses sejumlah aplikasi yang paling sering dipakai oleh guru untuk mengirimkan materi pelajaran atau tugas kepada siswa. Aplikasi itu yakni, Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, Google Classroom, dan WhatsApp.

Selain itu, kuota data tersebut juga bisa dipakai untuk membuka aplikasi dan situs yang menyediakan bahan tambahan untuk referensi belajar, yaitu Udemy, Ruang Guru, Zenius, Sekolahmu, juga website Rumah Belajar Kemendikbud dan Spada Indonesia Kemendikbud.

Desy menyatakan, pihaknya terus berupaya mendukung pemerintah melalui pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Terutama memberikan solusi atas masalah kemampuan masyarakat agar bisa mendapatkan kuota data untuk mengikuti PJJ.

Semoga dukungan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk PJJ oleh seluruh pelajar dan guru yang ada di Provinsi Lampung. Seiring dengan penyaluran paket internet ini, kami juga akan memastikan jaringan data XL Axiata dalam kondisi prima demi kelancaran PJJ di seluruh Lampung,” ujarnya.

3. Donasi diapresiasi wakil gubernur Lampung

XL Axiata Bagi 350 Ribu Paket Internet Gratis Khusus Pelajar LampungWakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim saat menerima kunjungan kerja Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Abdul Halim Iskandar di Bandar Lampung, Sabtu (12/9/2020). (IDN Times/Istimewa).

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, mengapresiasi kepada XL Axiata atas dukungan yang telah diberikan kepada pelajar dan guru di Provinsi Lampung. Menurutnya, bantuan ini sangat bermanfaat disaat kebutuhan paket internet menjadi pilihan dalam proses belajar mengajar.

“Bantuan tersebut segera disalurkan ke setiap siswa sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengikuti PJJ. Selain itu, para pelajar dan guru agar tetap semangat dalam belajar dan mengajar walau proses belajar secara online,” ujarnya.

Baca Juga: Hore, 5.050  Siswa SMA di Lampung Dapat Kuota 30GB Gratis dari XL

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya