Viral Motor Masuk Tol Terbanggi saat Lebaran, Polisi Bilang Ini

Situasi kendaraan padat

Intinya Sih...

  • Video viral kendaraan roda dua melintas di tol Terbanggi Besar Lampung Tengah pada hari kedua Lebaran 2024.
  • Situasi arus lalu lintas sangat padat, Polres Lampung Tengah lakukan pengaturan di exit tol Terbanggi Besar.
  • Pengaturan buka tutup jalur arteri dan pertemuan jalur keluar tol dilaksanakan oleh polisi, rekayasa lalu lintas efektif hingga H+5 Lebaran.

Lampung Tengah, IDN Times - Beredar video viral menarasikan kendaraan roda dua melintas di jalur tol ruas Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah pada hari kedua Lebaran 2024. Terkait hal itu, Polres Lampung Tengah angkat bicara.

Baca Juga: Polisi Lamteng Kembalikan Tas Pemudik Berisi Ratusan Juta Rupiah

1. Situasi kendaraan padat

Viral Motor Masuk Tol Terbanggi saat Lebaran, Polisi Bilang Iniilustrasi macet (pexels.com/Darya Sannikova)

Kasatlantas Polres Lampung Tengah, Iptu Wahyu Dwi Kristanto, mengatakan, pada lebaran kedua, pihaknya melaksanakan pengaturan di exit tol Terbanggi Besar. Saat itu, 
situasi arus lalu lintas sangat padat.

"Baik kendaraan keluar tol hendak ke Kotabumi dan sekitarnya. Begitu juga dari Kotabumi hendak menuju ke Bandarjaya atau Bandar Lampung," ungkapnya, Senin (15/4/2024).

2. Inisiatif rekayasa lalu lintas

Viral Motor Masuk Tol Terbanggi saat Lebaran, Polisi Bilang IniHari kedua Lebaran 2024 arus lalu lintas di Kabupaten Lampung Tengah terpantau padat. (Dok. Polres Lamteng).

Wahyu menjelaskan, lantaran padatnya kendaraan di lokasi kejadian mengakibatkan jalur arteri dan pertemuan jalur keluar tol dilaksanakan pengaturan buka tutup. Hasil evaluasi antrean tersebut mengular sampai masuk dalam tol dan di jalan arteri hingga Polsek Way Pengubuan.

"Dari itu kami mengambil insiatif rekayasa lalu lintas dengan masukkan kendaraan dari arah Lampung Utara hendak menuju tol atau hendak menuju Bandarjaya seluruhnya tekuk kiri menuju jalur akses menuju tol bukan masuk tol," tegasnya.

3. Tidak sampai gerbang tol

Viral Motor Masuk Tol Terbanggi saat Lebaran, Polisi Bilang IniHari kedua Lebaran 2024 arus lalu lintas di Kabupaten Lampung Tengah terpantau padat. (Dok. Polres Lamteng).

Lebih lanjut disampaikan Wahyu, saat kendaraan roda dua melintas, sebelum masuk depan gerbang tol oleh petugas diputar balur. Sehingga satu alur dengan kendaraan yang keluar dari tol langsung bebas tekuk kanan menuju Lampung Utara.

Begitu juga yang ke Bandarjaya langsung tekukk kiri tanpa adanya buka tutup yang memakan waktu. "Hal ini sangat efektif dan kami berlakukan sampai hari ini, H+5 lebaran
alhamdulillah seluruhnya dapat berjalan lancar," paparnya.

"Sekali lagi kami tegaskan, tidak ada kendaraan masuk tol, cuma sampai sebelum gerbang tol karena rekayasa lalu lintas," imbuh Wahyu.

Baca Juga: Waspada! Hari Kedua Lebaran Arus Lalu Lintas di Lamteng Padat

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya