Comscore Tracker

Veteran Lampung: Nilai Kesetiakawanan dan Nasionalisme Kian Tergerus

#MenjagaIndonesia

Bandar Lampung, IDN Times – Peringatan Hari Veteran Nasional 2020 di Provinsi Lampung berlangsung khidmat di Taman Makam Pahlawan Tanjungkarang. Kegiatan ini diikuti para anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVR) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) – ACT Lampung dan Resimen DPD Pemuda Panca Marga PPM Provinsi Lampung, Senin (10/8/2020).

Ketua LVRI Provinsi Lampung, Mayor (Purn) S Subardi, menjelaskan bulan Agustus ada dua peristiwa bersejarah. Pertama, Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 dan Kedua, Hari Veteran Nasional diperingati setiap 10 Agustus.

Hari Veteran Nasional ditetapkan berdasarkan sejarah terjadinya gencatan senjata dan berlangsungnya perundingan Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda. Perundingan itu lantaran banyak jatuh korban antara pejuang Indonesia dan bangsa Belanda. Dari hasil gencatan senjata dan perundingan menghasilkan penyerahan kedaulatan negara dari Pemerintah Belanda kepada Pemerintah Indonesia.

1. MRI-ACT Lampung bagikan 50 paket bingkisan cinta

Veteran Lampung: Nilai Kesetiakawanan dan Nasionalisme Kian TergerusPeringatan Hari Veteran Nasional 2020 di Provinsi Lampung berlangsung khidmat di Taman Makam Pahlawan Tanjungkarang, Senin (10/8/2020). (IDN Times/Istimewa(

Ketua PPM Provinsi Lampung, Dr Raja Agung Kusuma, MH mengatakan, dalam rangka hari Veteran Nasional 2020 pihaknya menyelenggarakan ziarah ke makam pahlawan, kemudian dilanjutkan kegiatan video conference bersama Pengurus Pusat LVRI Jakarta. Selain itu rangkaian kegiatan juga akan dilakukan deklarasi komitmen untuk menjadi pahlawan kemanusiaan bersama MRI – ACT Lampung.

Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni,  mengatakan kehadiran MRI – ACT Lampung dalam kegiatan tabur bunga merupakan bentuk simpati terhadap perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Selain mengikuti tabur bunga, tim juga membagikan 50 paket bingkisan cinta berisi roti gabin, susu berkalsium, Sari Kacang Hijau, telur, roti, dan pisang. Paket tersebut merupakan hasil pengumpulan Lumbung Sedekah Pangan yang sudah diluncurkan pekan lalu.

Baca Juga: Kisah Para Pahlawan Indonesia Tanpa Gelar, Nyaris Terlupakan

2. Veteran soroti tiga nilai perjuangan yang tergerus

Veteran Lampung: Nilai Kesetiakawanan dan Nasionalisme Kian Tergerushttps://geotimes.co.id

Legiun Veteran Republik Indonesia Provinsi Lampung menilai, ada tiga nilai yang saat ini tergerus oleh generasi penerus bangsa. Nilai tersebut yaitu, kesetiakawanan, pahlawan, dan nasionalisme.

“Program kami bersama pemerintah dan masyarakat tetap lanjutkan nilai-nilai perjuangan 45 kepada generasi penerus bangsa. Ini dalam rangka mewariskan nilai-nilai perjuangan berpedoman kepada Pancasila dan UUD 1945,” jelas Ketua LVRI Provinsi Lampung Mayor (Purn) Subadri S saat menabur bunga di Taman Makam Pahlawan Tanjungkarang dalam rangka peringatan Hari Veteran Nasional 2020/

Ia menambahkan, peringatan Hari Veteran Nasional tahun ini digelar sederhana terkait pandemik COVID019. Para tamu undangan yang datang tetap menjaga protokol kesehatan.

3. BI donasi tali asih paket sembako kepada 163 veteran

Veteran Lampung: Nilai Kesetiakawanan dan Nasionalisme Kian TergerusKantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menyalurkan tali asih berupa paket sembako dan produk kesehatan berupa masker dan hand soup kepada 163 anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). (IDN Times/Istimewa)

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menyalurkan tali asih berupa paket sembako dan produk kesehatan berupa masker dan hand soup kepada 163 anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Tali asih itu digelar simbolis di Kantor LVRI Provinsi Lampung, Senin (10/8/2020).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Budiharto Setyawan, menjelaskan penyaluran bantuan untuk memberikan penghargaan atas jasa dan pengorbanan anggota LVRI di Provinsi Lampung. Para anggota ini telah menyumbangkan tenaganya secara aktif atas dasar sukarela dalam ikatan kesatuan bersenjata baik resmi maupun kelaskaran dalam memperjuangkan, membela, dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Penyaluran bantuan sosial kepada anggota Legiun Veteran Republik Indonesia ini merupakan salah satu dari banyak rangkaian kegiatan sosial dalam peringatan HUT BI ke-67 dan HUT RI ke-75 yang akan dilaksanakan Agustus ini. Rangkaian kegiatan lainnya juga telah dilakukan pemberian bantuan sosial sarana pembelajaran berupa laptop, proyektor, dan screen proyektor kepada SMK Negeri 5 Bandar Lampung dan MAN 2 Bandar Lampung pada tanggal 28 Juli 2020 dan program BI Mengajar ke perguruan tinggi,” paparnya.

Baca Juga: 14 Potret Masa Muda 7 Presiden Indonesia, Bikin Pangling

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya