Vaksinasi Lambat, Kapolda Prediksi Hanya 4 Persen Warga Lampung Mudik

Sepekan peningkatan vaksinasi di Lampung hanya 1 persen

Bandar Lampung, IDN Times - Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno menyoroti lambatnya pencapaian vaksinasi COVID-19 di Lampung. Sepekan terakhir menurutnya, peningkatan vaksinasi di provinsi setempat hanya satu persen.

Menurutnya, program vaksinasi bukan hanya tanggung jawab Polda Lampung. Namun juga tanggung jawab semua sektor.

"Terutama pemerintah daerah bagaimana mempercepat vaksinasi, karena dalam satu minggu saya lihat peningkatan vaksinasi di Lampung hanya satu persen. Ini sangat lambat,”ungkapnya saat menghadiri high level marketing rapat koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) serta Desiminasi Komodi / produk usaha unggulan Provinsi Lampung di Ballroom Novotel Lampung, Senin (28/3/2022).

Baca Juga: Kapolda Lampung Minta Warga Tak Berlebihan Borong Minyak Goreng

Realisasi vaksinasi rendah, kemungkinan hanya 4 persen warga Lampung mudik

Vaksinasi Lambat, Kapolda Prediksi Hanya 4 Persen Warga Lampung MudikIlustrasi mudik (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj)

Hendro menjelaskan, vaksinasi dosis satu Provinsi Lampung hanya 89 persen, dosis dua 68 persen dan booster 4 persen. "Kalau seperti itu kemungkinan warga Lampung hanya 4 persen yang bisa mudik yang lainnya di rumah saja," tukasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat terkait masyarakat akan mudik harus sudah divaksin booster, pihaknya masih menunggu kebijakan resmi itu. Ia juga menyatakan, apabila ada kebijakan pemerintah pusat bagi pemudik belum vaksinasi dosis kedua, dapat dilayani di rest area.

"Ibu Kepala Dinas Kesehatan juga akan menyiapkan hal itu. Pekerjaan yang tidak mudah yang kita hadapi dalam pengamanan mudik,” paparnya.

Jelang Ramadan hingga Idul Fitri tetap ada giat operasi pengamanan

Vaksinasi Lambat, Kapolda Prediksi Hanya 4 Persen Warga Lampung MudikKapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno resmi mengukuhkan Pasukan Respon Cepat Power On Hand Kapolda dari Satbrimob) Polda Lampung.

Terkait pengamanan lebaran, pimpinan tertinggi di jajaran Polda Lampung itu menyatakan, pihaknya sudah melaporkan hal itu kepada gubernur dan juga telah melakukan rapat kordinasi bersama stakeholder.

“Kami juga mengecek di Pelabuhan Bakauheni dalam persiapan kapal penyeberangan menjelang lebaran. Sedangkan jalan tol, saya harapkan semua harus sudah selesai pembangunannya tidak ada lagi yang gali jalan hingga perbaikan,” katanya.

Hendro mengatakan, menjelang Ramadan hingga Idul Fitri, kepolisian tetap melaksanakan operasi. “Kami terus berupaya untuk melakukan tindakan tegas terhadap pelaku-pelaku curanmor termasuk begal dan kejahatan saat arus mudik lainnya,” kata hendro.

Minta jangan ada penimbunan bahan pokok

Vaksinasi Lambat, Kapolda Prediksi Hanya 4 Persen Warga Lampung MudikIlustrasi bahan pangan pokok. (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Disinggung pengamanan dan stok bahan pokok di Lampung, Hendro menjelaskan Polda Lampung telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah serta membentuk
satgas pangan. Satgas pangan bertugas untuk mengupdate kondisi kebutuhan bahan pangan pokok yang berkecukupan bagi masyarakat Provinsi Lampung.

“Dengan harapan jangan ada penimbunan. Bukan hanya oleh pengusaha namun di rumah tangga kita perjelas kepada masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga: Kapolda Lampung Punya Pasukan Respon Cepat Power On Hand, Ini Tugasnya

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya