Viral Sebut Lampung Ramai Begal, Wanita Pemilik Akun TikTok Minta Maaf

Padahal baru satu bulan tinggal di Lampung Tengah

Lampung Tengah, IDN Times - Three Muttaqiina (19) baru satu bulan menetap di Dusun XII Kampung Bumi Nabung Ilir Kecamatan Bumi Nabung Kabupaten Lampung Tengah. Tapi lantaran ulahnya di akun TikTok @Qiina, ia pun viral.

Ia viral lantaran dalam satu konten Tiktok diunggahnya saat momentum Ramadan, membahas Lampung ramai kejahatan dan pembegalan. Lantaran konten itu, ia pun 'dicari' pihak kepolisian, tokoh adat, hingga aparatur kecamatan.

Baca Juga: Digeledah lalu Kabur, Pengedar Sabu Nekat Berenang ke Tengah Danau

Polisi, camat, dan tokoh adat datangi rumah pemilik akun TikTok

Viral Sebut Lampung Ramai Begal, Wanita Pemilik Akun TikTok Minta MaafIlustrasi TikTok. IDN Times/Arief Rahmat

Kapolsek Rumbia, Iptu Hairil Rizal menjelaskan, pihaknya bersama jajaran kecamatan dan tokoh adat mendatangi rumah Qiina, Rabu (6/4/2022). Tujuannya, agar konten diunggahnya di TikTok dicabut dan meminta maaf kepada masyarakat Lampung.

"(Qiina) yang bersangkutan dengan kesadaran sendiri menyampaikan permohonan maaf ke media. Khususnya terkait dengan penyampaian yang disampaikan di aplikasi TikTok tersebut intinya bahwa pernyataan tidak benar," papar Hairil.

Ia menambahkan, aparat juga memberikan nasihat agar ke depan tidak asal-asalan bikin konten di media sosial. Apalagi konten yang sifatnya tidak baik.

Minta warga jangan mudah terhasut

Viral Sebut Lampung Ramai Begal, Wanita Pemilik Akun TikTok Minta Maafilustrasi hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Camat Bumi Nabung Supriyanto, menjelaskan Qiina sudah minta maaf di depan tokoh masyarakat dan pihak kepolisian. Permintaan maaf itu disampaikan secara tertulis dan video .

"Kita juga mengimbau pada masyarakat agar jangan mudah terhasut, dengan adanya konten seperti itu. Kalau ada dan menemukan, segera laporkan pada penegak hukum," tukasnya.

Supriyanto mengatakan, masyarakat diimbau bijak mengunakan medsos. Jangan asal uploud, tetapi cek dulu dan berpikir sebelum mengunakan medsos," ujarnya.

Bikin permintaan maaf secara tertulis dan video

Viral Sebut Lampung Ramai Begal, Wanita Pemilik Akun TikTok Minta MaafGoogle.com

Three Muttaqiina membuat permintaan maaf secara tertulis dan video terkait konten dibikinnya. Permintaan maaf itu disampaikan langsung dihadapan polisi, petugas kecamatan dan tokoh adat kecamatan setempat.

"Saya minta maaf pada Lampung Tengah dan masyarakat Lampung khususnya Polsek Rumbia dan warga Bumin Nabung dan sekitarnya atas pernyataan saya di konten TikTok. Saya tidak ada maksud membuat SARA, sekali lagi saya minta maaf yang sebesar besarnya," jelasnya merujuk video permintaan maaf di akun TikTok @Qiina.

Sedangkan dalam permintaan maaf secara tertulis, ini pernyataan resmi Qiina

THREE MUTTAOIINA (19)

Dusun XII Kampung Bumi Nabung Ilir Kecamatan Bumi Nabung

Membuat pernyataan minta maaf, dengan ini saya atas nama pribadi keluarga menyampaikan permohonan maaf kepada tokoh adat, masyarakat adat Lampung khususnya Kecamatan Bumi Nabung Kabupaten Lampung Tengah umumnya masyarakat adat Lampung yang ada di Indonesia atas pernyataan dalam konten saya, yang semestinya tidak saya lakukan yang mana telah mencederai kerukunan dan kenyamanan masyarakat yang selama ini tidak membedakan suku bangsa dan agama. Oleh karena itu dengan hati yang sangat tulus saya menyampaikan permobonan maaf dan tidak akan mengulangi lagi perbuatan serupa. Kiranya permohonan maaf saya dapat diterima dan saya diperkenankan untuk tinggal di tengah tengah masyarakat kembali seperti sedia kala. Demikian permohonan maaf dan pernyataan penyesalan ini saya sampaikan dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Baca Juga: Keji! Bapak dan Dua Anak Kandung di Lamteng Bunuh Anak Sulung di Dapur

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya